Efektivitas Penerapan Metode Qiro’ah Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Santri Di Tpq Rahadatul Aisy Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone
Sahratul Aini/ 02.18.1012 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Efektivitas Penerapan metode Qiro’ah dalam
Membaca al-Qur’an pada Santri di TPQ Rahadatul Aisy Kec. Tanete Riattang Kab.
Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui proses
pelaksanaan metode Qiro’ah dalam membaca al-Qur’an pada santri di TPQ
Rahadatul Aisy Kec. Tanete Riattang Kab. Bone, untuk mengatahui cara santri super
cepat dan fashih dalam membaca al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Qiro’ah di
TPQ Rahadatul Aisy Kec. Tanete Riattang Kab. Bone, dan untuk mengetahui
efektivitas penerapan metode Qiro’ah dalam membaca al-Qur’an di TPQ Rahadatul
Aisy Kec. Tanete Riattang Kab. Bone.
Untuk memudahkan memecahkan masalah tersebut, jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif (qualitatif research), penulis melakukan pendekatan
psikologis, pendekatan teologis normatif, pendekatan paedagogik dan melakukan
penelitian lapangan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data
dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi, selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang
bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat
khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, proses pelaksanaan metode
Qiro’ah dalam membaca al-Qur’an pada santri di TPQ Rahadatul Aisy telah
dilaksanakan dengan baik, proses pelaksanaanya dimulai dari hari Senin sampai
Sabtu jam 14.00-16.15 WITA. Kedua cara santri super cepat dan fashih dalam
membaca al-Qur’an Kec. Tanete Raittang Kab. Bone, adapun santri super cepat dan
fashih dalam membaca al-Qur’an yaitu menguasai huruf hijaiyyah, baris/harakat,
huruf bersambung dan ilmu tajwid, serta makharijul huruf dengan mengetahui semua
itu maka santri bisa cepat dan fashih membaca al-Qur’an. Ketiga, efektifitas
penerepan metode Qiro’ah dalam membaca al-Qur’an pada santri di TPQ Rahdatul
Aisy dikatakan efektif dalam menerapkan metode Qiro’ah karena dapat membantu
pendidik menyajikan materi dengan baik sehingga bisa diserap maksimal oleh anak
didiknya serta dalam menerapkan metode Qir’ah juga menunjang keberhasilan
kegiatan belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran
membaca al-Qur’an terhadap anak didik sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai efektivitas penerapan metode Qiro’ah
dalam membaca al-Qur’an pada santri di TPQ Rahadatul Aisy, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Proses pelaksanaan metode Qiro’ah dalam membaca al-Qur’an pada santri
di TPQ Rahadatul Aisy telah dilaksanakan dengan baik proses
pelaksanaanya dimulai dari hari Senin sampai Sabtu jam 14.00-16.15
WITA.
2. Cara santri super cepat dan fashih dalam membaca al-Qur’an Kec. Tanete
Raittang Kab. Bone adapun santri super cepat dan fashih dalam membaca
al-Qur’an yaitu menguasai huruf hijaiyyah, baris/harakat, huruf
bersambung dan ilmu tajwid, serta makharijul huruf dengan mengetahui
semua itu maka santri bisa cepat dan fashih membaca al-Qur’an.
3. Efektivitas penerepan metode Qiro’ah dalam membaca al-Qur’an pada
santri di TPQ Rahdatul Aisy dikatakan efektif dalam menerapkan metode
Qiro’ah karena dapat membantu pendidik menyajikan materi dengan baik
sehingga bisa diserap maksimal oleh anak didiknya serta santri mampu
membaca al-Qur’an dengan baik dan benar kemudian menunjang
keberhasilan kegiatan belajar mengajar.
B. Implikasi
Setelah penulis mengumpulkan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi atau saran. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan
skripsi ini yakni sebagai berikut:
1. Hendaknya guru melaksanakan atau menerapkan metode Qiro’ah secara
optimal dengan memperhatikan bagaimana tata cara pelaksanaan atau
penerapan metode Qiro’ah agar santri dapat meningkatkan kecepatan
membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan tajwidnya.
2. Hendaknya guru menjalin kerja sama terhadap orang tua dimana guru
membina dan membimbing siswanya di TPQ dan orang tua membina dan
membimbing anaknya di rumah.
