Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Pada Anak Kelompok B Di Tk Islam Terpadu Al Azhar Lokananta Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
Nuraisyah/02.18.6003 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Daring pada Anak Kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar
Lokananta Kecamatan Tanete Riattang Barat Kelurahan Macanang Kabupaten Bone.
Pokok masalah adalah bagaimana peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi
belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta,
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone dan bagaimana faktor pendukung
dan penghambat orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak
kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang
Barat Kabupaten Bone. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji peranan orang
tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam
Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone dan
untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam meningkatkan
motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar
Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah Field research yaitu suatu jenis penelitian yang
dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada di lapangan. Jenis
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan paedagogik,
pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis. Penelitian ini menggunakan teknik
analisis data dengan proses mereduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat empat peranan orang tua dalam
meningkatkan motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam Terpadu
Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, yaitu
a)Orang tua sebagai inspirator dengan menjadi model atau teladan bagi anak,
memberikan ide, dan saran kepada anak saat belajar daring, b) Orang tua sebagai
motivator yaitu orang tua memberikan Reward dan Punishment pada anak, c) Orang
tua sebagai fasilitator dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung saat
anak belajar daring dan, d) Orang tua sebagai pembimbing yaitu memberikan
bimbingan, arahan dan nasehat saat anak belajar daring. Faktor pendukung orang tua
dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam
Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone
yaitu adanya kerja sama antara keluarga dan adanya kedisiplinan dari orang tua.
Adapun faktor penghambat yang dialami orang tua dalam meningkatkan motivasi
belajar daring anak yaitu a) Kondisi anak, b) Aktivitas orang tua dan c) Lingkungan
sekitar anak saat belajar daring.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dengan judul peranan
orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK
Islam Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten
Bone. Maka yang menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai
berikut:
1. Terdapat empat peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring
pada anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan
Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, yaitu a) Orang tua sebagai inspirator
dengan menjadi model atau teladan bagi anak, memberikan ide, dan saran kepada
anak saat belajar daring, b) Orangtua sebagai motivator yaitu orang tua
memberikan Reward dan Punishment kepada anak, c) Orang tua sebagai
fasilitator dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung saat anak
belajar daring dan, d) Orang tua sebagai pembimbing yaitu memberikan
bimbingan, arahan dan nasehat saat anak belajar daring.
2. Faktor pendukung orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada
anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete
Riattang Barat, Kabupaten Bone yaitu adanya kerja sama antara keluarga dan
adanya kedisiplinan dari orang tua, adapun faktor penghambat yang dialami
orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring anak yaitu a) Kondisi
anak, b) Aktivitas orang tua dan c) Lingkungan sekitar anak saat belajar daring.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran sebagai berikut:
1. Kepada Guru, sebagai seorang guru mampu memperlihatkan kualitasnya
sebagai tenaga pengajar dengan memberikan beragam materi yang menarik
saat belajar daring dan memperhatikan aspek-aspek perkembangan anak saat
belajar.
2. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini TK Islam Terpadu Al Azhar
Lokananta agar dapat memberdayakan seluruh potensi guru dan sarana yang
dimliki oleh sekolah tersebut yang bermuarah pada peningkatan kualitas anak
saat belajar di sekolah maupun pada saat belajar daring dengan menyiapkan
media belajar pada setiap anak didik.
3. Kepada Orang tua, diharapkan dalam mendampingi anak belajar daring orang
tua mampu memanajemen waktu, menjalin komunikasi, memberikan
perhatian, kasih sayang dan memahami karakter anak saat belajar daring.
4. Kepada anak, diharapkan saat belajar daring anak bisa lebih aktif dan bisa
mengembangkan kreativitasnya walaupun saat bealajr daring.
5. Bagi para peneliti selanjutnya, sebaiknya bisa memberikan pengembangan
hasil temuan yang bersifat kebaharuan dalam penelitian berkaitan dengan
peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak.
