Penerapan Metode Reading Guide Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas V Sdn 129 Waempubbu Kecamatan Amali Kabupaten Bone
Dewi Syafitri/02.18.1060 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Reading Guide dalam
Meningkatkan Pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di
Kelas V SDN 129 Waempubbu Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Pokok
permasalahanya adalah apakah penerapan metode Reading Guide dapat
meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di
kelas V SDN 129 Waempubbu Kec. Amali Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman siswa dengan diterapkanya metode Reading Guide di
kelas V SDN 129 Waempubbu Kegunaan penelitian yang dilakukan adalah kegunaan
ilmiah dan kegunaan praktis.
Salah satu metode pembelajaran adalah Reading Guide. Metode Reading
Guide ini diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang kondusif dan
memudahkan peserta didik untuk fokus dalam memahami pelajaran yang
disampaikan guru. Metode Reading Guide akan membantu siswa untuk
menghilangkan sifat malas membaca karena metode ini menuntut siswa untuk
membaca materi yang diberikan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN yang berjumlah 13
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, Tes dan
dokumentasi,yaitu suatu metode yang digunakan dengan mendatangi lokasi
penelitian, dan mengadakan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis
penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuantitatif khususnya penelitian
eksperimen, dengan menggunakan pendekatan paedagogik, psikologis dan teologi
normatif. Teknik analisis data yang dilakukan adalah SPSS.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan Penerapan metode Reading Guide dalam pembelajaran yakni dengan
membagikan tes bacaan kepada siswa yang mana bacaan tersebut membimbing
jawaban pertanyaan yang harus di jawab oleh siswa berdasarkan isi bacaan sehingga
siswa akan terfokus dalam memahami dan diharapkan akan merangsang daya ingat
terhadap pelajaran yang disampaikan. Dan melalui penerapan metode Reading Guide
terdapat peningkatan pemahaman siswa dari sebelum tindakan. Pada sebelum
tindakan yang menggunakan metode konvensional pemahaman siswa hanya
mencapai 56,9 % dan setelah tindakan diberikan dengan menggunakan metode
Reading Guide mencapai 83,07 % . Berdasarkan hasil uji statistik tersebut dapat
diketahui bahwa nilai sig 2 tailed 0,007 < 0,05 maka sesuai dasar pengambilan
keputusan dalam uji independent sampel , maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha
diterima. Oleh karena itu, terdapat peningkatan pemahaman siswa setelah di terapkan
metode pembelajaran Reading Guide.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan metode reading guide pada mata pelajaran pendidikan agama Islam
dapat diketahui melalui proses pelaksanaanya. Pada penerapan metode
reading guide peneliti menempelkan gambar dipapan tulis pada materi
keteladanan para rasul, setelah itu menyuruh siswa untuk mengamati gambar
tersebut sambil mendengarkan penjelasan dari guru, kemudian guru
melakukan tanya jawab kepada siswa dan membagikan bahan bacaan dan
kisi- kisi pertanyaan setelah itu, guru menginstruksikan siswa untuk membaca
dan memahami isi bacaan, kemudian guru menyuruh siswa untuk
mengerjakan pertanyaan- pertanyaan yang telah dibagikan dan meminta
perwakilan siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya. Guru bersama
siswa membahasa materi secara bersama-sama.
2. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat di kemukakan bahwa
melalui penerapan metode reading guide terdapat peningkatan pemahaman
siswa dari sebelum tindakan. Sebelum menggunakan metode reading guide
nilai maksimun yaitu 80, nilai minimum yaitu 20, mean atau nilai rata- rata
yaitu, 56,92, modus yaitu 40, median yaitu 60, dan standar deviasi 19.74.
Sedangkan setelah menggunakan metode reading guide nilai maksimun yaitu
100, nilai minimum yaitu 60, mean atau nilai rata- rata yaitu, 83,07, modus
yaitu 80, median yaitu 80, dan standar deviasi 16.01. Sehingga jelas terdapat
peningkatan setelah di terapkan metode pembelajaran reading guide.
3. Berdasarkan hasil uji statistic tersebut dapat diketahui bahwa nilai sig 2 tailed
0,007 < 0,05 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent
sampel. Dan berdasarkan perhitungan juga di atas, di peroleh thitung = 3,282
sedangkan ttabel = 1,77. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung> ttabel, maka
dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, terdapat
peningkatan pemahaman siswa setelah di terapkan metode pembelajaran
reading guide.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan metode reading guide sebagai alternatif dalam
proses pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan proses
pembelajaran
2. Sebagai calon guru hendaknya mengetahui metode-metode pembelajaranagar
dapat meningkatkan semangat belajar siswa sehingga dapat berdampak pada
peningkatan mutu kualitas pendidikan.
3. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi belajar agar hasil belajar yang
didapatkan lebih baik.
4. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses belajar
mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan maksimal.
5. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang metode
pembelajaran reading guide.
Meningkatkan Pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di
Kelas V SDN 129 Waempubbu Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Pokok
permasalahanya adalah apakah penerapan metode Reading Guide dapat
meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di
kelas V SDN 129 Waempubbu Kec. Amali Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman siswa dengan diterapkanya metode Reading Guide di
kelas V SDN 129 Waempubbu Kegunaan penelitian yang dilakukan adalah kegunaan
ilmiah dan kegunaan praktis.
Salah satu metode pembelajaran adalah Reading Guide. Metode Reading
Guide ini diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang kondusif dan
memudahkan peserta didik untuk fokus dalam memahami pelajaran yang
disampaikan guru. Metode Reading Guide akan membantu siswa untuk
menghilangkan sifat malas membaca karena metode ini menuntut siswa untuk
membaca materi yang diberikan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN yang berjumlah 13
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, Tes dan
dokumentasi,yaitu suatu metode yang digunakan dengan mendatangi lokasi
penelitian, dan mengadakan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis
penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuantitatif khususnya penelitian
eksperimen, dengan menggunakan pendekatan paedagogik, psikologis dan teologi
normatif. Teknik analisis data yang dilakukan adalah SPSS.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan Penerapan metode Reading Guide dalam pembelajaran yakni dengan
membagikan tes bacaan kepada siswa yang mana bacaan tersebut membimbing
jawaban pertanyaan yang harus di jawab oleh siswa berdasarkan isi bacaan sehingga
siswa akan terfokus dalam memahami dan diharapkan akan merangsang daya ingat
terhadap pelajaran yang disampaikan. Dan melalui penerapan metode Reading Guide
terdapat peningkatan pemahaman siswa dari sebelum tindakan. Pada sebelum
tindakan yang menggunakan metode konvensional pemahaman siswa hanya
mencapai 56,9 % dan setelah tindakan diberikan dengan menggunakan metode
Reading Guide mencapai 83,07 % . Berdasarkan hasil uji statistik tersebut dapat
diketahui bahwa nilai sig 2 tailed 0,007 < 0,05 maka sesuai dasar pengambilan
keputusan dalam uji independent sampel , maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha
diterima. Oleh karena itu, terdapat peningkatan pemahaman siswa setelah di terapkan
metode pembelajaran Reading Guide.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan metode reading guide pada mata pelajaran pendidikan agama Islam
dapat diketahui melalui proses pelaksanaanya. Pada penerapan metode
reading guide peneliti menempelkan gambar dipapan tulis pada materi
keteladanan para rasul, setelah itu menyuruh siswa untuk mengamati gambar
tersebut sambil mendengarkan penjelasan dari guru, kemudian guru
melakukan tanya jawab kepada siswa dan membagikan bahan bacaan dan
kisi- kisi pertanyaan setelah itu, guru menginstruksikan siswa untuk membaca
dan memahami isi bacaan, kemudian guru menyuruh siswa untuk
mengerjakan pertanyaan- pertanyaan yang telah dibagikan dan meminta
perwakilan siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya. Guru bersama
siswa membahasa materi secara bersama-sama.
2. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat di kemukakan bahwa
melalui penerapan metode reading guide terdapat peningkatan pemahaman
siswa dari sebelum tindakan. Sebelum menggunakan metode reading guide
nilai maksimun yaitu 80, nilai minimum yaitu 20, mean atau nilai rata- rata
yaitu, 56,92, modus yaitu 40, median yaitu 60, dan standar deviasi 19.74.
Sedangkan setelah menggunakan metode reading guide nilai maksimun yaitu
100, nilai minimum yaitu 60, mean atau nilai rata- rata yaitu, 83,07, modus
yaitu 80, median yaitu 80, dan standar deviasi 16.01. Sehingga jelas terdapat
peningkatan setelah di terapkan metode pembelajaran reading guide.
3. Berdasarkan hasil uji statistic tersebut dapat diketahui bahwa nilai sig 2 tailed
0,007 < 0,05 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent
sampel. Dan berdasarkan perhitungan juga di atas, di peroleh thitung = 3,282
sedangkan ttabel = 1,77. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung> ttabel, maka
dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, terdapat
peningkatan pemahaman siswa setelah di terapkan metode pembelajaran
reading guide.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan metode reading guide sebagai alternatif dalam
proses pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan proses
pembelajaran
2. Sebagai calon guru hendaknya mengetahui metode-metode pembelajaranagar
dapat meningkatkan semangat belajar siswa sehingga dapat berdampak pada
peningkatan mutu kualitas pendidikan.
3. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi belajar agar hasil belajar yang
didapatkan lebih baik.
4. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses belajar
mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan maksimal.
5. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang metode
pembelajaran reading guide.
Ketersediaan
| STAR20220070 | 70/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
70/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
