Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film Anime One Piece Arc Alabasta (Kajian Materi dan Metode Pembelajaran Akhlak di MAS AL-AMIN Kec. Kahu, Kab. Bone).
Rahmat Adnan Lira/02.18.1146 - Personal Name
Skripsi ini membahas Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film Anime One Piece Arc
Alabasta (Kajian Materi dan Metode Pembelajaran Akhlak di MAS AL-AMIN Kec.
Kahu, Kab. Bone) yang bertujuan memberikan jawaban terkait, 1) Nilai pendidikan
Islam pada film anime one piece arc alabasta, 2) Bentuk materi dan metode pendidikan
akhlak dalam film anime one piece arc alabasta, 3) Dampak nilai-nilai pendidikan
akhlak dalam film anime one piece arc alabasta bagi peserta didik MAS AL-AMIN
Kec. Kahu, Kab. Bone.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pustaka
(library research) yaitu melakukan pengamatan dan penelitian pada film anime one
piece arc alabasta dan penelitian lapangan (field research) kepada Kepala sekolah,
guru dan peserta didik MAS AL-AMIN Kec. Kahu, Kab. Bone yang bersifat kualitatif.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, pendekatan sosiologis dan
pendekatan psikologis.
Hasil yang ditemukan pada penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam dalam
film anime one piece arc alabasta yaitu, 1) Nilai I’tiqodiyah, 2) Nilai Khuluqiyyah.
Bentuk materi pendidikan akhlak yang ditunjukkan dalam film anime one piece arc
alabasta yaitu, 1) Akhlak kepada diri sendiri, di antaranya semangat menuntut ilmu
dan optimis pada kemampuan sendiri. 2) Akhlak kepada Allah swt, di antaranya ikhlas,
sabar dan bersyukur. 3) Akhlak kepada sesama manusia di antaranya saling
menghormati, tolong menolong, menepati janji, mengucap terima kasih ketika
mendapat bantuan dari orang lain, saling percaya/berbaik sangka, kasih sayang,
meminta maaf, melindungi orang lain, mendengarkan orang lain ketika berbicara.
Adapun metode pendidikan akhlak yang ditunjukkan dalam film anime one piece arc
alabasta yaitu metode praktik, metode ceramah, metode diskusi, metode peringatan
dan nasehat serta metode demonstrasi. Dampak nilai-nilai pendidikan akhlak dalam
film anime one piece arc alabasta bagi peserta didik MAS AL-AMIN Kec. Kahu, Kab.
Bone dapat dilihat pada perilaku sehari-hari siswa, seperti berbaik sangka kepada
sesama peserta didik, berperilaku baik kepada orang lain terutama guru dan sesama
peserta didik, santun terhadap guru, jujur dalam bersosial dan sebagainya. Hasil ini
diperoleh dari penelitian yang dilakukan kepada peserta didik serta informasi yang
diperoleh melalui wawancara kepada guru dan Kepala sekolah MAS AL-AMIN Kec.
Kahu, Kab. Bone
A. Kesimpulan
Dari paparan data hasil penelitian dan pembahasan, maka penulis dapat
mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Nilai-nilai pendidikan Islam yang ditunjukkan dalam film anime one piece arc
alabasta antara lain 1) nilai Khuluqiyah seperti keharusan untuk percaya pada
diri sendiri dan tidak banyak mengeluh. 2) nilai I’tiqodiyah seperti tolong
menolong.
2. Bentuk materi pendidikan akhlak yang ditunjukkan dalam film anime one piece
arc alabasta yaitu, 1) Akhlak kepada diri sendiri, di antaranya semangat
menuntut ilmu dan optimis pada kemampuan sendiri. 2) Akhlak kepada Allah
SWT, di antaranya ikhlas dan sabar, bersyukur. 3) Akhlak kepada sesama
manusia di antaranya saling menghormati, tolong menolong, menepati janji,
mengucap terima kasih ketika mendapat bantuan dari orang lain, saling
percaya/berbaik sangka, kasih sayang, meminta maaf, melindungi orang lain,
mendengarkan orang lain ketika berbicara. Adapun metode pendidikan akhlak
yang ditunjukkan dalam film anime one piece arc alabasta yaitu, metode
praktik, metode ceramah, metode diskusi, metode peringatan dan nasehat,
metode demonstrasi.
