Strategi Guru Dalam Pembelajaran Online Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik Di Madrasah Ibtidiyah (Mi) Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone
Fitriani/ 02.18.5082 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Guru Dalam
Pembelajaran Online Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik Di
Madrasah Ibtidiyah (MI) Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik
analisis data triangulasi yaitu dengan cara Meredukasi data, Mendiskripsikan data,
Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengembangkan karakter
peserta didik diperlukan pembiasaan sehingga apa yang siswa itu pelajari bisa
selalu diterapkan dalam kehidupan sehari- hari. Adapun strategi yang digunakan
untuk
menunjang
keberhasilan
mengembangkan
karakter
siswa
guru
menggunakan strategi pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning).
Pembelajaran Online dilakukan dengan memanfaatkan WhatsApp
sebagai media untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Media ini dipilih
karena akun dari WhatsApp yang digunakan siswa itu kebayakan masih milik
orang tua sehingga kecil kemungkinan untuk terjadi hal- hal yang tidak
diinginkan. Memancing kreativitas siswa dari hasil penelitian yang telah
dilakukan lebih efektif dilakukan dengan cara memberikan hal- hal baru yang
tidak pernah mereka temukan sebelumnya, dengan begitu peserta didik akan lebih
muda untuk menanggap serta memahami apa yang disampaikan oleh guru. Proses
pembelajaran dengan suasana yang baru guru mengambil langkah untuk
menggunakan strategi pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan materi yang
akan disampaikan guru memilih strategi pembelajaran kontekstual (Contextual
Teaching Learning), karena menurutnya startegi inilah yang cocok untuk
diterapkan dalam proses pembelajaran pada saat ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada
bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Selama proses pembalajaran ini tentu ada beberapa kendala yang dihadapi
oleh guru tetapi semua itu terbayarkan dengan melihat hasil dari proses
pembelajaran yang telah dilakukan yaitu sejauh ini cukup baik di lihat
bagaimana mereka menyapa guru dengan bahasa yang santun dan
sopan, menghargai pendapat temannya dan sebagainya, hal ini tidak
terlepas dari kita harus bekerja sama dengan orang tua untuk mengintrol
anak tersebut agar kemudian sikap dan karakternya berkembang, misalnya
kita selalu mengingatkan kepada mereka sholat dan beramal kebaikan dll.
2. Untuk mengembangkan karakter peserta didik diperlukan pembiasaan
sehingga apa yang siswa itu pelajari bisa selalu diterapkan dalam
kehidupan sehari- hari. Adapun strategi yang digunakan untuk menunjang
keberhasilan mengembangkan karakter siswa guru menggunakan strategi
pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning), Strategi Ini
merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan
antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan nyata, sehingga
peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil
belajar dalam kehidupan sehari- hari.
B. Saran
Adapun saran yang diusulkan penulis terhadap terkait dengan
penulisan skripsi ini, yakni jika bagi pembaca ada yang kurang mohon
masukan untuk melengkapi isi skripsi ini. Terima kasih yang sebesar-
besarnya.
Pembelajaran Online Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik Di
Madrasah Ibtidiyah (MI) Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik
analisis data triangulasi yaitu dengan cara Meredukasi data, Mendiskripsikan data,
Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengembangkan karakter
peserta didik diperlukan pembiasaan sehingga apa yang siswa itu pelajari bisa
selalu diterapkan dalam kehidupan sehari- hari. Adapun strategi yang digunakan
untuk
menunjang
keberhasilan
mengembangkan
karakter
siswa
guru
menggunakan strategi pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning).
Pembelajaran Online dilakukan dengan memanfaatkan WhatsApp
sebagai media untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Media ini dipilih
karena akun dari WhatsApp yang digunakan siswa itu kebayakan masih milik
orang tua sehingga kecil kemungkinan untuk terjadi hal- hal yang tidak
diinginkan. Memancing kreativitas siswa dari hasil penelitian yang telah
dilakukan lebih efektif dilakukan dengan cara memberikan hal- hal baru yang
tidak pernah mereka temukan sebelumnya, dengan begitu peserta didik akan lebih
muda untuk menanggap serta memahami apa yang disampaikan oleh guru. Proses
pembelajaran dengan suasana yang baru guru mengambil langkah untuk
menggunakan strategi pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan materi yang
akan disampaikan guru memilih strategi pembelajaran kontekstual (Contextual
Teaching Learning), karena menurutnya startegi inilah yang cocok untuk
diterapkan dalam proses pembelajaran pada saat ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada
bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Selama proses pembalajaran ini tentu ada beberapa kendala yang dihadapi
oleh guru tetapi semua itu terbayarkan dengan melihat hasil dari proses
pembelajaran yang telah dilakukan yaitu sejauh ini cukup baik di lihat
bagaimana mereka menyapa guru dengan bahasa yang santun dan
sopan, menghargai pendapat temannya dan sebagainya, hal ini tidak
terlepas dari kita harus bekerja sama dengan orang tua untuk mengintrol
anak tersebut agar kemudian sikap dan karakternya berkembang, misalnya
kita selalu mengingatkan kepada mereka sholat dan beramal kebaikan dll.
2. Untuk mengembangkan karakter peserta didik diperlukan pembiasaan
sehingga apa yang siswa itu pelajari bisa selalu diterapkan dalam
kehidupan sehari- hari. Adapun strategi yang digunakan untuk menunjang
keberhasilan mengembangkan karakter siswa guru menggunakan strategi
pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning), Strategi Ini
merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan
antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan nyata, sehingga
peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil
belajar dalam kehidupan sehari- hari.
B. Saran
Adapun saran yang diusulkan penulis terhadap terkait dengan
penulisan skripsi ini, yakni jika bagi pembaca ada yang kurang mohon
masukan untuk melengkapi isi skripsi ini. Terima kasih yang sebesar-
besarnya.
Ketersediaan
| STAR20220167 | 167/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
167/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