Membaca al-Qur’an pada Santri di TPQ Rahadatul Aisy Kec. Tanete Riattang Kab.
Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui proses
pelaksanaan metode Qiro’ah dalam membaca al-Qur’an pada santri di TPQ
Rahadatul Aisy Kec. Tanete Riattang Kab. Bone, untuk mengatahui cara santri super
cepat dan fashih dalam membaca al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Qiro’ah di
TPQ Rahadatul Aisy Kec. Tanete Riattang Kab. Bone, dan untuk mengetahui
efektivitas penerapan metode Qiro’ah dalam membaca al-Qur’an di TPQ Rahadatul
Aisy Kec. Tanete Riattang Kab. Bone.
Untuk memudahkan memecahkan masalah tersebut, jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif (qualitatif research), penulis melakukan pendekatan
psikologis, pendekatan teologis normatif, pendekatan paedagogik dan melakukan
penelitian lapangan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data
dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi, selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang
bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat
khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, proses pelaksanaan metode
Qiro’ah dalam membaca al-Qur’an pada santri di TPQ Rahadatul Aisy telah
dilaksanakan dengan baik, proses pelaksanaanya dimulai dari hari Senin sampai
Sabtu jam 14.00-16.15 WITA. Kedua cara santri super cepat dan fashih dalam
membaca al-Qur’an Kec. Tanete Raittang Kab. Bone, adapun santri super cepat dan
fashih dalam membaca al-Qur’an yaitu menguasai huruf hijaiyyah, baris/harakat,
huruf bersambung dan ilmu tajwid, serta makharijul huruf dengan mengetahui semua
itu maka santri bisa cepat dan fashih membaca al-Qur’an. Ketiga, efektifitas
penerepan metode Qiro’ah dalam membaca al-Qur’an pada santri di TPQ Rahdatul
Aisy dikatakan efektif dalam menerapkan metode Qiro’ah karena dapat membantu
pendidik menyajikan materi dengan baik sehingga bisa diserap maksimal oleh anak
didiknya serta dalam menerapkan metode Qir’ah juga menunjang keberhasilan
kegiatan belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran
membaca al-Qur’an terhadap anak didik sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai efektivitas penerapan metode Qiro’ah
dalam membaca al-Qur’an pada santri di TPQ Rahadatul Aisy, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Proses pelaksanaan metode Qiro’ah dalam membaca al-Qur’an pada santri
di TPQ Rahadatul Aisy telah dilaksanakan dengan baik proses
pelaksanaanya dimulai dari hari Senin sampai Sabtu jam 14.00-16.15
WITA.
2. Cara santri super cepat dan fashih dalam membaca al-Qur’an Kec. Tanete
Raittang Kab. Bone adapun santri super cepat dan fashih dalam membaca
al-Qur’an yaitu menguasai huruf hijaiyyah, baris/harakat, huruf
bersambung dan ilmu tajwid, serta makharijul huruf dengan mengetahui
semua itu maka santri bisa cepat dan fashih membaca al-Qur’an.
3. Efektivitas penerepan metode Qiro’ah dalam membaca al-Qur’an pada
santri di TPQ Rahdatul Aisy dikatakan efektif dalam menerapkan metode
Qiro’ah karena dapat membantu pendidik menyajikan materi dengan baik
sehingga bisa diserap maksimal oleh anak didiknya serta santri mampu
membaca al-Qur’an dengan baik dan benar kemudian menunjang
keberhasilan kegiatan belajar mengajar.
B. Implikasi
Setelah penulis mengumpulkan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi atau saran. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan
skripsi ini yakni sebagai berikut:
1. Hendaknya guru melaksanakan atau menerapkan metode Qiro’ah secara
optimal dengan memperhatikan bagaimana tata cara pelaksanaan atau
penerapan metode Qiro’ah agar santri dapat meningkatkan kecepatan
membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan tajwidnya.
2. Hendaknya guru menjalin kerja sama terhadap orang tua dimana guru
membina dan membimbing siswanya di TPQ dan orang tua membina dan
membimbing anaknya di rumah.
Ketersediaan
| STAR20220206 | 206/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
206/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
