Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umrah di PT. Mahabbul Karim di Kabupaten Bone
Andi Aulia Wulansari/01.16.5029 - Personal Name
h Umah di PT. Mahabbul Karim di Kabupaten Bone adapun rumusan masalah
yang dibahas skripsi ini yaitu: 1).Bagaimana peluang dalam meningkatkan jumlah
jamaah umrah pada PT. Mahabbul Karim? 2).Bagaimana tantangan yang dihadapi
dari fakor internal maupun eksternal dalam meningkatkan jumlah jamaah umrah pada
PT. Mahabbul Karim? 3).Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan dalam
meningkatkan jumlah jamaah umrah pada PT. Mahabbul Karim? Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer dan data skunder, pengumpulan dilakukan dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Data dianalisi menggunakan tahapan yaitu reduksi data, data display,
serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan peluang PT. Mahabbul Karim dalam
meningkatkan jumlah jaamaah yaitu merupakan salah satu trvel yang sudah
mengantongi izin usaha umrah dan haji khusus dari departemen agama dan salah satu
travel yang berkantor pusat di kabupaten bone. Adapun tantanganya yang di hadapi
yaitu banyak travel-travel lain yang menawarkan harga murah, Selain itu adapun dari
faktor internal yaitu pernah ada beberapa jamaah yang merasa kecewa atas pelayanan
yang diberikan oleh Pimpinan PT. Mahabbul Karim sewaktu ikut mendampingi
jamaah, faktor eksternalnya adanya virus covid-19 yang mengakibatkan akses
perjalan haji dan umrah ditutup dan mengakibatkan keberangkatan jamaah umrah
ditunda, dan untuk menghadapi persaingan dengan travel-travel lain, PT. Mahabbul
Karim melakukan strategi pemasaran yang berbeda. Strategi pemasaran yang
dilakukan oleh PT Mahabbul Karim yaitu menggunakan konsep bauran pemasaran
yang terdiri dari, produk yang ditawarkan yaitu umrah reguler, umrah plus city tour
haji khusus dan ticketing online. Harga yang ditawarkan berbeda-beda tergantung
paket yang dipilih jamaah yaitu paket 9 hari, 12 hari dan 13 hari. Tempat atau lokasi
PT. Mahabbul Karim sangat strategis, karena tempatnya mudah dijangkau. Promosi
yang dilakukan yaitu terdiri dari media cetak dan media elektronik, serta promosi
secara door to door atau dari mulut ke mulut. Proses pemasaran PT. Mahabbul Karim
yaitu selalu ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk jamaahnya mulai dari
pada saat calon jamaah melakukan pendaftaran, pada saat jamaah diberangkatkan
ketanah suci dan sampai jamaah dipulangkan kembali ketanah air. Orang atau
karyawan yang ada di PT. Mahabbul Karim sudah mencakup dari tingkat keloyalan,
kinerja dan juga attitude yang baik. Serta bukti fisik atau penampilan dari Kantor PT.
Mahabbul Karim juga sangat baik karena bangunan kantor yang bersih dan luas
dengan fasilitas kantor yang memadai.
A. Kesimpulan
Berdasarkan analisis dari hasil penelitian ini maka penulis menyimpulkan
sebagai berikut :
1. PT. Mahabbul Karim merupakan biro perjalanan haji dan umrah yang telah
menerapkan strategi marketing yang sudah berjalan dengan baik, mapan,
profesional, jujur dan amanah. Dilihat dari segi melakukan pemasaran
produknya kepada masyarakat selalu mengedepankan sikap jujur dan apa
adanya selain itu PT. Mahabbul Karim selalu ingin memberikan pelayan yang
terbaik kepada jamaahnya agar jamaah bisa merasa puas. Adapun strategi
pemasaran yang diterapkan oleh PT. Mahabbul Karim yaitu: Peluang dalam
meningkatkan jumlah jamaah umrah pada PT. Mahabbul Karim, yaitu PT.
Mahabbul Karim merupakan salah satu travel yang berkantor pusat di bone dan
telah mengantongi izin umrah dan haji dari Departemen Agama seperti travel
travel yang lain.
