Problematika Penerapan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTS Al-Mubarak Jampalenna Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang problematika penerapan metode ceramah dalam
pembelajaran akidah akhlak di MTS Al-Mubarak Jampalenna Kecamatan Sibulue
Kabupaten Bone. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui penerapan
metode ceramah pada mata pelajaran akidah akhlak di MTS Al-Mubarak Jampalenna
Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone, dan 2) untuk mengetahui kendala dalam
penerapan metode ceramah pada mata pelajaran akidah akhlak di MTS Al-Mubarak
Jampalenna Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriftif
(qualitative research), Penelitian ini menggunakan pendekatan teologis normatif dan
pendekatan pedagogik. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian
ini yaitu reduksi data, display data, serta kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan metode ceramah khususnya
pada pembelajaran akidah akhlak ini dilaksanakan dengan baik. Hal ini dilihat dari
metode dan alat pendukung yang digunakan oleh pendidik pada proses pembelajaran.
2) kendala dalam penerapan metode ceramah pada pembelajaran akidah akhlak ini
dapat teratasi dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari strategi yang dilakukan oleh
pendidik untuk meminimalisir adanya kendala tersebut. seperti menggunakan metode
tanya jawab, gerakan badan, suara yang cukup nyaring dan memberikan punishment
kepada siswa yang melakukan pelanggaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Penerapan metode ceramah pada mata pelajaran akidah akhlak ini sangat
baik. Berdasarkan hasil observasi terlihat pada proses pembelajaran akidah
akhlak, tenaga pendidik menyediakan media untuk siswa berupa buku paket
khusus mata pelajaran agar siswa lebih memahami proses pembelajaran dan
tujuan pembelajaran juga tercapai secara efektif dan efisien.
2. Kendala dalam penerapan metode ceramah pada mata pelajaran akidah
akhlak bisa diatasi oleh pendidik itu sendiri. Hal tersebut dapat dilihat dari
strategi-strategi yang diterapkan pendidik dalam meminimalisir adanya
kendala-kendala dalam penerapan metode ceramah. Strategi tersebut berupa
penggunaan metode tanya jawab, menggunakan gerakan badan, suara yang
cukup nyaring dan penerapan punishment kepada siswa-siswi yang
melakukan pelanggaran. Tujuannya agar tidak berpengaruh terhadap proses
pembelajaran.
B. Implikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis mengemukakan
implikasi yaitu hasil penelitian ini, dapat dijadikan rujukan untuk penelitian selanjutnya
dengan mengambil tema pendidikan akan tetapi peneliti menyarankan bahwa untuk
penelitian selanjutnya lebih memperhatikan bukti dan dokumen yang ada di sekolah,
karena jika tidak ada bukti terlampir maka penelitian tersebut di katakan belum
kongkrit apalagi penelitian yang membahas tentang penerapan metode ceramah pada
mata pelajaran akidah akhlak dalam sebuah lembaga pendidikan.
Ketersediaan
STAR20230294284/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

284/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top