Pengaruh Strategi Quantum Quotient Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas Vii Mts Nurul Aeyn As’adiyah Kampung BaruKecamatan Tellu Siattinge
Sasminda/02.18.1061 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang penerapan Strategi Quantum Qoutient dalam
pembelajaran Akidah Akhlak untuk dapat meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik
kelas VII MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru. Kegunaan penelitian yang
dilakukan adalah kegunaan ilmiah dan kegunaan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data
dengan menggunakan teknik Tes dan Dokumentasi, yaitu suatu metode yang
digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan
lansung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian
kuantitatif khususnya penelitian eksperimen, dengan menggunakan pendekatan
paedagogik, psikologis dan teologi normatif.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung
Baru dalam pembelajaran Akidah Akhlak setelah diberikan pretest atau sebelum
penerapan strategi Quauntum Qoutient nilai rata-rata siswa sebesar 61,2 dengan nilai
tertinggi 80 dan nilai terendah 70. Pengaruh strategi Quauntum Qoutient (X) terhadap
hasil belajar (Y) dengan hubungan antara dua variabel dapat ditunjukkan dengan
perbandingan nilai t hitung = 9,1924 sedangkan t tabel = 1,74588.Maka dapat disimpulkan
bahwa t hitung > t tabel, maka artinya H 1 di terima dan H 0 di tolak. Hal ini menunjukkan
bahwa hasil belajar siswa lebih baik setelah menerapkan Strategi Quantum Qoutient.
Oleh karena itu, ada pengaruh Strategi Quantum Qoutient dalam meningkatkan hasil
belajar.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya , penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut.
1. Hasil belajar siswa kelas VII di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung
Baru dalam pembelajaran Akidah Akhlak setelah diberikan pretest atau
sebelum penerapan strategi Quauntum Qoutient nilai rata-rata siswa
sebesar 61,2 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 70.
2. Pengaruh strategi Quauntum Qoutient (X) terhadap hasil belajar (Y)
dengan hubungan antara dua variabel dapat ditunjukkan dengan
perbandingan nilai t hitung = 9,1924 sedangkan t tabel = 1,74588.Maka dapat
disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, maka artinya H 1 di terima dan H 0 di tolak.
Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik setelah
menerapkan Strategi Quantum Qoutient. Oleh karena itu, ada pengaruh
Strategi Quantum Qoutient dalam meningkatkan hasil belajar.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan strategi Quauntum Qoutient sebagai
alternatif dalam proses pembelajaran Akidah Aklahk untuk meningkatkan
hasil belajar siswa.
2. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi dalam belajar agar hasil belajar
yang didapatkan lebih baik.
3. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses
belajar mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan
maksimal.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi
untuk melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang
strategi pembelajaran Quauntum Qoutient dan hasil belajar.
pembelajaran Akidah Akhlak untuk dapat meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik
kelas VII MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru. Kegunaan penelitian yang
dilakukan adalah kegunaan ilmiah dan kegunaan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data
dengan menggunakan teknik Tes dan Dokumentasi, yaitu suatu metode yang
digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan
lansung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian
kuantitatif khususnya penelitian eksperimen, dengan menggunakan pendekatan
paedagogik, psikologis dan teologi normatif.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung
Baru dalam pembelajaran Akidah Akhlak setelah diberikan pretest atau sebelum
penerapan strategi Quauntum Qoutient nilai rata-rata siswa sebesar 61,2 dengan nilai
tertinggi 80 dan nilai terendah 70. Pengaruh strategi Quauntum Qoutient (X) terhadap
hasil belajar (Y) dengan hubungan antara dua variabel dapat ditunjukkan dengan
perbandingan nilai t hitung = 9,1924 sedangkan t tabel = 1,74588.Maka dapat disimpulkan
bahwa t hitung > t tabel, maka artinya H 1 di terima dan H 0 di tolak. Hal ini menunjukkan
bahwa hasil belajar siswa lebih baik setelah menerapkan Strategi Quantum Qoutient.
Oleh karena itu, ada pengaruh Strategi Quantum Qoutient dalam meningkatkan hasil
belajar.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya , penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut.
1. Hasil belajar siswa kelas VII di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung
Baru dalam pembelajaran Akidah Akhlak setelah diberikan pretest atau
sebelum penerapan strategi Quauntum Qoutient nilai rata-rata siswa
sebesar 61,2 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 70.
2. Pengaruh strategi Quauntum Qoutient (X) terhadap hasil belajar (Y)
dengan hubungan antara dua variabel dapat ditunjukkan dengan
perbandingan nilai t hitung = 9,1924 sedangkan t tabel = 1,74588.Maka dapat
disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, maka artinya H 1 di terima dan H 0 di tolak.
Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik setelah
menerapkan Strategi Quantum Qoutient. Oleh karena itu, ada pengaruh
Strategi Quantum Qoutient dalam meningkatkan hasil belajar.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan strategi Quauntum Qoutient sebagai
alternatif dalam proses pembelajaran Akidah Aklahk untuk meningkatkan
hasil belajar siswa.
2. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi dalam belajar agar hasil belajar
yang didapatkan lebih baik.
3. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses
belajar mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan
maksimal.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi
untuk melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang
strategi pembelajaran Quauntum Qoutient dan hasil belajar.
Ketersediaan
| STAR20220332 | 332/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
332/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
