Pengaruh Penerapan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar SKI Pada Siswa Kelas III di MI Annurain Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone
Hardiana S/02.14.5036 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Pengaruh Penerapan Media Gambar Terhadap
Hasil Belajar SKI pada Siswa Kelas III di MI Annurain Lonrae Kec. Tanete Riattang
Timur Kab. Bone”. pokok permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah
Pengaruh penerapan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
SKI . Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
penerapan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI.
Penelitian ini menggunakan penelitian jenis analisis deskriftif kuantitatif
dengan desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pre-test dan Post-Test
(Eksperimen). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi dan
dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa kelas
III di MI Annurain Lonrae. Sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk
menggali data tentang pembelajaran SKI menggunakan media gambar dan aktivitas
siswa selama proses pembelajaran SKI. Kemudian dilakukan analisis data dengan
menggunakan analisis statistik dengan menggunakan analisis Uji t untuk mengetahui
pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengaruh penerapan media gambar
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas III MI Annurain
Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone dapat dilihat dari hasil analisis uji t
menunjukkan bahwa nilai thitung adalah 12,09 dan nilai ttabel yang diperoleh pada tabel
distribusi nilai t dengan taraf signifikansi 0,01 diperoleh nilai ttabel sebesar 2,83. Maka
dapat kita ketahui bahwa thitung adalah lebih besar daripada ttabel yaitu 12,09 > 2,83.
Hal ini berarti hipotesis diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh penerapan
media gambar terhadap hasil belajar SKI di kelas III MI Annurain Lonrae Kec.
Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
A.Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam
bab III mengenai pengaruh penerapan media gambar terhadap hasil belajar SKI pada
siswa kelas III di MI Annurai Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone. Maka
dapat disimpulkan sebagai berikut:
Bagaimana Pengaruh penererapan media gambar terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran SKI di kelas III MI Annurain Lonrae Kec. Tanete Riattang
Timur Kab. Bone dapat dilihat dari hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nilai thitung
adalah 12,09 dan nilai ttabel yang diperoleh pada tabel distribusi nilai t dengan taraf
signifikansi 0,01 diperoleh nilai ttabel sebesar 2,83. Maka dapat kita ketahui bahwa
thitung adalah lebih besar daripada ttabel yaitu 12,9 > 2,83. Hal ini berarti hipotesis
diterima.Dengan demikian terdapat pengaruh penerapan media gambar terhadap hasil
belajar SKI MI Annurain Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
A.Implikasi
1. Bagi MI Annurain Lonrae
Hendaknya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk lebih memfasilitasi
dan mendukung pengembangan media pembelajaran, mengingat pentingnya dan
bergunanya media dalam proses belajar mengajar karena dapat membantu siswa
dalam menerima materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.
2.Bagi Guru
Guru hendaknya lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran
salah satunya media gambar dalam kegiatan belajar mengajar. Dan lebih mampu
menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa sehingga
mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar dan mencapai hasil
belajar yang maksimal.
3.Bagi Siswa
Bagi para siswa hendaknya lebih meningkatkan konsentrasi, semangat dan
perhatian dalam pembelajaran pada mata pelajaran SKI agar dapat mencapai hasil
belajar yang maksimal.
Hasil Belajar SKI pada Siswa Kelas III di MI Annurain Lonrae Kec. Tanete Riattang
Timur Kab. Bone”. pokok permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah
Pengaruh penerapan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
SKI . Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
penerapan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI.
Penelitian ini menggunakan penelitian jenis analisis deskriftif kuantitatif
dengan desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pre-test dan Post-Test
(Eksperimen). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi dan
dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa kelas
III di MI Annurain Lonrae. Sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk
menggali data tentang pembelajaran SKI menggunakan media gambar dan aktivitas
siswa selama proses pembelajaran SKI. Kemudian dilakukan analisis data dengan
menggunakan analisis statistik dengan menggunakan analisis Uji t untuk mengetahui
pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengaruh penerapan media gambar
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas III MI Annurain
Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone dapat dilihat dari hasil analisis uji t
menunjukkan bahwa nilai thitung adalah 12,09 dan nilai ttabel yang diperoleh pada tabel
distribusi nilai t dengan taraf signifikansi 0,01 diperoleh nilai ttabel sebesar 2,83. Maka
dapat kita ketahui bahwa thitung adalah lebih besar daripada ttabel yaitu 12,09 > 2,83.
Hal ini berarti hipotesis diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh penerapan
media gambar terhadap hasil belajar SKI di kelas III MI Annurain Lonrae Kec.
Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
A.Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam
bab III mengenai pengaruh penerapan media gambar terhadap hasil belajar SKI pada
siswa kelas III di MI Annurai Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone. Maka
dapat disimpulkan sebagai berikut:
Bagaimana Pengaruh penererapan media gambar terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran SKI di kelas III MI Annurain Lonrae Kec. Tanete Riattang
Timur Kab. Bone dapat dilihat dari hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nilai thitung
adalah 12,09 dan nilai ttabel yang diperoleh pada tabel distribusi nilai t dengan taraf
signifikansi 0,01 diperoleh nilai ttabel sebesar 2,83. Maka dapat kita ketahui bahwa
thitung adalah lebih besar daripada ttabel yaitu 12,9 > 2,83. Hal ini berarti hipotesis
diterima.Dengan demikian terdapat pengaruh penerapan media gambar terhadap hasil
belajar SKI MI Annurain Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
A.Implikasi
1. Bagi MI Annurain Lonrae
Hendaknya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk lebih memfasilitasi
dan mendukung pengembangan media pembelajaran, mengingat pentingnya dan
bergunanya media dalam proses belajar mengajar karena dapat membantu siswa
dalam menerima materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.
2.Bagi Guru
Guru hendaknya lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran
salah satunya media gambar dalam kegiatan belajar mengajar. Dan lebih mampu
menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa sehingga
mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar dan mencapai hasil
belajar yang maksimal.
3.Bagi Siswa
Bagi para siswa hendaknya lebih meningkatkan konsentrasi, semangat dan
perhatian dalam pembelajaran pada mata pelajaran SKI agar dapat mencapai hasil
belajar yang maksimal.
Ketersediaan
| STAR20180330 | 330/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
330/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
