Analisis Penetapan Pelayanan Bank Syariah Terhadap Masyarakat Melalui Mobile banking (Studi pada Nasabah Bank Syariah di Watampone)
Wahyudi Sukarmawan/01.16.3022 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang kemudahan transaksi melalui mobile banking.
Penelitian yang pernah dilakukan oleh beberapa peneliti belum ada yang membahas
tentang penetapan pelayanan bank syariah terhadap masyarakat melalui mobile
banking syariah. Oleh karena itu, penelitian ini hadir untuk membahas hal ini dan
merupakan penelitian yang pertama membahas tentang penetapan pelayanan bank
syariah terhadap masyarakat melalui mobile banking dalam hal sikap, norma
subjektif, dan persepsi kontrol perilaku sebagai variabel eksogen dan kemudahan
transaksi sebagai variabel endogen. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan
keilmuan ekonomi islam dengan pendekatan estimasi model yaitu Maximum
Likehood (ML) dengan 100-200 sampel dan menggunakan metode analisis Structural
Equation Model (SEM) dengan program Amos 24.
Berdasarkan dari hasil uji hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa
variabel sikap memiliki pengaruh yang signifikan positif terhadap kemudahan
transaksi, variabel norma subjektif memiliki pengaruh namun tidak signifikan
terhadap kemudahan transaksi, dan persepsi kontrol perilaku memiliki pengaruh
namun tidak signifikan terhadap kemudahan transaksi.
Kata kunci; kemudahan transaksi, sikap, norma subjektif, persepsi control
perilaku, (Structural Equation Modeling) SEM.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan
bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis variabel sikap, diperoleh nilai signifikansi
sebesar 0,004 ≤ 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa sikap sebagai variabel
eksogen memiliki pengaruh positif dan signifikan berhubungan terhadap
kemudahan transaksi sebagai variabel endogen dengan tingkat pengaruh sebesar
48%. Variabel norma subjektif, diperoleh nilai siginifikansi sebesar 0,571 ≥ 0,05.
Hal tersebut menunjukkan bahwa norma subjektif sebagai variabel eksogen
memiliki pengaruh namun tidak signifikan terhadap kemudahan transaksi sebagai
variabel endogen dengan tingkat pengaruh sebesar 2%. Variabel kontrol perilaku,
diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,356 ≥ 0,05. Hal tersebut menunjukkan
bahwa kontrol perilaku sebagai variabel eksogen memiliki pengaruh namun tidak
signifikan terhadap kemudahan transaksi sebagai variabel endogen dengan tingkat
pengaruh sebesar 12%. Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh, variabel yang paling
dominan berpengaruh terhadap kemudahan transaksi adalah sikap. Variabel sikap
menyisahkan tiga indokator yaitu keinginan, penilaian dan manfaat. Untuk
menetapkan pelayanan bank syariah terhadap masyarakat melalui mobile banking
dapat dilihat dari karakteristik masyarakat yang paling dominan seperti umur,
pekerjaan dan pendidikan terakhir.
B. Implikasi
Penelitian ini menunjukkan bahwa jika masyarakat lebih memperhatikan
perilaku dalam ekonomi islam dalam bertransaksi melalui mobile banking
syariah, dapat lebih meningkatkan pengguna mobile banking yang dapat
mengembangkan bank syariah serta meningkatkan kesadaran nasabah untuk
menggunakan mobile banking.
C. Saran
Peneliti menyadari bahwa di dalam penelitian ini tentu masih banyak
memiliki keterbatasan dan kekurangan. Dimana kuesioner pengumpulan data
hanya dibagikan melalui email dan media sosial kepada responden demi menjaga
protokol kesehatan yang disebabkan oleh mewabahnya penyakit viru Covid-19 di
tahun 2020 ini. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah supaya dapat menjadikan hasil
penelitian ini sebagai acuan untuk dikembangkan pada penelitian selanjutnya
ataupun dengan menambahkan variabel-variabel bebas lainnya dan meningkatkan
jumlah responden agar hasil penelitian dapat lebih dimaksimalkan lagi.
Saran untuk pihak perbankan syariah adalah supaya lebih meningkatkan
kemudahan pelayanan masyarakat melalui mobile banking syariah dalam
bertransaksi dan mengembangkan aplikasi mobile banking syariah yang dapat
membuat nasabah lebih mudah melakukan transaksi dari yang sebelumnya.