Motivasi Belajar Daring pada Anak Kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar
Lokananta Kecamatan Tanete Riattang Barat Kelurahan Macanang Kabupaten Bone.
Pokok masalah adalah bagaimana peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi
belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta,
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone dan bagaimana faktor pendukung
dan penghambat orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak
kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang
Barat Kabupaten Bone. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji peranan orang
tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam
Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone dan
untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam meningkatkan
motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar
Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah Field research yaitu suatu jenis penelitian yang
dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada di lapangan. Jenis
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan paedagogik,
pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis. Penelitian ini menggunakan teknik
analisis data dengan proses mereduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat empat peranan orang tua dalam
meningkatkan motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam Terpadu
Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, yaitu
a)Orang tua sebagai inspirator dengan menjadi model atau teladan bagi anak,
memberikan ide, dan saran kepada anak saat belajar daring, b) Orang tua sebagai
motivator yaitu orang tua memberikan Reward dan Punishment pada anak, c) Orang
tua sebagai fasilitator dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung saat
anak belajar daring dan, d) Orang tua sebagai pembimbing yaitu memberikan
bimbingan, arahan dan nasehat saat anak belajar daring. Faktor pendukung orang tua
dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK Islam
Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone
yaitu adanya kerja sama antara keluarga dan adanya kedisiplinan dari orang tua.
Adapun faktor penghambat yang dialami orang tua dalam meningkatkan motivasi
belajar daring anak yaitu a) Kondisi anak, b) Aktivitas orang tua dan c) Lingkungan
sekitar anak saat belajar daring.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dengan judul peranan
orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak kelompok B di TK
Islam Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten
Bone. Maka yang menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai
berikut:
1. Terdapat empat peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring
pada anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan
Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, yaitu a) Orang tua sebagai inspirator
dengan menjadi model atau teladan bagi anak, memberikan ide, dan saran kepada
anak saat belajar daring, b) Orangtua sebagai motivator yaitu orang tua
memberikan Reward dan Punishment kepada anak, c) Orang tua sebagai
fasilitator dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung saat anak
belajar daring dan, d) Orang tua sebagai pembimbing yaitu memberikan
bimbingan, arahan dan nasehat saat anak belajar daring.
2. Faktor pendukung orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada
anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta, Kecamatan Tanete
Riattang Barat, Kabupaten Bone yaitu adanya kerja sama antara keluarga dan
adanya kedisiplinan dari orang tua, adapun faktor penghambat yang dialami
orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring anak yaitu a) Kondisi
anak, b) Aktivitas orang tua dan c) Lingkungan sekitar anak saat belajar daring.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran sebagai berikut:
1. Kepada Guru, sebagai seorang guru mampu memperlihatkan kualitasnya
sebagai tenaga pengajar dengan memberikan beragam materi yang menarik
saat belajar daring dan memperhatikan aspek-aspek perkembangan anak saat
belajar.
2. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini TK Islam Terpadu Al Azhar
Lokananta agar dapat memberdayakan seluruh potensi guru dan sarana yang
dimliki oleh sekolah tersebut yang bermuarah pada peningkatan kualitas anak
saat belajar di sekolah maupun pada saat belajar daring dengan menyiapkan
media belajar pada setiap anak didik.
3. Kepada Orang tua, diharapkan dalam mendampingi anak belajar daring orang
tua mampu memanajemen waktu, menjalin komunikasi, memberikan
perhatian, kasih sayang dan memahami karakter anak saat belajar daring.
4. Kepada anak, diharapkan saat belajar daring anak bisa lebih aktif dan bisa
mengembangkan kreativitasnya walaupun saat bealajr daring.
5. Bagi para peneliti selanjutnya, sebaiknya bisa memberikan pengembangan
hasil temuan yang bersifat kebaharuan dalam penelitian berkaitan dengan
peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada anak.
Ketersediaan
| STAR20220046 | 46/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
46/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
