Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai Kesabaran terhadap Peserta Didik di SDN 140 Teamalala Kec. Ulaweng Kab. Bone
Lusi Oktavia/02.18.1067 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai
Kesabaran terhadap Peserta Didik di SDN 140 Teamalala Kec. Ulaweng Kab.
Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui penerapan
nilai kesabaran di SDN 140 Teamalala, kontribusi Guru PAI dalam menanamkan
nilai kesabaran terhadap peserta didik di SDN 140 Teamalala, faktor pendukung dan
penghambat dalam menanamkan nilai kesabaran terhadap peserta didik di SDN 140
Teamalala.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan paedagogik,
pendekatan psikologis, pendekatan sosiologis dan pendekatan teologi normatif.
Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data dianalisis dengan metode reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi, selanjutnya dianalisis ke data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta
yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat
khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan nilai kesabaran di SDN
140 Teamalala sudah diterapkan dengan baik yaitu dengan melihat penanaman nilai
kesabaran (disiplin, tabah, tekun, mengendalikan diri dan tidak mengeluh) namun
masih perlu ditingkatkan dari segi mengendalikan diri, sebagian siswa belum mampu
mengendalikan diri yaitu sering mengganggu temannya ketika belajar. Dengan
demikian, peran guru sangat dibutuhkan dalam memberikan pemahaman bagi peserta
didik untuk bisa mengendalikan diri pada saat proses pembelajaran ataupun diluar
pembelajaran. 2) Kontribusi guru PAI dalam menanamkan nilai kesabaran terhadap
peserta didik di SDN 140 Teamalala sudah terlaksana dengan cukup baik. Hal ini
berdasarkan fakta yang ditemukan oleh peneliti bahwa pendidik atau guru PAI sudah
melaksanakan tugasnya dengan baik, seperti peran guru sebagai model dan teladan,
yaitu dengan memberikan contoh teladan yang baik kepada peserta didik serta peran
guru sebagai pelatih dengan melatih peserta didik mengenai penanaman nilai
kesabaran dalam menuntut ilmu. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam
menanamkan nilai kesabaran terhadap peserta didik. Adapun yang termasuk faktor
pendukung dalam menanamkan nilai kesabaran di SDN 140 Teamalala yaitu
mengenalkan pembiasaan dalam pembelajaran sehari-hari dan menjalin kerja sama
guru PAI dengan pendidik lain dalam menumbuhkan nilai akhlak. Adapun yang
termasuk faktor penghambat dalam menanamkan nilai kesabaran di SDN 140
Teamalala yaitu kurangnya kesadaran terhadap peserta didik tentang nilai kesabaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengemukakan simpulan
sebagai berikut:
1. Penerapan nilai kesabaran di SDN 140 Teamalala sudah diterapkan dengan baik
yaitu dengan melihat penanaman nilai kesabaran (disiplin, tabah, tekun,
mengendalikan diri dan tidak mengeluh) namun masih perlu ditingkatkan dari
segi mengendalikan diri, sebagian siswa belum mampu mengendalikan diri
yaitu sering mengganggu temannya ketika belajar. Dengan demikian, peran
guru sangat dibutuhkan dalam memberikan pemahaman bagi peserta didik
untuk bisa mengendalikan diri pada saat proses pembelajaran ataupun diluar
pembelajaran.
2. Kontribusi guru PAI dalam menanamkan nilai kesabaran terhadap peserta didik
di SDN 140 Teamalala sudah terlaksana dengan cukup baik. Hal ini
berdasarkan fakta yang ditemukan oleh peneliti bahwa pendidik atau guru PAI
sudah melaksanakan tugasnya dengan baik, seperti peran guru sebagai model
dan teladan, yaitu dengan memberikan contoh teladan yang baik kepada peserta
didik serta peran guru sebagai pelatih dengan melatih peserta didik mengenai
penanaman nilai kesabaran dalam menuntut ilmu.
3. Faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai kesabaran
terhadap peserta didik. Adapun yang termasuk faktor pendukung dalam
menanamkan nilai kesabaran di SDN 140 Teamalala yaitu mengenalkan
pembiasaan dalam pembelajaran sehari-hari dan menjalin kerja sama guru PAI
dengan pendidik lain dalam menumbuhkan nilai akhlak. Adapun yang termasuk
faktor penghambat dalam menanamkan nilai kesabaran di SDN 140 Teamalala
yaitu lingkungan peserta didik dan faktor individu atau dalam diri peserta didik.
B. Implikasi
Setelah melaksanakan penelitian tentang peran guru PAI dalam
menanamkan nilai kesabaran terhadap peserta didik di SDN 140 Teamalala, maka
adapun saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Sebagai seorang guru yang memiliki peran penting dalam keberhasilan suatu
pembelajaran, sebaiknya harus lebih memahami seperti apa karakter dan
kondisi peserta didik yang dihadapi, agar lebih mudah membimbing dan
diarahkan. Agar peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran
sebaiknya ruangan ditata sesuai dengan kenyamanan peserta didik.
2. Bagi peserta didik agar apa yang menjadi kewajiban terlaksananya dengan
baik, hendaknya harus selalu mengikuti arahan guru selama ini untuk
kebaikan siswa.
