Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII MTS Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru Kabupaten Bone.

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil
Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII MTS Nurul Aeyn As‟adiyah
Kampung Baru Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII MTs. Nurul Aeyn
As‟Adiyah Kampung Baru Kabupaten Bone dengan diterapkannya metode
demonstrasi. Kegunaan penelitian yang dilakukan adalah kegunaan ilmiah dan
kegunaan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti mengumpulkan data
dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi, yaitu suatu metode
yang digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan
pengamatan lansung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan
yaitu penelitian kuantitatif khususnya penelitian eksperimen, dengan
menggunakan pendekatan paedagogik, psikologis dan teologi normatif. Teknik
analisis data yang digunakan adalah SPSS
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan Hasil belajar siswa pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa
Kelas VII MTS Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru Kabupaten Bone. Sebelum
penerapan metode demonstrasi nilai rata-rata siswa sebesar 46,61 dengan nilai
tertinggi 80 dan nilai terendah 25. Sedangkan setelah penerapan metode
demonstrasi nilai rata-rata siswa sebesar 89,55 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai
terendah 75. Peningkatkan hasil belajar siswa dapat ditunjukkan dengan
perbandingan signifikan perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah penerapan
metode demonstrasi dan diperoleh nilai t hitung = 23,16 sedangkan t tabel = 1,69
dengan signifikansi 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, maka
artinya H 1 di terima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan
metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas
VII MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru Kabupaten Bone. Sebelum
penerapan Metode Demonstrasi nilai rata-rata siswa sebesar 46,6176 dengan
nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 25. Sedangkan sesudah diterapkan
Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Media Audio Visual nilai rata-
rata siswa sebesar 89,5588 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 75.
2. Pengaruh metode Demonstrasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama
Islam siswa kelas VII MTS Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru
berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa diperoleh sig 2 tailed
0,000 t tabel maka artinya H 1 diterima dan H 0 ditolak .
oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
dari penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan
menggunakan media audio visual sebagai alternatif dalam proses
pembelajaran pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar
siswa.
2. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi dalam belajar agar hasil belajar
yang didapatkan lebih baik.
3. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses
belajar mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan
maksimal.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi
untuk melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang
metode pembelajaran demonstrasi dengan menggunakan media audio
visual dan hasil belajar.
Ketersediaan
STAR20220254254/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

254/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top