Penerapan Metode Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Di MAN 2 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Metode Quantum Teaching dalam
Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Bone.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode
quantum teaching pada pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Bone 2) Untuk
mengetahui pengaruh penerapan metode quantum teaching dalam meingkatkan
keaktifan siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Bone.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa yang mengikuti penerapan metode
pembelajaran quantum teaching dan menjadi sampel yaitu 50 siswa. Instrumen
penelitian menggunakan angket, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif, penerapan
metode pembelajaran quantum teaching di MAN 2 Bone, mempunyai nilai rata-rata
keaktifan siswa 80% berada pada kategori sangat baik dan keaktifan siswa pada kelas
eksperimen berdasarkan indikator keaktifan 83% kategori sangat aktif sedangkan
kelas kontrol berdarkan indikator kekaktifan 64% ketogori cukup aktif. Sedangkan
hasil analisis hipotesis dapat diketahui nilai sig (2-tailed) 0,02 < 0,05 maka sesuai
dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sampel t-test, maka dapat
disimpulkan H 1 diterima dan H 0 ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa implikasi yang berkaitan dengan
kegiatan penerapan metode pembelajaran quantum teaching yaitu adanya pengaruh
penerapan metode pembelajaran quantum teaching dalam meningkatkan keaktifan
siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Bone. Bagi guru yang ingin
menerapkan metode quantum teaching diharapkan untuk lebih mempersiapkan
perangkat pembelajaran, alat dan media dengan baik. Penerapan metode quantum
teaching dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran akidah akhlak.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan metode quantum teaching pada pembelajaran akidah akhlak kelas
XI di MAN 2 Bone dapat diketahui berdasarkan proses pelaksanaannya. Pada
penerapan metode quantum teaching peneliti menjelaskan mengenai
gambaran tentang akhlak tercela. Kemudian proses pelaksanaannya juga dapat
dilihat berdasarkan angket yang disebar.
2. Pengaruh penerapan metode quantum teaching dalam meningkatkan keaktifan
siswa pada pembelajaran akidah akhlak dalam kelas eksperimen dan kelas
kontrol terdapat perbedaan keaktifan. Kelas eksperimen lebih dominan aktif
dibandingkan kelas kontrol, dapat dilihat dari hasil skor keaktifan yang
diperoleh oleh kedua kelas tersebut yaitu pada kelas eksperimen tercatat
bahwa siswa yang masuk dalam kategori sangat aktif yaitu mencapai 12%,
aktif 56%, cukup aktif 20%, dan kurang aktif 12%. Sedangkan pada kelas
kontrol siswa yang masuk dalam kategori sangat aktif tidak ada, aktif 40%,
cukup aktif 28% dan kurang aktif 32%. Dari data tersebut kelas eksperimen
lebih aktif dibandingkan dengan kelas kontrol, jadi dalam penerapan metode
quantum teaching terjadi perbedaan keaktifan dengan kelas yang tidak
mengunakan metode quantum teaching.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi peneliti yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis
maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi siswa, dituntut lebih giat dan semangat dalam belajar agar lebih aktif
dalam proses pembelajaran.
2. Bagi guru, dapat menggunakan metode quantum teaching sebagai alternatif
dalam proses pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan keaktifan
siswa.
3. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses belajar
mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan maksimal.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang metode
quantum teaching dan keaktifan belajar siswa.
Ketersediaan
STAR20220239239/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

239/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top