Problematika Penerapan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTS Al-Mubarak Jampalenna Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone
Nursyahira/02.18.1041 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang problematika penerapan metode ceramah dalam
pembelajaran akidah akhlak di MTS Al-Mubarak Jampalenna Kecamatan Sibulue
Kabupaten Bone. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui penerapan
metode ceramah pada mata pelajaran akidah akhlak di MTS Al-Mubarak Jampalenna
Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone, dan 2) untuk mengetahui kendala dalam
penerapan metode ceramah pada mata pelajaran akidah akhlak di MTS Al-Mubarak
Jampalenna Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriftif
(qualitative research), Penelitian ini menggunakan pendekatan teologis normatif dan
pendekatan pedagogik. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian
ini yaitu reduksi data, display data, serta kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan metode ceramah khususnya
pada pembelajaran akidah akhlak ini dilaksanakan dengan baik. Hal ini dilihat dari
metode dan alat pendukung yang digunakan oleh pendidik pada proses pembelajaran.
2) kendala dalam penerapan metode ceramah pada pembelajaran akidah akhlak ini
dapat teratasi dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari strategi yang dilakukan oleh
pendidik untuk meminimalisir adanya kendala tersebut. seperti menggunakan metode
tanya jawab, gerakan badan, suara yang cukup nyaring dan memberikan punishment
kepada siswa yang melakukan pelanggaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Penerapan metode ceramah pada mata pelajaran akidah akhlak ini sangat
baik. Berdasarkan hasil observasi terlihat pada proses pembelajaran akidah
akhlak, tenaga pendidik menyediakan media untuk siswa berupa buku paket
khusus mata pelajaran agar siswa lebih memahami proses pembelajaran dan
tujuan pembelajaran juga tercapai secara efektif dan efisien.
2. Kendala dalam penerapan metode ceramah pada mata pelajaran akidah
akhlak bisa diatasi oleh pendidik itu sendiri. Hal tersebut dapat dilihat dari
strategi-strategi yang diterapkan pendidik dalam meminimalisir adanya
kendala-kendala dalam penerapan metode ceramah. Strategi tersebut berupa
penggunaan metode tanya jawab, menggunakan gerakan badan, suara yang
cukup nyaring dan penerapan punishment kepada siswa-siswi yang
melakukan pelanggaran. Tujuannya agar tidak berpengaruh terhadap proses
pembelajaran.
B. Implikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis mengemukakan
implikasi yaitu hasil penelitian ini, dapat dijadikan rujukan untuk penelitian selanjutnya
dengan mengambil tema pendidikan akan tetapi peneliti menyarankan bahwa untuk
penelitian selanjutnya lebih memperhatikan bukti dan dokumen yang ada di sekolah,
karena jika tidak ada bukti terlampir maka penelitian tersebut di katakan belum
kongkrit apalagi penelitian yang membahas tentang penerapan metode ceramah pada
mata pelajaran akidah akhlak dalam sebuah lembaga pendidikan.
pembelajaran akidah akhlak di MTS Al-Mubarak Jampalenna Kecamatan Sibulue
Kabupaten Bone. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui penerapan
metode ceramah pada mata pelajaran akidah akhlak di MTS Al-Mubarak Jampalenna
Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone, dan 2) untuk mengetahui kendala dalam
penerapan metode ceramah pada mata pelajaran akidah akhlak di MTS Al-Mubarak
Jampalenna Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriftif
(qualitative research), Penelitian ini menggunakan pendekatan teologis normatif dan
pendekatan pedagogik. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian
ini yaitu reduksi data, display data, serta kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan metode ceramah khususnya
pada pembelajaran akidah akhlak ini dilaksanakan dengan baik. Hal ini dilihat dari
metode dan alat pendukung yang digunakan oleh pendidik pada proses pembelajaran.
2) kendala dalam penerapan metode ceramah pada pembelajaran akidah akhlak ini
dapat teratasi dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari strategi yang dilakukan oleh
pendidik untuk meminimalisir adanya kendala tersebut. seperti menggunakan metode
tanya jawab, gerakan badan, suara yang cukup nyaring dan memberikan punishment
kepada siswa yang melakukan pelanggaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Penerapan metode ceramah pada mata pelajaran akidah akhlak ini sangat
baik. Berdasarkan hasil observasi terlihat pada proses pembelajaran akidah
akhlak, tenaga pendidik menyediakan media untuk siswa berupa buku paket
khusus mata pelajaran agar siswa lebih memahami proses pembelajaran dan
tujuan pembelajaran juga tercapai secara efektif dan efisien.
2. Kendala dalam penerapan metode ceramah pada mata pelajaran akidah
akhlak bisa diatasi oleh pendidik itu sendiri. Hal tersebut dapat dilihat dari
strategi-strategi yang diterapkan pendidik dalam meminimalisir adanya
kendala-kendala dalam penerapan metode ceramah. Strategi tersebut berupa
penggunaan metode tanya jawab, menggunakan gerakan badan, suara yang
cukup nyaring dan penerapan punishment kepada siswa-siswi yang
melakukan pelanggaran. Tujuannya agar tidak berpengaruh terhadap proses
pembelajaran.
B. Implikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis mengemukakan
implikasi yaitu hasil penelitian ini, dapat dijadikan rujukan untuk penelitian selanjutnya
dengan mengambil tema pendidikan akan tetapi peneliti menyarankan bahwa untuk
penelitian selanjutnya lebih memperhatikan bukti dan dokumen yang ada di sekolah,
karena jika tidak ada bukti terlampir maka penelitian tersebut di katakan belum
kongkrit apalagi penelitian yang membahas tentang penerapan metode ceramah pada
mata pelajaran akidah akhlak dalam sebuah lembaga pendidikan.
Ketersediaan
| STAR20230294 | 284/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
284/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