3. Dampak nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film anime one piece arc alabasta
bagi peserta didik MAS AL-AMIN Kec. Kahu, Kab. Bone dapat dilihat pada
perilaku siswa yang ditampakkan sehari-hari, seperti berperilaku baik kepada
orang lain dan sebagainya. Hal ini berdasarkan dari penelitian yang dilakukan
kepada peserta didik, guru akidah akhlak dan kepala sekolah MAS AL-AMIN
yang menjelaskan bahwa dampak yang ditimbulkan oleh tontonan kepada
peserta didik dapat dikatakan baik, karena dilihat dari tingkah laku dan akhlak
peserta didik ketika bersosial di lingkungan sekolah, seperti berperilaku baik,
gemar membantu, rajin, rapi dan disiplin.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka penyusun menyarankan:
1. Kepada peserta didik agar selektif dalam memilih jenis film yang akan ditonton
karena tidak semua jenis film layak untuk ditonton. Ada film yang mengajarkan
nilai-nilai pendidikan akhlak, film jenis ini yang seharusnya dijadikan sebagai
bahan tontonan dan ada pula film yang tidak mengajarkan nilai-nilai pendidikan
akhlak, film jenis ini yang seharusnya diabaikan.
2. Kepada orang tua diharapkan agar tetap memberikan pengawasan kepada
peserta didik dalam menentukan jenis film yang akan ditonton agar pilihan
tontonan peserta didik mampu mengarahkan dan memberikan contoh akhlak
yang baik kepada peserta didik.
3. Terkhusus kepada guru di sekolah diharapkan agar lebih mengembangkan
metode pembelajaran kepada peserta didik misalnya menyajikan film kemudian
dibungkus dengan pemahaman terkait nilai-nilai pendidikan akhlak agar proses
belajar mengajar menjadi menyenangkan dan lebih bervariasi sehingga siswa
tidak merasa jenuh dan menganggap pendidikan sebagai sesuatu yang
membosankan.
Alabasta (Kajian Materi dan Metode Pembelajaran Akhlak di MAS AL-AMIN Kec.
Kahu, Kab. Bone) yang bertujuan memberikan jawaban terkait, 1) Nilai pendidikan
Islam pada film anime one piece arc alabasta, 2) Bentuk materi dan metode pendidikan
akhlak dalam film anime one piece arc alabasta, 3) Dampak nilai-nilai pendidikan
akhlak dalam film anime one piece arc alabasta bagi peserta didik MAS AL-AMIN
Kec. Kahu, Kab. Bone.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pustaka
(library research) yaitu melakukan pengamatan dan penelitian pada film anime one
piece arc alabasta dan penelitian lapangan (field research) kepada Kepala sekolah,
guru dan peserta didik MAS AL-AMIN Kec. Kahu, Kab. Bone yang bersifat kualitatif.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, pendekatan sosiologis dan
pendekatan psikologis.
Hasil yang ditemukan pada penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam dalam
film anime one piece arc alabasta yaitu, 1) Nilai I’tiqodiyah, 2) Nilai Khuluqiyyah.
Bentuk materi pendidikan akhlak yang ditunjukkan dalam film anime one piece arc
alabasta yaitu, 1) Akhlak kepada diri sendiri, di antaranya semangat menuntut ilmu
dan optimis pada kemampuan sendiri. 2) Akhlak kepada Allah swt, di antaranya ikhlas,
sabar dan bersyukur. 3) Akhlak kepada sesama manusia di antaranya saling
menghormati, tolong menolong, menepati janji, mengucap terima kasih ketika
mendapat bantuan dari orang lain, saling percaya/berbaik sangka, kasih sayang,
meminta maaf, melindungi orang lain, mendengarkan orang lain ketika berbicara.