2. Tantangan yang dihadapi PT. Mahabbul Karim yaitu terdiri dari dua faktor,
faktor internal dan faktor eksternal. Tantangan atau kendala yang saat ini
dihadapi oleh PT. Mahabbul Karim salah satunya banyaknya travel-travel lain
yang menawarkan harga murah tanpa menjelaskan terlebih dahulu produk dan
pelayaan yang yang diberikan hanya demi merekrut calon jamaah, berbeda
dengan PT. Mahabbul Karim yang justru selalu mengedepankan sikap jujur dan
amanah dalam menawarkan produknya kepada masyarakat seperti halnya
menjelaskan terlebih dahulu kepada calon jamaah terakait dengan produk-
produk serta pelayan yang akan diberikan nantinya dan terlebih juga
menjeleskan spesifikasi harga yang ditawarkan kepada calon jamaah. Selain itu
tantangan dari faktor internal yang dihadapi oleh PT. Mahabbul Karim yaitu
adanya beberapa jamaah yang kurang puas atas pelayanan yang diberikan oleh
Pimpinan PT. Mahabbul Karim yaitu H. Karim sewaktu ikut mendampingi
jamaah umrah. Dan faktor eksternal yang di hadapi oleh PT. Mahabbul Karim
yaitu adanya virus corona (covid -19) yang mengakibatkan perjalan umrah
ditutup untuk sementara waktu dan akan kembali di buka setelah ada kebijakan
dari Arab Saudi untuk membuka akses perjalan haji dan umrah, dan dalam
menghadapi perasaingan PT. Mahabbul Karim mempromosikan produknya
bebeda dengan travel-travel lain yaitu dengan mengandalkan promosi melalui
mulut ke mulut (mouth of mouth) selain itu dalam mempromosikan produknya
PT. Mahabbul Karim selalu mengedepankan sikap jujur dan apadanya, dan
selalu menjaga kualitas pelayanannya agar mampu memberikan yan terbaik
untuk jamaahnya agar mereka merasa nyaman dan puas.
3. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Mahabbul Karim yaitu
menggunakan konsep Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dengan menjelaskan
produk, harga, tempat dan juga promosi. Adapun produk yang ditawarkan oleh
PT. Mahabbul Karim yang pertama, umrah reguler yang terdiri dari tigas jenis
paket yaitu pake 9 hari, 12 hari dan juga 13 hari. kedua. umrah plus city tour
dimana jenis umrah ini yaitu melakukan perjalan umrah dengan tambahan
negara yang sudah ditentukan oleh PT. Mahabbul Karim, yang ketiga, haji
khusus dan hai reguler dan selain itu Produk yang ditawarkan oleh PT
Mahabbul Karim yaitu Ticketing online. Dari segi harga, harga yang
ditawarkan oleh PT. Mahabbul Karim tergantung dengan paket yang dipilih
oleh jamaah seperti paket 9 hari, 12 hari dan 13 hari tentunya harganya berbeda
tergantung dari jumlah harinya. Dari segi tempat, lokasi PT. Mahabbul Karim
sudah sangat startegis dan sangat mudah untuk dijangkau oleh masyarakat. Dan
dalam mempromosikan produknya PT. Mahabbul Karim menggunakan media
cetak dan media elektronik. Ptromosi yang dilakukan melalui media cetak
sepeti, surat kabar, brosur dan baliho/spanduk yang dipasang di tempat staretgis
yang mudah dijangkau oleh masyarakat, dan promosi melalui media elektronik
seperti Radio, Tv serta memanfaatkan media sosial melalui Facebook,
Instagram dan Blog. Proses pemasaran PT. Mahabbul Karim yaitu ingin selalu
memberikan pelayanan yang terbaik untuk jamaahnya mulai dari pada saat
calon jamaah melakukan pendafatar, pada saat jamaah diberangkatan ketanah
suci dan pada saat jamaah dipulangkan kembali ketanah air. Orang atau
karyawan yang ada di PT. Mahabbul Karim sudah mencakup dari tingkat
keloyalan, kinerja dan juga attitude, dilihat pada saat karyawan PT. Mahabbul
Karim memberikan pelayan yang terbaik untuk jamaahnya. Dan bukti fisik atau
penampilan dari Kantor PT. Mahabbul Karim juga sangat bagus karena
bagunan kantor yang luas dari mulai halaman tempat parkir yang luas, serta isi
didalam kantor juga lengkap seperti meja kantor dilengkapi dengan komputer
dan kursi yang sudah tertata rapi serta dimeja kantor juga disediakan brosur
terkait dengan produkp-produk yang ditawarkan PT. Mahabbul Karim ,
beberapa kursi untuk jamaah serta suasana kantor yang nyaman bersih dan
dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC. Dan didalam kantor juga
terdapat spanduk yang dan juga tersedia beberapa spot foto kekenian apabila
ada jamaah yang ingin mengambil foto.