Kesabaran terhadap Peserta Didik di SDN 140 Teamalala Kec. Ulaweng Kab.
Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui penerapan
nilai kesabaran di SDN 140 Teamalala, kontribusi Guru PAI dalam menanamkan
nilai kesabaran terhadap peserta didik di SDN 140 Teamalala, faktor pendukung dan
penghambat dalam menanamkan nilai kesabaran terhadap peserta didik di SDN 140
Teamalala.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan paedagogik,
pendekatan psikologis, pendekatan sosiologis dan pendekatan teologi normatif.
Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data dianalisis dengan metode reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi, selanjutnya dianalisis ke data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta
yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat
khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan nilai kesabaran di SDN
140 Teamalala sudah diterapkan dengan baik yaitu dengan melihat penanaman nilai
kesabaran (disiplin, tabah, tekun, mengendalikan diri dan tidak mengeluh) namun
masih perlu ditingkatkan dari segi mengendalikan diri, sebagian siswa belum mampu
mengendalikan diri yaitu sering mengganggu temannya ketika belajar. Dengan
demikian, peran guru sangat dibutuhkan dalam memberikan pemahaman bagi peserta
didik untuk bisa mengendalikan diri pada saat proses pembelajaran ataupun diluar
pembelajaran. 2) Kontribusi guru PAI dalam menanamkan nilai kesabaran terhadap
peserta didik di SDN 140 Teamalala sudah terlaksana dengan cukup baik. Hal ini
berdasarkan fakta yang ditemukan oleh peneliti bahwa pendidik atau guru PAI sudah
melaksanakan tugasnya dengan baik, seperti peran guru sebagai model dan teladan,
yaitu dengan memberikan contoh teladan yang baik kepada peserta didik serta peran
guru sebagai pelatih dengan melatih peserta didik mengenai penanaman nilai
kesabaran dalam menuntut ilmu. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam
menanamkan nilai kesabaran terhadap peserta didik. Adapun yang termasuk faktor
pendukung dalam menanamkan nilai kesabaran di SDN 140 Teamalala yaitu
mengenalkan pembiasaan dalam pembelajaran sehari-hari dan menjalin kerja sama
guru PAI dengan pendidik lain dalam menumbuhkan nilai akhlak. Adapun yang
termasuk faktor penghambat dalam menanamkan nilai kesabaran di SDN 140
Teamalala yaitu kurangnya kesadaran terhadap peserta didik tentang nilai kesabaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengemukakan simpulan
sebagai berikut:
1. Penerapan nilai kesabaran di SDN 140 Teamalala sudah diterapkan dengan baik
yaitu dengan melihat penanaman nilai kesabaran (disiplin, tabah, tekun,
mengendalikan diri dan tidak mengeluh) namun masih perlu ditingkatkan dari
segi mengendalikan diri, sebagian siswa belum mampu mengendalikan diri
yaitu sering mengganggu temannya ketika belajar. Dengan demikian, peran
guru sangat dibutuhkan dalam memberikan pemahaman bagi peserta didik
untuk bisa mengendalikan diri pada saat proses pembelajaran ataupun diluar
pembelajaran.
2. Kontribusi guru PAI dalam menanamkan nilai kesabaran terhadap peserta didik
di SDN 140 Teamalala sudah terlaksana dengan cukup baik. Hal ini
berdasarkan fakta yang ditemukan oleh peneliti bahwa pendidik atau guru PAI
sudah melaksanakan tugasnya dengan baik, seperti peran guru sebagai model
dan teladan, yaitu dengan memberikan contoh teladan yang baik kepada peserta
didik serta peran guru sebagai pelatih dengan melatih peserta didik mengenai
penanaman nilai kesabaran dalam menuntut ilmu.
3. Faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai kesabaran
terhadap peserta didik. Adapun yang termasuk faktor pendukung dalam
menanamkan nilai kesabaran di SDN 140 Teamalala yaitu mengenalkan
pembiasaan dalam pembelajaran sehari-hari dan menjalin kerja sama guru PAI
dengan pendidik lain dalam menumbuhkan nilai akhlak. Adapun yang termasuk
faktor penghambat dalam menanamkan nilai kesabaran di SDN 140 Teamalala
yaitu lingkungan peserta didik dan faktor individu atau dalam diri peserta didik.
B. Implikasi
Setelah melaksanakan penelitian tentang peran guru PAI dalam
menanamkan nilai kesabaran terhadap peserta didik di SDN 140 Teamalala, maka
adapun saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Sebagai seorang guru yang memiliki peran penting dalam keberhasilan suatu
pembelajaran, sebaiknya harus lebih memahami seperti apa karakter dan
kondisi peserta didik yang dihadapi, agar lebih mudah membimbing dan
diarahkan. Agar peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran
sebaiknya ruangan ditata sesuai dengan kenyamanan peserta didik.
2. Bagi peserta didik agar apa yang menjadi kewajiban terlaksananya dengan
baik, hendaknya harus selalu mengikuti arahan guru selama ini untuk
kebaikan siswa.
Ketersediaan
| STAR20220368 | 368/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
368/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