Penelitian yang pernah dilakukan oleh beberapa peneliti belum ada yang membahas
tentang penetapan pelayanan bank syariah terhadap masyarakat melalui mobile
banking syariah. Oleh karena itu, penelitian ini hadir untuk membahas hal ini dan
merupakan penelitian yang pertama membahas tentang penetapan pelayanan bank
syariah terhadap masyarakat melalui mobile banking dalam hal sikap, norma
subjektif, dan persepsi kontrol perilaku sebagai variabel eksogen dan kemudahan
transaksi sebagai variabel endogen. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan
keilmuan ekonomi islam dengan pendekatan estimasi model yaitu Maximum
Likehood (ML) dengan 100-200 sampel dan menggunakan metode analisis Structural
Equation Model (SEM) dengan program Amos 24.
Berdasarkan dari hasil uji hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa
variabel sikap memiliki pengaruh yang signifikan positif terhadap kemudahan
transaksi, variabel norma subjektif memiliki pengaruh namun tidak signifikan
terhadap kemudahan transaksi, dan persepsi kontrol perilaku memiliki pengaruh
namun tidak signifikan terhadap kemudahan transaksi.
Kata kunci; kemudahan transaksi, sikap, norma subjektif, persepsi control
perilaku, (Structural Equation Modeling) SEM.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan
bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis variabel sikap, diperoleh nilai signifikansi
sebesar 0,004 ≤ 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa sikap sebagai variabel
eksogen memiliki pengaruh positif dan signifikan berhubungan terhadap
kemudahan transaksi sebagai variabel endogen dengan tingkat pengaruh sebesar
48%. Variabel norma subjektif, diperoleh nilai siginifikansi sebesar 0,571 ≥ 0,05.
Hal tersebut menunjukkan bahwa norma subjektif sebagai variabel eksogen
memiliki pengaruh namun tidak signifikan terhadap kemudahan transaksi sebagai
variabel endogen dengan tingkat pengaruh sebesar 2%. Variabel kontrol perilaku,
diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,356 ≥ 0,05. Hal tersebut menunjukkan
bahwa kontrol perilaku sebagai variabel eksogen memiliki pengaruh namun tidak
signifikan terhadap kemudahan transaksi sebagai variabel endogen dengan tingkat
pengaruh sebesar 12%. Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh, variabel yang paling
dominan berpengaruh terhadap kemudahan transaksi adalah sikap. Variabel sikap
menyisahkan tiga indokator yaitu keinginan, penilaian dan manfaat. Untuk
menetapkan pelayanan bank syariah terhadap masyarakat melalui mobile banking
dapat dilihat dari karakteristik masyarakat yang paling dominan seperti umur,
pekerjaan dan pendidikan terakhir.
B. Implikasi
Penelitian ini menunjukkan bahwa jika masyarakat lebih memperhatikan
perilaku dalam ekonomi islam dalam bertransaksi melalui mobile banking
syariah, dapat lebih meningkatkan pengguna mobile banking yang dapat
mengembangkan bank syariah serta meningkatkan kesadaran nasabah untuk
menggunakan mobile banking.
C. Saran
Peneliti menyadari bahwa di dalam penelitian ini tentu masih banyak
memiliki keterbatasan dan kekurangan. Dimana kuesioner pengumpulan data
hanya dibagikan melalui email dan media sosial kepada responden demi menjaga
protokol kesehatan yang disebabkan oleh mewabahnya penyakit viru Covid-19 di
tahun 2020 ini. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah supaya dapat menjadikan hasil
penelitian ini sebagai acuan untuk dikembangkan pada penelitian selanjutnya
ataupun dengan menambahkan variabel-variabel bebas lainnya dan meningkatkan
jumlah responden agar hasil penelitian dapat lebih dimaksimalkan lagi.
Saran untuk pihak perbankan syariah adalah supaya lebih meningkatkan
kemudahan pelayanan masyarakat melalui mobile banking syariah dalam
bertransaksi dan mengembangkan aplikasi mobile banking syariah yang dapat
membuat nasabah lebih mudah melakukan transaksi dari yang sebelumnya.
Ketersediaan
| SFEBI20200080 | 80/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
80/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
