Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII MTS Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru Kabupaten Bone.
Jusmiati/02.18.1080 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil
Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII MTS Nurul Aeyn As‟adiyah
Kampung Baru Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII MTs. Nurul Aeyn
As‟Adiyah Kampung Baru Kabupaten Bone dengan diterapkannya metode
demonstrasi. Kegunaan penelitian yang dilakukan adalah kegunaan ilmiah dan
kegunaan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti mengumpulkan data
dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi, yaitu suatu metode
yang digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan
pengamatan lansung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan
yaitu penelitian kuantitatif khususnya penelitian eksperimen, dengan
menggunakan pendekatan paedagogik, psikologis dan teologi normatif. Teknik
analisis data yang digunakan adalah SPSS
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan Hasil belajar siswa pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa
Kelas VII MTS Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru Kabupaten Bone. Sebelum
penerapan metode demonstrasi nilai rata-rata siswa sebesar 46,61 dengan nilai
tertinggi 80 dan nilai terendah 25. Sedangkan setelah penerapan metode
demonstrasi nilai rata-rata siswa sebesar 89,55 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai
terendah 75. Peningkatkan hasil belajar siswa dapat ditunjukkan dengan
perbandingan signifikan perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah penerapan
metode demonstrasi dan diperoleh nilai t hitung = 23,16 sedangkan t tabel = 1,69
dengan signifikansi 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, maka
artinya H 1 di terima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan
metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas
VII MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru Kabupaten Bone. Sebelum
penerapan Metode Demonstrasi nilai rata-rata siswa sebesar 46,6176 dengan
nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 25. Sedangkan sesudah diterapkan
Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Media Audio Visual nilai rata-
rata siswa sebesar 89,5588 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 75.
2. Pengaruh metode Demonstrasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama
Islam siswa kelas VII MTS Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru
berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa diperoleh sig 2 tailed
0,000 t tabel maka artinya H 1 diterima dan H 0 ditolak .
oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
dari penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan
menggunakan media audio visual sebagai alternatif dalam proses
pembelajaran pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar
siswa.
2. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi dalam belajar agar hasil belajar
yang didapatkan lebih baik.
3. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses
belajar mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan
maksimal.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi
untuk melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang
metode pembelajaran demonstrasi dengan menggunakan media audio
visual dan hasil belajar.
Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII MTS Nurul Aeyn As‟adiyah
Kampung Baru Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII MTs. Nurul Aeyn
As‟Adiyah Kampung Baru Kabupaten Bone dengan diterapkannya metode
demonstrasi. Kegunaan penelitian yang dilakukan adalah kegunaan ilmiah dan
kegunaan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti mengumpulkan data
dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi, yaitu suatu metode
yang digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan
pengamatan lansung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan
yaitu penelitian kuantitatif khususnya penelitian eksperimen, dengan
menggunakan pendekatan paedagogik, psikologis dan teologi normatif. Teknik
analisis data yang digunakan adalah SPSS
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan Hasil belajar siswa pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa
Kelas VII MTS Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru Kabupaten Bone. Sebelum
penerapan metode demonstrasi nilai rata-rata siswa sebesar 46,61 dengan nilai
tertinggi 80 dan nilai terendah 25. Sedangkan setelah penerapan metode
demonstrasi nilai rata-rata siswa sebesar 89,55 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai
terendah 75. Peningkatkan hasil belajar siswa dapat ditunjukkan dengan
perbandingan signifikan perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah penerapan
metode demonstrasi dan diperoleh nilai t hitung = 23,16 sedangkan t tabel = 1,69
dengan signifikansi 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, maka
artinya H 1 di terima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan
metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas
VII MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru Kabupaten Bone. Sebelum
penerapan Metode Demonstrasi nilai rata-rata siswa sebesar 46,6176 dengan
nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 25. Sedangkan sesudah diterapkan
Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Media Audio Visual nilai rata-
rata siswa sebesar 89,5588 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 75.
2. Pengaruh metode Demonstrasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama
Islam siswa kelas VII MTS Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru
berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa diperoleh sig 2 tailed
0,000 t tabel maka artinya H 1 diterima dan H 0 ditolak .
oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
dari penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan
menggunakan media audio visual sebagai alternatif dalam proses
pembelajaran pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar
siswa.
2. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi dalam belajar agar hasil belajar
yang didapatkan lebih baik.
3. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses
belajar mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan
maksimal.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi
untuk melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang
metode pembelajaran demonstrasi dengan menggunakan media audio
visual dan hasil belajar.
Ketersediaan
| STAR20220254 | 254/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
254/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
