Penerapan Metode Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI Ma Baytul Mukarromah Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone
Nur Mutia Ananda Az-zahra/ 02.18.1040 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang penerapan metode pembelajaran everyone
is teacher here dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata
pelajaran fikih kelas XI Ma Baytul Mukarromah Kec. Tanete Riattang Barat Kab.
Bone. Hal yang penting di kaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui penerapan
metode pembelajaran everyone is teacher here, dan untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran
everyone is teacher here pada mata pelajaran fikih kelas XI MA Baytul Mukarromah.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan paedagogik. Dengan menggunakan teknik observasi, tes,
dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik
komparatif dan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Metode pembelajaran everyone is
teacher here dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil penelitian yang telah
dilaksanakan, penerapan metode pembelajaran everyone is teacher here pada mata
pelajaran Fikih kelas XI dapat meningkatkan kemapuan berpikir kritis dan hasil
belajar siswa di MA Baytul Mukarromah. Hal ini dapat dilihat dari, 1) Pada tahap
siklus pertama, proses penelitian masih kurang efektif. Hal ini dikarenakan belum
terbiasanya peserta didik dalam menggunakan metode pembelajaran everyone is
teacher here selama proses pembelajaran dan kurangnya media pembelajaran yang
digunakan oleh peneliti. 2) Pada tahap siklus 2, proses penelitian telah berjalan
dengan baik dan peserta didik telah memahami prosedur metode pembelajaran
everyone is teacher here dengan melihat hasil tes kemampuan berpikir kritis dan hasil
belajar siswa yang berkembang secara signifikan. 3) Berdasarkan hasil penelitian
yang telah dilaksanakan, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata 85 dan persentase 86%. Pada
pratindakan nilai rata-rata siswa yaitu 38 dengan persentase 7,14% siswa yang hanya
berkemampuan berpikir kritis, setelah diberikan tindakan dengan menggunakan
metode pembelajaran everyone is teacher here pada siklus I diperoleh nilai rata-rata
siswa 58,2 dengan persentase 50% siswa yang cukup berpikir kritis. Pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata siswa 85 dengan persentase 86% siswa yang sangat berpikir
kritis dan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yang signifikan serta telah
mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.
Implikasi penelitian diharapkan semua pihak di dalam Madrasah
bekerjasama dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa sehingga
mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 2 siklus di MA
Baytul Mukarromah menggunakan metode pembelajaran everyone is a teacher here
dapat dikemukakan kesimpulan:
1. Pada tahap siklus pertama, proses penelitian masih kurang efektif. Hal ini
dikarenakan belum terbiasanya peserta didik dalam menggunakan metode
pembelajaran everyone is a teacher here selama proses pembelajaran dan
kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh peneliti.
2. Pada tahap siklus 2, proses penelitian telah berjalan dengan baik dan peserta
didik telah memahami prosedur metode pembelajaran everyone is a teacher
here dengan melihat hasil tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar
siswa yang berkembang secara signifikan.
3. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, kemampuan berpikir
kritis dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan perolehan nilai
rata-rata 85 dan persentase 86%. Pada pratindakan nilai rata-rata siswa yaitu
38 dengan persentase 7,14% siswa yang hanya berkemampuan berpikir
kritis, setelah diberikan tindakan dengan menggunakan metode pembelajaran
everyone is a teacher here pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 58,2
dengan persentase 50% siswa yang cukup berpikir kritis. Pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata siswa 85 dengan persentase 86% siswa yang sangat
berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yang
signifikan serta telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.
4. Dilihat dari teori tentang metode pembelajaran everyone is a teacher here
dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil penelitian yang telah
dilakasanakan, penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here
pada mata pelajaran Fikih kelas XI dapat meningkatkan kemapuan berpikir
kritis dan hasil belajar siswa di MA Baytul Mukarromah.
B. Saran
Dengan selesainya penelitian yang telah dilaksanakan peneliti di MA Baytul
Mukarromah, maka peneliti memberikan saran-saran berdasarkan penelitian dan hasil
penelitian yang telah dilaksanakan yaitu sebagai berikut:
1. Kepada kepala madrasah agar terus membantu guru Fiqih melalui kegiatan-
kegiatan sekolah maupun proses pembelajaran di kelas guna meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
2. Kepada guru-guru yang ada di MA Baytul Mukarromah terutama guru fiqih,
mampu memilih metode pembelajaran yang tepat, efektif, dan efisien
sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran serta mampu meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
3. Kepada seluruh siswa di MA Baytul Mukarromah hendaknya lebih
memperhatikan arahan guru, dan peka terhadap lingkungan sekitar.
Berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat
memudahkan dalam memahami materi pembelajaran yang dipaparkan oleh
guru
is teacher here dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata
pelajaran fikih kelas XI Ma Baytul Mukarromah Kec. Tanete Riattang Barat Kab.
Bone. Hal yang penting di kaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui penerapan
metode pembelajaran everyone is teacher here, dan untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran
everyone is teacher here pada mata pelajaran fikih kelas XI MA Baytul Mukarromah.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan paedagogik. Dengan menggunakan teknik observasi, tes,
dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik
komparatif dan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Metode pembelajaran everyone is
teacher here dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil penelitian yang telah
dilaksanakan, penerapan metode pembelajaran everyone is teacher here pada mata
pelajaran Fikih kelas XI dapat meningkatkan kemapuan berpikir kritis dan hasil
belajar siswa di MA Baytul Mukarromah. Hal ini dapat dilihat dari, 1) Pada tahap
siklus pertama, proses penelitian masih kurang efektif. Hal ini dikarenakan belum
terbiasanya peserta didik dalam menggunakan metode pembelajaran everyone is
teacher here selama proses pembelajaran dan kurangnya media pembelajaran yang
digunakan oleh peneliti. 2) Pada tahap siklus 2, proses penelitian telah berjalan
dengan baik dan peserta didik telah memahami prosedur metode pembelajaran
everyone is teacher here dengan melihat hasil tes kemampuan berpikir kritis dan hasil
belajar siswa yang berkembang secara signifikan. 3) Berdasarkan hasil penelitian
yang telah dilaksanakan, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata 85 dan persentase 86%. Pada
pratindakan nilai rata-rata siswa yaitu 38 dengan persentase 7,14% siswa yang hanya
berkemampuan berpikir kritis, setelah diberikan tindakan dengan menggunakan
metode pembelajaran everyone is teacher here pada siklus I diperoleh nilai rata-rata
siswa 58,2 dengan persentase 50% siswa yang cukup berpikir kritis. Pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata siswa 85 dengan persentase 86% siswa yang sangat berpikir
kritis dan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yang signifikan serta telah
mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.
Implikasi penelitian diharapkan semua pihak di dalam Madrasah
bekerjasama dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa sehingga
mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 2 siklus di MA
Baytul Mukarromah menggunakan metode pembelajaran everyone is a teacher here
dapat dikemukakan kesimpulan:
1. Pada tahap siklus pertama, proses penelitian masih kurang efektif. Hal ini
dikarenakan belum terbiasanya peserta didik dalam menggunakan metode
pembelajaran everyone is a teacher here selama proses pembelajaran dan
kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh peneliti.
2. Pada tahap siklus 2, proses penelitian telah berjalan dengan baik dan peserta
didik telah memahami prosedur metode pembelajaran everyone is a teacher
here dengan melihat hasil tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar
siswa yang berkembang secara signifikan.
3. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, kemampuan berpikir
kritis dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan perolehan nilai
rata-rata 85 dan persentase 86%. Pada pratindakan nilai rata-rata siswa yaitu
38 dengan persentase 7,14% siswa yang hanya berkemampuan berpikir
kritis, setelah diberikan tindakan dengan menggunakan metode pembelajaran
everyone is a teacher here pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 58,2
dengan persentase 50% siswa yang cukup berpikir kritis. Pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata siswa 85 dengan persentase 86% siswa yang sangat
berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yang
signifikan serta telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.
4. Dilihat dari teori tentang metode pembelajaran everyone is a teacher here
dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil penelitian yang telah
dilakasanakan, penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here
pada mata pelajaran Fikih kelas XI dapat meningkatkan kemapuan berpikir
kritis dan hasil belajar siswa di MA Baytul Mukarromah.
B. Saran
Dengan selesainya penelitian yang telah dilaksanakan peneliti di MA Baytul
Mukarromah, maka peneliti memberikan saran-saran berdasarkan penelitian dan hasil
penelitian yang telah dilaksanakan yaitu sebagai berikut:
1. Kepada kepala madrasah agar terus membantu guru Fiqih melalui kegiatan-
kegiatan sekolah maupun proses pembelajaran di kelas guna meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
2. Kepada guru-guru yang ada di MA Baytul Mukarromah terutama guru fiqih,
mampu memilih metode pembelajaran yang tepat, efektif, dan efisien
sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran serta mampu meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
3. Kepada seluruh siswa di MA Baytul Mukarromah hendaknya lebih
memperhatikan arahan guru, dan peka terhadap lingkungan sekitar.
Berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat
memudahkan dalam memahami materi pembelajaran yang dipaparkan oleh
guru
Ketersediaan
| STAR20220039 | 39/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
39/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