B. Saran
Saran yang ditulis oleh penulis ini semoga dapat memberikan masukan yang
membangun, berguna dan menjadi motivasi bagi PT. Mahabbul Karim untuk lebih
meningkatkan kemajuan perusahaan dalam penilaian produk perusahaan dimata
masyarakat sehinga dapat merekrut jamaah dan pelanggan dengan pelayanan,
bimbingan, serta perlindungan yang baik dan berkualitas dan mampu memberikan
kepuasan bagi jamaah.
Adapun saran-saran yang penulis tulis untuk PT. Mahabbul Karim sebagai
berikut :
1. Dalam strategi pemasarannya bukan hanya melakukan promosi dengan media
cetak dan media elektronik tetapi PT. Mahabbul Karim harus menciptakan
inovasi baru dalam mempromosikan produknya dengan cara membuat even
atau pameran agar antusias masyarakat lebih tinggi lagi untuk melakukan
ibadah umrah dan menggunakan jasa travel PT. Mahabbul Karim.
2. PT. Mahabbul Karim harus lebih mengoptimalkan promosi umrah kepada
masyarakat baik dalam media cetak maupun elektronik. Serta memasang
baliho atau spanduk di setiap tempat atau daerah agar dapat dijangkau lebih
banyak lagi oleh masyarakat.
3. PT. Mahabbul Karim harus sesekali mengadakan sistem promo yang menarik
kepada masyarakat, seperti memberikan penawaran harga yang murah bagi
jamaah yang membantu dalam mempromosikan produknya.
yang dibahas skripsi ini yaitu: 1).Bagaimana peluang dalam meningkatkan jumlah
jamaah umrah pada PT. Mahabbul Karim? 2).Bagaimana tantangan yang dihadapi
dari fakor internal maupun eksternal dalam meningkatkan jumlah jamaah umrah pada
PT. Mahabbul Karim? 3).Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan dalam
meningkatkan jumlah jamaah umrah pada PT. Mahabbul Karim? Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer dan data skunder, pengumpulan dilakukan dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Data dianalisi menggunakan tahapan yaitu reduksi data, data display,
serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan peluang PT. Mahabbul Karim dalam
meningkatkan jumlah jaamaah yaitu merupakan salah satu trvel yang sudah
mengantongi izin usaha umrah dan haji khusus dari departemen agama dan salah satu
travel yang berkantor pusat di kabupaten bone. Adapun tantanganya yang di hadapi
yaitu banyak travel-travel lain yang menawarkan harga murah, Selain itu adapun dari
faktor internal yaitu pernah ada beberapa jamaah yang merasa kecewa atas pelayanan
yang diberikan oleh Pimpinan PT. Mahabbul Karim sewaktu ikut mendampingi
jamaah, faktor eksternalnya adanya virus covid-19 yang mengakibatkan akses
perjalan haji dan umrah ditutup dan mengakibatkan keberangkatan jamaah umrah
ditunda, dan untuk menghadapi persaingan dengan travel-travel lain, PT. Mahabbul
Karim melakukan strategi pemasaran yang berbeda. Strategi pemasaran yang
dilakukan oleh PT Mahabbul Karim yaitu menggunakan konsep bauran pemasaran
yang terdiri dari, produk yang ditawarkan yaitu umrah reguler, umrah plus city tour
haji khusus dan ticketing online. Harga yang ditawarkan berbeda-beda tergantung
paket yang dipilih jamaah yaitu paket 9 hari, 12 hari dan 13 hari. Tempat atau lokasi
PT. Mahabbul Karim sangat strategis, karena tempatnya mudah dijangkau. Promosi
yang dilakukan yaitu terdiri dari media cetak dan media elektronik, serta promosi
secara door to door atau dari mulut ke mulut. Proses pemasaran PT. Mahabbul Karim
yaitu selalu ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk jamaahnya mulai dari
pada saat calon jamaah melakukan pendaftaran, pada saat jamaah diberangkatkan
ketanah suci dan sampai jamaah dipulangkan kembali ketanah air. Orang atau
karyawan yang ada di PT. Mahabbul Karim sudah mencakup dari tingkat keloyalan,
kinerja dan juga attitude yang baik. Serta bukti fisik atau penampilan dari Kantor PT.