Adapun metode pendidikan akhlak yang ditunjukkan dalam film anime one piece arc
alabasta yaitu metode praktik, metode ceramah, metode diskusi, metode peringatan
dan nasehat serta metode demonstrasi. Dampak nilai-nilai pendidikan akhlak dalam
film anime one piece arc alabasta bagi peserta didik MAS AL-AMIN Kec. Kahu, Kab.
Bone dapat dilihat pada perilaku sehari-hari siswa, seperti berbaik sangka kepada
sesama peserta didik, berperilaku baik kepada orang lain terutama guru dan sesama
peserta didik, santun terhadap guru, jujur dalam bersosial dan sebagainya. Hasil ini
diperoleh dari penelitian yang dilakukan kepada peserta didik serta informasi yang
diperoleh melalui wawancara kepada guru dan Kepala sekolah MAS AL-AMIN Kec.
Kahu, Kab. Bone
A. Kesimpulan
Dari paparan data hasil penelitian dan pembahasan, maka penulis dapat
mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Nilai-nilai pendidikan Islam yang ditunjukkan dalam film anime one piece arc
alabasta antara lain 1) nilai Khuluqiyah seperti keharusan untuk percaya pada
diri sendiri dan tidak banyak mengeluh. 2) nilai I’tiqodiyah seperti tolong
menolong.
2. Bentuk materi pendidikan akhlak yang ditunjukkan dalam film anime one piece
arc alabasta yaitu, 1) Akhlak kepada diri sendiri, di antaranya semangat
menuntut ilmu dan optimis pada kemampuan sendiri. 2) Akhlak kepada Allah
SWT, di antaranya ikhlas dan sabar, bersyukur. 3) Akhlak kepada sesama
manusia di antaranya saling menghormati, tolong menolong, menepati janji,
mengucap terima kasih ketika mendapat bantuan dari orang lain, saling
percaya/berbaik sangka, kasih sayang, meminta maaf, melindungi orang lain,
mendengarkan orang lain ketika berbicara. Adapun metode pendidikan akhlak
yang ditunjukkan dalam film anime one piece arc alabasta yaitu, metode
praktik, metode ceramah, metode diskusi, metode peringatan dan nasehat,
metode demonstrasi.
3. Dampak nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film anime one piece arc alabasta
bagi peserta didik MAS AL-AMIN Kec. Kahu, Kab. Bone dapat dilihat pada
perilaku siswa yang ditampakkan sehari-hari, seperti berperilaku baik kepada
orang lain dan sebagainya. Hal ini berdasarkan dari penelitian yang dilakukan
kepada peserta didik, guru akidah akhlak dan kepala sekolah MAS AL-AMIN
yang menjelaskan bahwa dampak yang ditimbulkan oleh tontonan kepada
peserta didik dapat dikatakan baik, karena dilihat dari tingkah laku dan akhlak
peserta didik ketika bersosial di lingkungan sekolah, seperti berperilaku baik,
gemar membantu, rajin, rapi dan disiplin.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka penyusun menyarankan:
1. Kepada peserta didik agar selektif dalam memilih jenis film yang akan ditonton
karena tidak semua jenis film layak untuk ditonton. Ada film yang mengajarkan
nilai-nilai pendidikan akhlak, film jenis ini yang seharusnya dijadikan sebagai
bahan tontonan dan ada pula film yang tidak mengajarkan nilai-nilai pendidikan
akhlak, film jenis ini yang seharusnya diabaikan.
2. Kepada orang tua diharapkan agar tetap memberikan pengawasan kepada
peserta didik dalam menentukan jenis film yang akan ditonton agar pilihan
tontonan peserta didik mampu mengarahkan dan memberikan contoh akhlak
yang baik kepada peserta didik.
3. Terkhusus kepada guru di sekolah diharapkan agar lebih mengembangkan
metode pembelajaran kepada peserta didik misalnya menyajikan film kemudian
dibungkus dengan pemahaman terkait nilai-nilai pendidikan akhlak agar proses
belajar mengajar menjadi menyenangkan dan lebih bervariasi sehingga siswa
tidak merasa jenuh dan menganggap pendidikan sebagai sesuatu yang
membosankan.
Ketersediaan
| STAR20220220 | 220/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
220/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
