Pengaruh Metode Reading Guide Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Di MAN 2 Bone
Indariani Kusuma Dewi/02.18.1071 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentangIPengaruh Metode Reading Guide Terhadap Minat
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI IPS di MAN Bone.
Kegunaan penelitian yang dilakukan adalah kegunaan ilmiah dan kegunaan praktis.
Untuk memudahkan dalam pemecahan masalah tersebut, peneliti mengumpulkan data
dengan meggunakan angket dan dokumentasi. Adapun jenis penelitian yang
dilakukan yaitu kuantitatif khususnya penelitian jenis eksperimen. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah adalah sample jenuh yaitu semua jumlah
pupulasi disajikan dalam sampel hal ini dilakukan bila jumlah populasi relatif kecil
dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 26 orang.
Pendekatan menggunakan pendekatan paedagogik,dan psikologis. Adapun bentuk
anailais data yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji homogenitas dan uji
hipotesis. Untuk tehnik analisis data menggunakan perhitungan komputasi dengan
program IMB SPSS Versi 23.
Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan adalah Reading Guide. Metode
Reading Guide ini diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang kondusif dan
memudahkan peserta didik untuk fokus dalam memahami pelajaran yang
disampaikan guru. Metode Reading Guide akan membantu siswa untuk
menghilangkan sifat malas membaca karena metode ini menuntut siswa untuk
membaca materi yang diberikan.
Berdasarkan hasil analisis uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-
Smirnov diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.200 untuk metode reading guide maka
data tersebut berdistribusi normal karena nilai sig 0.200 > 0,05 sesuai keriteria
pengambilan keputusan. Untuk nilai signifikansi minat belajar sebesar 0,004 maka
nilai sig 0,004 < 0,005 sesuai dengan pengambilan keputusan maka data tersebut
tidak berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh bahwa nilai signifikansi
pada based on mean sebesar 0,058 maka niliai sig 0,058 > 0,05 sesuai dengan kriteria
pengambilan keputusan data tersebut homogent atau mempunyai varians yang sama.
Dan hasil uji hipotesis diketahui bahwa kolom yang dipilih adalah kolom equale
variances assumed nilai sig 0,00 < 0,05 maka sesuai kriteria pengambilan keputusan
dalam uji independent sampel t-test, maka dapat disimpulkan H 0 ditolak dan H 1
diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari
pelaksanaan metode reading guide terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran
akidah akhlak kelas XI IPS di MAN 2 Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan
pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan metode reading guide dalam pembelajaran akidah akhlak siswa
kelas XI IPS di MAN 2 Bone dapat diketahui berdasarkan hasil presentasi
angket yang disebar. Dari hasil presentasi angket dapat diketahui
pelaksanaan metode reading guide pada tahap pelakasanaan jawaban yang
paling banyak dipilih oleh responden adalah kategori selalu hal ini
menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada tahap pelaksanaan metode
reading guide guru telah melaksanakan dengan baik dan pada tahap
avaluasi jawaban yang paling banyak dipilih oleh responden adalah
kategori kadang-kadang, hal ini menunjukkan bahwa guru pada tahap
evaluasi penerapan metode reading guide telah diterapkan dengan baik dan
siswa senang dengan metode yang di terapkan.
2. Minat belajar siswa dalam pembelajaran akidah akhlak kelas XI IPS di
MAN 2 Bone dapat diketahui berdasarkan hasil presentasi angket yang
disebar. Dari hasil presentasi angket dapat diketahui bahwa minat belajar
pada indikator perasaan senang dan ketertarikan siswa jawaban yang paling
banyak dipilih adalah kadang-kadang menunjukkan bahwa siswa sudah
merasa senang dan tertarik mengikuti pelajaran akidah akhlak. Adapun
pada indikator perhatian dan keikutsertaan siswa jawaban yang paling
banyak dipilih adalah pernah menunjukkan bahwa siswa sudah
memperhatikan arahan dari guru dan rajin menyeselesaikan tugas yang
diberikan tampa adanya perintah atau paksaan dari guru
3. Pengaruh metode reading guide terhadap minat belajar siswa pada
pembelajaran akidah akhlak kelas XI IPS di MAN 2 Bone berdasarkan
hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa kolom yang dipilih adalah kolom
equale variances assumed nilai sig 0,00 < 0,05 maka sesuai kriteria
pengambilan keputusan dalam uji independent sampel t-test, maka dapat
disimpulkan H 0 ditolak dan H 1 diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dari pelaksanaan metode reading guide
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI
IPS di MAN 2 Bone.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran. Adapun saran yang penulis
maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan metode reading guide dalam mata pelajaran
yang lain sebagai alternatif dalam proses meningkatkan minat belajar
siswa.
2. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi dalam belajar agar minat belajar
yang didapatkan lebih baik.
3. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses
belajar mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan
maksimal.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi
untuk melakukan penelitian selanjutnya.
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI IPS di MAN Bone.
Kegunaan penelitian yang dilakukan adalah kegunaan ilmiah dan kegunaan praktis.
Untuk memudahkan dalam pemecahan masalah tersebut, peneliti mengumpulkan data
dengan meggunakan angket dan dokumentasi. Adapun jenis penelitian yang
dilakukan yaitu kuantitatif khususnya penelitian jenis eksperimen. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah adalah sample jenuh yaitu semua jumlah
pupulasi disajikan dalam sampel hal ini dilakukan bila jumlah populasi relatif kecil
dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 26 orang.
Pendekatan menggunakan pendekatan paedagogik,dan psikologis. Adapun bentuk
anailais data yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji homogenitas dan uji
hipotesis. Untuk tehnik analisis data menggunakan perhitungan komputasi dengan
program IMB SPSS Versi 23.
Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan adalah Reading Guide. Metode
Reading Guide ini diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang kondusif dan
memudahkan peserta didik untuk fokus dalam memahami pelajaran yang
disampaikan guru. Metode Reading Guide akan membantu siswa untuk
menghilangkan sifat malas membaca karena metode ini menuntut siswa untuk
membaca materi yang diberikan.
Berdasarkan hasil analisis uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-
Smirnov diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.200 untuk metode reading guide maka
data tersebut berdistribusi normal karena nilai sig 0.200 > 0,05 sesuai keriteria
pengambilan keputusan. Untuk nilai signifikansi minat belajar sebesar 0,004 maka
nilai sig 0,004 < 0,005 sesuai dengan pengambilan keputusan maka data tersebut
tidak berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh bahwa nilai signifikansi
pada based on mean sebesar 0,058 maka niliai sig 0,058 > 0,05 sesuai dengan kriteria
pengambilan keputusan data tersebut homogent atau mempunyai varians yang sama.
Dan hasil uji hipotesis diketahui bahwa kolom yang dipilih adalah kolom equale
variances assumed nilai sig 0,00 < 0,05 maka sesuai kriteria pengambilan keputusan
dalam uji independent sampel t-test, maka dapat disimpulkan H 0 ditolak dan H 1
diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari
pelaksanaan metode reading guide terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran
akidah akhlak kelas XI IPS di MAN 2 Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan
pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan metode reading guide dalam pembelajaran akidah akhlak siswa
kelas XI IPS di MAN 2 Bone dapat diketahui berdasarkan hasil presentasi
angket yang disebar. Dari hasil presentasi angket dapat diketahui
pelaksanaan metode reading guide pada tahap pelakasanaan jawaban yang
paling banyak dipilih oleh responden adalah kategori selalu hal ini
menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada tahap pelaksanaan metode
reading guide guru telah melaksanakan dengan baik dan pada tahap
avaluasi jawaban yang paling banyak dipilih oleh responden adalah
kategori kadang-kadang, hal ini menunjukkan bahwa guru pada tahap
evaluasi penerapan metode reading guide telah diterapkan dengan baik dan
siswa senang dengan metode yang di terapkan.
2. Minat belajar siswa dalam pembelajaran akidah akhlak kelas XI IPS di
MAN 2 Bone dapat diketahui berdasarkan hasil presentasi angket yang
disebar. Dari hasil presentasi angket dapat diketahui bahwa minat belajar
pada indikator perasaan senang dan ketertarikan siswa jawaban yang paling
banyak dipilih adalah kadang-kadang menunjukkan bahwa siswa sudah
merasa senang dan tertarik mengikuti pelajaran akidah akhlak. Adapun
pada indikator perhatian dan keikutsertaan siswa jawaban yang paling
banyak dipilih adalah pernah menunjukkan bahwa siswa sudah
memperhatikan arahan dari guru dan rajin menyeselesaikan tugas yang
diberikan tampa adanya perintah atau paksaan dari guru
3. Pengaruh metode reading guide terhadap minat belajar siswa pada
pembelajaran akidah akhlak kelas XI IPS di MAN 2 Bone berdasarkan
hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa kolom yang dipilih adalah kolom
equale variances assumed nilai sig 0,00 < 0,05 maka sesuai kriteria
pengambilan keputusan dalam uji independent sampel t-test, maka dapat
disimpulkan H 0 ditolak dan H 1 diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dari pelaksanaan metode reading guide
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI
IPS di MAN 2 Bone.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran. Adapun saran yang penulis
maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan metode reading guide dalam mata pelajaran
yang lain sebagai alternatif dalam proses meningkatkan minat belajar
siswa.
2. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi dalam belajar agar minat belajar
yang didapatkan lebih baik.
3. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses
belajar mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan
maksimal.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi
untuk melakukan penelitian selanjutnya.
Ketersediaan
| STAR20220291 | 291/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
291/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
