Pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Pakem) Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Cina
Nurfaisya/02.18.1057 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif
dan Menyenangkan (PAKEM) dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII
dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Cina. Hal yang penting di kaji dalam
skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana bentuk pelaksanaan model PAKEM
(Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenagkan) di MTs Cina dan bagaimana
Implikasi model PAKEM terhadap kreativitas siswa dalam Pembelajaran Akidah
Akhlak di MTs Cina.
Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif yang menggunakan pendekatan
paedagogik dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan Pembelajaran Aktif,
Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di
MTs Cina sudah diterapkan dengan baik, siswa didorong untuk terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa juga didorong untuk mengembangkan kemampun berpikirnya
baik pada saat bertanya maupun mengemukakan pendapatnya. Kedua, Implikasi
model PAKEM terhadap Kreativitas siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak sudah
cukup bagus, siswa yang dulunya kurang aktif, kini telah aktif dalam pembelajaran.
Penerapan PAKEM ini telah mendorong siswa untuk aktif dalam proses
pembelajaran, mereka juga didorong untuk mengembagkan cara berpikirnya dan
mampu mengeluarkan pendapatnya sendiri baik dari segi kelancaran berpikirnya,
mampu berpikir luwes dan mampu berpikir original sehingga kreativitas siswa bisa
dikatakan meningkat setelah penerapan PAKEM ini.
Implikasi penelitian diharapkan semua pihak di dalam Madrasah bekerjasama dalam
membimbing, menjadi fasilitator dan memberikan motivasi terhadap peserta didik
agar siswa lebih aktif dan lebih berkembang dalam proses pembelajaran dalam upaya
untuk mengembangkan keaktifan dan kreatifitas maupun cara berpikir siswa di MTs
Cina.
A. Kesimpulan
Berdasarkan Penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang pelaksanaan
pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan meyenangkan (PAKEM) dalam meningkatkan
kreatifitas siswa kelas VII dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Cina
menyimpulkan:
1. Model PAKEM (pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenagkan)
pada mata pelajaran Akidah Akhlak sudah di laksanakan dengan baik.
Dalam proses pembelajaran menggunakan model PAKEM ini guru aktif
membimbing, menumbuhkan motivasi, kemudian guru dan siswa dapat
terlibat aktif dalam proses pembelajaran baik dari segi berpikir, interaksi,
berbuat dan mencoba. Sedangkan untuk menciptakan pembelajaran yang
efektif guru memikirkan cara untuk mengelolah ruang kelas, peserta didik
dan menyiapkan bahan ajar atau RPP sebelum masuk kelas, kemudian
dalam menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan guru
memosisikan dirinya sebagai fasilitator serta guru juga menggunakan
media pembelajaran sesuai dengan materi yang akan di bahas pada saat
itu.
2. Implikasi model PAKEM terhadap kreatifitas siswa dalam pembelajaran
akidah akhlak terdiri dari tiga aspek yakni siswa bisa lebih
mengembangkan cara berpikirnya dan juga mampu mengungkapkan
gagasannya dengan baik, yang kedua yaitu siswa mampu menghasilkan
jawaban yang bervariasi, kemudian yang terakhir yaitu mampu berpikir
original dengan mampu melahirkan ungkapan yang baru dan unik serta
menjawab pertanyaan tanpa melihat referensi atau jawaban dari guru
melainkan menjawab dengan menggunakan murni jawaban sendiri dari
pikiran siswa tersebut.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi peneltian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis kepada:
1. Kepada guru Akidah Akhlak untuk hendaknya tetap membimbing, menjadi
fasilitator dan memberikan motivasi terhadap peserta didik agar siswa bisa
lebih berkembang dan lebih aktif dalam proses pembelajaran.
2. Kepada guru-guru yang ada di MTs Cina untuk hendak ikut aktif dalam
pengawasan yang baik kepada siswa-siswi waktu belajar dan lain sebagainya.
