Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Pada Anak Kelompok B Di Tk Islam Terpadu Al Azhar Lokananta Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Daring pada Anak Kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar
Lokananta Kecamatan Tanete Riattang Barat Kelurahan Macanang Kabupaten Bone.
Pokok masalah adalah bagaimana peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi
belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta,
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone dan bagaimana faktor pendukung
dan penghambat orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak
kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang
Barat Kabupaten Bone. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji peranan orang
tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam
Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone dan
untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam meningkatkan
motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar
Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah Field research yaitu suatu jenis penelitian yang
dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada di lapangan. Jenis
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan paedagogik,
pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis. Penelitian ini menggunakan teknik
analisis data dengan proses mereduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat empat peranan orang tua dalam
meningkatkan motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam Terpadu
Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, yaitu
a)Orang tua sebagai inspirator dengan menjadi model atau teladan bagi anak,
memberikan ide, dan saran kepada anak saat belajar daring, b) Orang tua sebagai
motivator yaitu orang tua memberikan Reward dan Punishment pada anak, c) Orang
tua sebagai fasilitator dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung saat
anak belajar daring dan, d) Orang tua sebagai pembimbing yaitu memberikan
bimbingan, arahan dan nasehat saat anak belajar daring. Faktor pendukung orang tua
dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam
Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone
yaitu adanya kerja sama antara keluarga dan adanya kedisiplinan dari orang tua.
Adapun faktor penghambat yang dialami orang tua dalam meningkatkan motivasi
belajar daring anak yaitu a) Kondisi anak, b) Aktivitas orang tua dan c) Lingkungan
sekitar anak saat belajar daring.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dengan judul peranan
orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK
Islam Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten
Bone. Maka yang menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai
berikut:
1. Terdapat empat peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring
pada anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan
Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, yaitu a) Orang tua sebagai inspirator
dengan menjadi model atau teladan bagi anak, memberikan ide, dan saran kepada
anak saat belajar daring, b) Orangtua sebagai motivator yaitu orang tua
memberikan Reward dan Punishment kepada anak, c) Orang tua sebagai
fasilitator dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung saat anak
belajar daring dan, d) Orang tua sebagai pembimbing yaitu memberikan
bimbingan, arahan dan nasehat saat anak belajar daring.
2. Faktor pendukung orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada
anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete
Riattang Barat, Kabupaten Bone yaitu adanya kerja sama antara keluarga dan
adanya kedisiplinan dari orang tua, adapun faktor penghambat yang dialami
orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring anak yaitu a) Kondisi
anak, b) Aktivitas orang tua dan c) Lingkungan sekitar anak saat belajar daring.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran sebagai berikut:
1. Kepada Guru, sebagai seorang guru mampu memperlihatkan kualitasnya
sebagai tenaga pengajar dengan memberikan beragam materi yang menarik
saat belajar daring dan memperhatikan aspek-aspek perkembangan anak saat
belajar.
2. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini TK Islam Terpadu Al Azhar
Lokananta agar dapat memberdayakan seluruh potensi guru dan sarana yang
dimliki oleh sekolah tersebut yang bermuarah pada peningkatan kualitas anak
saat belajar di sekolah maupun pada saat belajar daring dengan menyiapkan
media belajar pada setiap anak didik.
3. Kepada Orang tua, diharapkan dalam mendampingi anak belajar daring orang
tua mampu memanajemen waktu, menjalin komunikasi, memberikan
perhatian, kasih sayang dan memahami karakter anak saat belajar daring.
4. Kepada anak, diharapkan saat belajar daring anak bisa lebih aktif dan bisa
mengembangkan kreativitasnya walaupun saat bealajr daring.
5. Bagi para peneliti selanjutnya, sebaiknya bisa memberikan pengembangan
hasil temuan yang bersifat kebaharuan dalam penelitian berkaitan dengan
peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak.
Ketersediaan
STAR2022004646/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

46/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top