Mahabbul Karim juga sangat baik karena bangunan kantor yang bersih dan luas
dengan fasilitas kantor yang memadai.
A. Kesimpulan
Berdasarkan analisis dari hasil penelitian ini maka penulis menyimpulkan
sebagai berikut :
1. PT. Mahabbul Karim merupakan biro perjalanan haji dan umrah yang telah
menerapkan strategi marketing yang sudah berjalan dengan baik, mapan,
profesional, jujur dan amanah. Dilihat dari segi melakukan pemasaran
produknya kepada masyarakat selalu mengedepankan sikap jujur dan apa
adanya selain itu PT. Mahabbul Karim selalu ingin memberikan pelayan yang
terbaik kepada jamaahnya agar jamaah bisa merasa puas. Adapun strategi
pemasaran yang diterapkan oleh PT. Mahabbul Karim yaitu: Peluang dalam
meningkatkan jumlah jamaah umrah pada PT. Mahabbul Karim, yaitu PT.
Mahabbul Karim merupakan salah satu travel yang berkantor pusat di bone dan
telah mengantongi izin umrah dan haji dari Departemen Agama seperti travel
travel yang lain.
2. Tantangan yang dihadapi PT. Mahabbul Karim yaitu terdiri dari dua faktor,
faktor internal dan faktor eksternal. Tantangan atau kendala yang saat ini
dihadapi oleh PT. Mahabbul Karim salah satunya banyaknya travel-travel lain
yang menawarkan harga murah tanpa menjelaskan terlebih dahulu produk dan
pelayaan yang yang diberikan hanya demi merekrut calon jamaah, berbeda
dengan PT. Mahabbul Karim yang justru selalu mengedepankan sikap jujur dan
amanah dalam menawarkan produknya kepada masyarakat seperti halnya
menjelaskan terlebih dahulu kepada calon jamaah terakait dengan produk-
produk serta pelayan yang akan diberikan nantinya dan terlebih juga
menjeleskan spesifikasi harga yang ditawarkan kepada calon jamaah. Selain itu
tantangan dari faktor internal yang dihadapi oleh PT. Mahabbul Karim yaitu
adanya beberapa jamaah yang kurang puas atas pelayanan yang diberikan oleh
Pimpinan PT. Mahabbul Karim yaitu H. Karim sewaktu ikut mendampingi
jamaah umrah. Dan faktor eksternal yang di hadapi oleh PT. Mahabbul Karim
yaitu adanya virus corona (covid -19) yang mengakibatkan perjalan umrah
ditutup untuk sementara waktu dan akan kembali di buka setelah ada kebijakan
dari Arab Saudi untuk membuka akses perjalan haji dan umrah, dan dalam
menghadapi perasaingan PT. Mahabbul Karim mempromosikan produknya
bebeda dengan travel-travel lain yaitu dengan mengandalkan promosi melalui
mulut ke mulut (mouth of mouth) selain itu dalam mempromosikan produknya
PT. Mahabbul Karim selalu mengedepankan sikap jujur dan apadanya, dan
selalu menjaga kualitas pelayanannya agar mampu memberikan yan terbaik
untuk jamaahnya agar mereka merasa nyaman dan puas.
3. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Mahabbul Karim yaitu
menggunakan konsep Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dengan menjelaskan
produk, harga, tempat dan juga promosi. Adapun produk yang ditawarkan oleh
PT. Mahabbul Karim yang pertama, umrah reguler yang terdiri dari tigas jenis
paket yaitu pake 9 hari, 12 hari dan juga 13 hari. kedua. umrah plus city tour
dimana jenis umrah ini yaitu melakukan perjalan umrah dengan tambahan
negara yang sudah ditentukan oleh PT. Mahabbul Karim, yang ketiga, haji
khusus dan hai reguler dan selain itu Produk yang ditawarkan oleh PT
Mahabbul Karim yaitu Ticketing online. Dari segi harga, harga yang
ditawarkan oleh PT. Mahabbul Karim tergantung dengan paket yang dipilih
oleh jamaah seperti paket 9 hari, 12 hari dan 13 hari tentunya harganya berbeda
tergantung dari jumlah harinya. Dari segi tempat, lokasi PT. Mahabbul Karim
sudah sangat startegis dan sangat mudah untuk dijangkau oleh masyarakat. Dan
dalam mempromosikan produknya PT. Mahabbul Karim menggunakan media
cetak dan media elektronik. Ptromosi yang dilakukan melalui media cetak
sepeti, surat kabar, brosur dan baliho/spanduk yang dipasang di tempat staretgis
yang mudah dijangkau oleh masyarakat, dan promosi melalui media elektronik
seperti Radio, Tv serta memanfaatkan media sosial melalui Facebook,
Instagram dan Blog. Proses pemasaran PT. Mahabbul Karim yaitu ingin selalu
memberikan pelayanan yang terbaik untuk jamaahnya mulai dari pada saat
calon jamaah melakukan pendafatar, pada saat jamaah diberangkatan ketanah
suci dan pada saat jamaah dipulangkan kembali ketanah air. Orang atau
karyawan yang ada di PT. Mahabbul Karim sudah mencakup dari tingkat
keloyalan, kinerja dan juga attitude, dilihat pada saat karyawan PT. Mahabbul
Karim memberikan pelayan yang terbaik untuk jamaahnya. Dan bukti fisik atau
penampilan dari Kantor PT. Mahabbul Karim juga sangat bagus karena
bagunan kantor yang luas dari mulai halaman tempat parkir yang luas, serta isi
didalam kantor juga lengkap seperti meja kantor dilengkapi dengan komputer
dan kursi yang sudah tertata rapi serta dimeja kantor juga disediakan brosur
terkait dengan produkp-produk yang ditawarkan PT. Mahabbul Karim ,
beberapa kursi untuk jamaah serta suasana kantor yang nyaman bersih dan
dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC. Dan didalam kantor juga
terdapat spanduk yang dan juga tersedia beberapa spot foto kekenian apabila
ada jamaah yang ingin mengambil foto.
B. Saran
Saran yang ditulis oleh penulis ini semoga dapat memberikan masukan yang
membangun, berguna dan menjadi motivasi bagi PT. Mahabbul Karim untuk lebih
meningkatkan kemajuan perusahaan dalam penilaian produk perusahaan dimata
masyarakat sehinga dapat merekrut jamaah dan pelanggan dengan pelayanan,
bimbingan, serta perlindungan yang baik dan berkualitas dan mampu memberikan
kepuasan bagi jamaah.
Adapun saran-saran yang penulis tulis untuk PT. Mahabbul Karim sebagai
berikut :
1. Dalam strategi pemasarannya bukan hanya melakukan promosi dengan media
cetak dan media elektronik tetapi PT. Mahabbul Karim harus menciptakan
inovasi baru dalam mempromosikan produknya dengan cara membuat even
atau pameran agar antusias masyarakat lebih tinggi lagi untuk melakukan
ibadah umrah dan menggunakan jasa travel PT. Mahabbul Karim.
2. PT. Mahabbul Karim harus lebih mengoptimalkan promosi umrah kepada
masyarakat baik dalam media cetak maupun elektronik. Serta memasang
baliho atau spanduk di setiap tempat atau daerah agar dapat dijangkau lebih
banyak lagi oleh masyarakat.
3. PT. Mahabbul Karim harus sesekali mengadakan sistem promo yang menarik
kepada masyarakat, seperti memberikan penawaran harga yang murah bagi
jamaah yang membantu dalam mempromosikan produknya.
Ketersediaan
| SFEBI20200071 | 71/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
71/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
