Implementasi Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Di Man 2 Bone
Tarida/02. 18. 1126 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang implementasi metode diskusi pada Mata
Pelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa
kelas XI di MAN 2 Bone. Fokus kajian dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui
pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas XI di MAN 2 Bone, untuk
mengetahui implementasi metode diskusi pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas
XI di MAN 2 Bone, dan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah
implementasi metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MAN 2
Bone. Penelitian ini bersifat lapangan dengan pendekatan paedagogik, psikologi, dan
sosiologi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari
tiga tahap yakni tahap reduksi data, display data, verifikasi atau penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama implementasi
pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas XI di MAN 2 Bone yaitu sudah berjalan
dengan baik dan sebagaimana mestinya, yakni sesuai dengan jadwal, tujuan
pembelajaran tercapai secara maksimal, selain itu kegiatan pembelajaran akidah
akhlak juga merupakan suatu mata pelajaran yang sangat penting, menarik, dan
menyenangkan bagi siswa, serta metode yang digunakan oleh guru dalam
menyampikan materi
juga mendukung tercapainya setiap tujuan pembelajaran.
Kedua implementasi metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di
MAN 2 Bone yaitu sudah terlaksana dengan baik, dengan menggunakan bentuk
diskusi bentuk diskusi group learning dengan langkah-langkah kegiatan diskusi yakni
di awali dengan penentuan pokok atau topik permasalahan tentang materi akidah
akhlak yang akan dibahas, dan di akhiri dengan kegiatan koreksi terhadap kegiatan
diskusi dan disertai dengan pengumpulan hasil diskusi sebagai bukti bahwa kegiatan
diskusi telah dilakukan. Ketiga kemampuan berpikir kritis siswa setelah implementasi
metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MAN 2 Bone yaitu
telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan yakni meningkatnya kemampuan
berpikir kritis di anataranya siswa dapat memfokuskan masalah, aktif bertanya dan
menjawab pertanyaan, menganalisis masalah, dapat mempertimbangakan sumber,
memberikan asumsi, serta menarik kesimpulan terhadap permasalahan yang
didiskusikan dan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas XI di MAN 2 Bone
yaitu sudah berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya yakni sesuai
dengan jadwal, tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal, selain itu
kegiatan pembelajaran akidah akhlak juga merupakan suatu mata pelajaran
yang sangat penting dan menarik karena materinya berhubungan dengan
kehidupan sehari-hari siswa sehingga siswa selalu bersemagat jika
pembelajaran akidah akhlak sedang berlangsung, serta metode yang digunakan
oleh guru dalam menyampikan materi juga mendukung tercapainya setiap
tujuan pembelajaran.
2. Implementasi metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di
MAN 2 Bone
yaitu sudah terlaksana dengan baik, dengan menggunakan
bentuk diskusi group learning dengan langkah-langkah kegiatan diskusi yakni
penentuan pokok atau topik permasalahan tentang materi akidah akhlak yang
akan dibahas oleh masing-masing kelompok, pembentukan kelompok yakni
terdiri dari ketua, sekertaris, pelapor serta mengatur tempat dan sarana yang
akan digunakan, lalu para siswa melakukan kegiatan diskusi yakni saling
berdialog memberi pertanyaan, jawaban, sanggahan maupun pendapat terkait
dengan topik atau pokok permasalahan yang dibahas dan mematuhi peraturan
yang ada dan guru juga tetap mengawasi kegiatan diskusi, lalu setelah kegiatan
diskusi berakhir guru melakukan penilaian dan koreksi terhadap hasil diskusi
yan dilakukan, selain itu guru memberikan penguatan-penguatan terkait materi
yang sedang didiskusi, dan di dalam kegiatan diskusi setiap siswa mencatat hal-
hal yang dianggap penting agar memudahkan bagi untuk mempelajari kembali
materi yang telah didiskusikan tersebut. Lalu hasil diskusi dikumpul sebagai
bukti bahwa kegiatan diskusi telah dilakukan.
3. Kemampuan berpikir kritis siswa setelah implementasi metode diskusi pada
mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MAN 2 Bone yaitu telah berjalan
sesuai dengan yang diharapkan yakni kemampuan berpikir kritis siswa dapat
meningkat diantaranya siswa dapat memfokuskan masalah, aktif bertanya dan
menanggapi, dapat menganalisis masalah, dapat mempertimbangkan sumber,
memberikan asumsi, serta menarik kesimpulan terhadap permasalahan yang
didiskusikan dan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut,
serta siswa dapat aktif dalam kegaitan pembelajaran dan memiliki kepercayaan
diri untuk tampil di depan umum.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Melalui implementasi metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak di
MAN 2 Bone dapat menjadi salah satu metode yang menarik perhatian para
siswa sehingga siswa tersebut dapat mengikuti kegaiatan pembelajaran dengan
baik sehigga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan dapat menjadi salat satu
alternatif bagi guru dalam mengatasi masalah-masalah pembelajaran yang
terjadi pada mata pelajaran akidah akhlak.
2. Melalui pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Bone diharapkan dapat
membina dan membimbing siswa menjadi manusia yang lebih baik yaitu
manusia yang beriman dan bertakwa serta menjadi manusia yang berakhlak
mulia di kehidupan sehari-hari baik itu dalam hubungannya terhadap Allah swt,
maupun sesame manusia di muka bumi.
3. Melalui implementasi metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di MAN 2 Bone
diharapkan dapat membina siswa untuk mengasah kemampuan berpikirnya,
sehingga siswa tersebut dapat memimirkan segala hal terjadi disekitarnya dan
tidak salah dalam mengambil keputusan.
Pelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa
kelas XI di MAN 2 Bone. Fokus kajian dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui
pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas XI di MAN 2 Bone, untuk
mengetahui implementasi metode diskusi pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas
XI di MAN 2 Bone, dan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah
implementasi metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MAN 2
Bone. Penelitian ini bersifat lapangan dengan pendekatan paedagogik, psikologi, dan
sosiologi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari
tiga tahap yakni tahap reduksi data, display data, verifikasi atau penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama implementasi
pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas XI di MAN 2 Bone yaitu sudah berjalan
dengan baik dan sebagaimana mestinya, yakni sesuai dengan jadwal, tujuan
pembelajaran tercapai secara maksimal, selain itu kegiatan pembelajaran akidah
akhlak juga merupakan suatu mata pelajaran yang sangat penting, menarik, dan
menyenangkan bagi siswa, serta metode yang digunakan oleh guru dalam
menyampikan materi
juga mendukung tercapainya setiap tujuan pembelajaran.
Kedua implementasi metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di
MAN 2 Bone yaitu sudah terlaksana dengan baik, dengan menggunakan bentuk
diskusi bentuk diskusi group learning dengan langkah-langkah kegiatan diskusi yakni
di awali dengan penentuan pokok atau topik permasalahan tentang materi akidah
akhlak yang akan dibahas, dan di akhiri dengan kegiatan koreksi terhadap kegiatan
diskusi dan disertai dengan pengumpulan hasil diskusi sebagai bukti bahwa kegiatan
diskusi telah dilakukan. Ketiga kemampuan berpikir kritis siswa setelah implementasi
metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MAN 2 Bone yaitu
telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan yakni meningkatnya kemampuan
berpikir kritis di anataranya siswa dapat memfokuskan masalah, aktif bertanya dan
menjawab pertanyaan, menganalisis masalah, dapat mempertimbangakan sumber,
memberikan asumsi, serta menarik kesimpulan terhadap permasalahan yang
didiskusikan dan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas XI di MAN 2 Bone
yaitu sudah berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya yakni sesuai
dengan jadwal, tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal, selain itu
kegiatan pembelajaran akidah akhlak juga merupakan suatu mata pelajaran
yang sangat penting dan menarik karena materinya berhubungan dengan
kehidupan sehari-hari siswa sehingga siswa selalu bersemagat jika
pembelajaran akidah akhlak sedang berlangsung, serta metode yang digunakan
oleh guru dalam menyampikan materi juga mendukung tercapainya setiap
tujuan pembelajaran.
2. Implementasi metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di
MAN 2 Bone
yaitu sudah terlaksana dengan baik, dengan menggunakan
bentuk diskusi group learning dengan langkah-langkah kegiatan diskusi yakni
penentuan pokok atau topik permasalahan tentang materi akidah akhlak yang
akan dibahas oleh masing-masing kelompok, pembentukan kelompok yakni
terdiri dari ketua, sekertaris, pelapor serta mengatur tempat dan sarana yang
akan digunakan, lalu para siswa melakukan kegiatan diskusi yakni saling
berdialog memberi pertanyaan, jawaban, sanggahan maupun pendapat terkait
dengan topik atau pokok permasalahan yang dibahas dan mematuhi peraturan
yang ada dan guru juga tetap mengawasi kegiatan diskusi, lalu setelah kegiatan
diskusi berakhir guru melakukan penilaian dan koreksi terhadap hasil diskusi
yan dilakukan, selain itu guru memberikan penguatan-penguatan terkait materi
yang sedang didiskusi, dan di dalam kegiatan diskusi setiap siswa mencatat hal-
hal yang dianggap penting agar memudahkan bagi untuk mempelajari kembali
materi yang telah didiskusikan tersebut. Lalu hasil diskusi dikumpul sebagai
bukti bahwa kegiatan diskusi telah dilakukan.
3. Kemampuan berpikir kritis siswa setelah implementasi metode diskusi pada
mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MAN 2 Bone yaitu telah berjalan
sesuai dengan yang diharapkan yakni kemampuan berpikir kritis siswa dapat
meningkat diantaranya siswa dapat memfokuskan masalah, aktif bertanya dan
menanggapi, dapat menganalisis masalah, dapat mempertimbangkan sumber,
memberikan asumsi, serta menarik kesimpulan terhadap permasalahan yang
didiskusikan dan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut,
serta siswa dapat aktif dalam kegaitan pembelajaran dan memiliki kepercayaan
diri untuk tampil di depan umum.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Melalui implementasi metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak di
MAN 2 Bone dapat menjadi salah satu metode yang menarik perhatian para
siswa sehingga siswa tersebut dapat mengikuti kegaiatan pembelajaran dengan
baik sehigga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan dapat menjadi salat satu
alternatif bagi guru dalam mengatasi masalah-masalah pembelajaran yang
terjadi pada mata pelajaran akidah akhlak.
2. Melalui pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Bone diharapkan dapat
membina dan membimbing siswa menjadi manusia yang lebih baik yaitu
manusia yang beriman dan bertakwa serta menjadi manusia yang berakhlak
mulia di kehidupan sehari-hari baik itu dalam hubungannya terhadap Allah swt,
maupun sesame manusia di muka bumi.
3. Melalui implementasi metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di MAN 2 Bone
diharapkan dapat membina siswa untuk mengasah kemampuan berpikirnya,
sehingga siswa tersebut dapat memimirkan segala hal terjadi disekitarnya dan
tidak salah dalam mengambil keputusan.
Ketersediaan
| STAR20220030 | 30/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
30/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