3. Kepada seluruh siswa di MTs Cina hendaknya berpartisipasi aktif dalam
proses pembelajaran dalam upaya untuk mengembangkan keaktifan,
kreatifiitas maupun cara berpikir siswa di MTs Cina.
dan Menyenangkan (PAKEM) dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII
dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Cina. Hal yang penting di kaji dalam
skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana bentuk pelaksanaan model PAKEM
(Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenagkan) di MTs Cina dan bagaimana
Implikasi model PAKEM terhadap kreativitas siswa dalam Pembelajaran Akidah
Akhlak di MTs Cina.
Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif yang menggunakan pendekatan
paedagogik dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan Pembelajaran Aktif,
Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di
MTs Cina sudah diterapkan dengan baik, siswa didorong untuk terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa juga didorong untuk mengembangkan kemampun berpikirnya
baik pada saat bertanya maupun mengemukakan pendapatnya. Kedua, Implikasi
model PAKEM terhadap Kreativitas siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak sudah
cukup bagus, siswa yang dulunya kurang aktif, kini telah aktif dalam pembelajaran.
Penerapan PAKEM ini telah mendorong siswa untuk aktif dalam proses
pembelajaran, mereka juga didorong untuk mengembagkan cara berpikirnya dan
mampu mengeluarkan pendapatnya sendiri baik dari segi kelancaran berpikirnya,
mampu berpikir luwes dan mampu berpikir original sehingga kreativitas siswa bisa
dikatakan meningkat setelah penerapan PAKEM ini.
Implikasi penelitian diharapkan semua pihak di dalam Madrasah bekerjasama dalam
membimbing, menjadi fasilitator dan memberikan motivasi terhadap peserta didik
agar siswa lebih aktif dan lebih berkembang dalam proses pembelajaran dalam upaya
untuk mengembangkan keaktifan dan kreatifitas maupun cara berpikir siswa di MTs
Cina.
A. Kesimpulan
Berdasarkan Penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang pelaksanaan
pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan meyenangkan (PAKEM) dalam meningkatkan
kreatifitas siswa kelas VII dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Cina
menyimpulkan:
1. Model PAKEM (pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenagkan)
pada mata pelajaran Akidah Akhlak sudah di laksanakan dengan baik.
Dalam proses pembelajaran menggunakan model PAKEM ini guru aktif
membimbing, menumbuhkan motivasi, kemudian guru dan siswa dapat
terlibat aktif dalam proses pembelajaran baik dari segi berpikir, interaksi,
berbuat dan mencoba. Sedangkan untuk menciptakan pembelajaran yang
efektif guru memikirkan cara untuk mengelolah ruang kelas, peserta didik
dan menyiapkan bahan ajar atau RPP sebelum masuk kelas, kemudian
dalam menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan guru
memosisikan dirinya sebagai fasilitator serta guru juga menggunakan
media pembelajaran sesuai dengan materi yang akan di bahas pada saat
itu.
2. Implikasi model PAKEM terhadap kreatifitas siswa dalam pembelajaran
akidah akhlak terdiri dari tiga aspek yakni siswa bisa lebih
mengembangkan cara berpikirnya dan juga mampu mengungkapkan
gagasannya dengan baik, yang kedua yaitu siswa mampu menghasilkan
jawaban yang bervariasi, kemudian yang terakhir yaitu mampu berpikir
original dengan mampu melahirkan ungkapan yang baru dan unik serta
menjawab pertanyaan tanpa melihat referensi atau jawaban dari guru
melainkan menjawab dengan menggunakan murni jawaban sendiri dari
pikiran siswa tersebut.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi peneltian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis kepada:
1. Kepada guru Akidah Akhlak untuk hendaknya tetap membimbing, menjadi
fasilitator dan memberikan motivasi terhadap peserta didik agar siswa bisa
lebih berkembang dan lebih aktif dalam proses pembelajaran.
2. Kepada guru-guru yang ada di MTs Cina untuk hendak ikut aktif dalam
pengawasan yang baik kepada siswa-siswi waktu belajar dan lain sebagainya.
3. Kepada seluruh siswa di MTs Cina hendaknya berpartisipasi aktif dalam
proses pembelajaran dalam upaya untuk mengembangkan keaktifan,
kreatifiitas maupun cara berpikir siswa di MTs Cina.
Ketersediaan
| STAR20220207 | 207/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
207/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
