Penerapan Metode Pembelajaran Tuntas ( Mastery Learning) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vlll Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTS Baytul Mukarromah Welalang 'E Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone

No image available for this title
Penelitian ini membahas tentang Penerapan Metode Pembelajaran Tuntas (Mastery
Learning) Untuk Memotivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran Akidah
Akhlak di MTs di Baytul Mukarromah Welalang’e Kec. Tanete Riattang Barat Kab.
Bone. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui penerapan
metode pembelajaran tuntas untuk memotivasi belajar siswa dalam pembelajaran
akidah akhlak, untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa terhadap
pembelajaran dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam
menerapkan metode pembelajaran tuntas untuk memotivasi belajar siswa dalam
pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Baytul Mukarromah.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan teologi
normatif, pendekatan paedagogik, dan pendekatan psikologis. Dengan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tiga
tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan Metode Pembelajaran Tuntas
(Mastery Learning) Untuk Memotivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran
Akidah Akhlak di MTs di Baytul Mukarromah Welalang’e Kec. Tanete Riattang
Barat Kab. Bone dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari, 1) Guru telah
menerapkan langkah-langkah pembelajaran tuntas mulai dari tahap orientasi sampai
pada tahap latihan mandiri sudah diterapkan dengan baik sehingga memotivasi
belajar siswa. 2) penerapan metode pembelajaran tuntas (mastery learning) dapat
memotivasi belajar siswa di MTs Baytul Mukarromah. Hal ini terlihat pada siswa
yang memiliki sikap tekun, ulet, menunjukkan minat terhadap macam masalah, lebih
senang bekerja sendiri, mempertahankan pendapatnya dan tidak mudah melepas yang
diyakini. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode
pembelajaran tuntas (mastery learning) untuk memotivasi belajar siswa di MTs
Baytul Mukarromah adalah keaktifan siswa dalam belajar, Siswa dapat menguasai isi
pembelajaran dan guru memberikan umpan balik terhadap jawaban siswa dan faktor
penghambat membutuhkan waktu yang cukup lama, kurangnya media pembelajaran
dan perbedaan minat belajar siswa.
Implikasi penelitian diharapkan semua guru yang ada di MTs Baytul Mukarromah
terutama guru akidah akhlak, agar bisa untuk menerapkan metode pembelajaran
tuntas (mastery learning) agar siswa dapat meningkatkan motivasi dalam belajar dan
mencapai hasil belajar yang dinginkan.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang penerapan
metode pembelajaran tuntas (mastery learning) untuk memotivasi belajar siswa kelas
VIII pada pembelajaran akidah akhlak di MTs di Baytul Mukarromah welalang’e
Kec.Tanete Riattang Barat Kab. Bone, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai
berikut:
1. Penerapan pelaksanaan metode pembelajaran tuntas (mastery learning) untuk
memotivasi belajar siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak di Baytul
Mukarromah dapat dikatakan baik, karena guru akidah akhlak telah
menerapkan langkah-langkah pembelajaran tuntas mulai dari tahap orientasi
sampai pada tahap latihan mandiri sudah diterapkan dengan baik sehinnga
memotivasi belajar siswa.
2. Siswa kelas VIII MTs Baytul Mukarromah memiliki motivasi belajar yang
tinggi terhadap pembelajaran akidah akhlak setelah menerapkan tuntas
(mastery learning). Hal ini terlihat pada siswa yang memilki sikap tekun,ulet,
menunjukkan minat terhadap macam masalah, lebih senang bekerja sendiri,
cepat bosan pada tugas yang rutin, mempertakankan pendapatnya, tidak
mudah sesuatu melepas yang diyakini serta mencari dan memecahkan soal.
3. Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran tuntas
(mastery learning) untuk memotisvasi belajar siswa kelas VIII pada
pembelajaran akidah akhlak di MTs Baytul Mukarromah adalah dapat dilihat
dilihat dari keaktifan siswa dalam belajar, Siswa dapat menguasai isi
pembelajaran dan guru memberikan umpan balik terhadap jawaban siswa dan
faktor penghambat membutuhkan waktu yang cukup lama, kurangnya media
pembelajaran dan perbedaan minat belajar siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini dikemukakan
implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun sarana-sarana penulis
kepada:
1. Kepada guru yang ada di MTs Baytul Mukarromah terutama guru akidah
akhlak, agar dapat menerapkan metode pembelajaran tuntas (mastery
learning) agar siswa dapat meningkatkan motivasi belajar dan
mendapatkan hasil belajar yang baik.
2. Kepada seluruh siswa yang ada di MTs Baytul Mukarromah agar lebih
meningkatkan motivasi dalam belajaran dan mencapai hasil belajar yang
dinginkan.
Ketersediaan
STAR20220204204/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

204/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top