Penerapan Metode Qira’ati pada Pembelajaran Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TK TPA Jannatul Firdaus BTN Bone Biru Indah Permai

No image available for this title
Skripsi ini membahas penerapan metode qira’ati pada pembelajaran al-qur’an
dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TK TPA Jannatul
Firdaus BTN Bone Biru Indah Permai. Tujuan penelitian ini adalah untuk
memperoleh gambaran objektif mengenai penerapan, strategi TK TPA Jannatul
Firdaus dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an, serta
kendala yang dihadapi dalam proses penerapan metode qira’ati.
Penelitian ini menggunakan metode riset lapangan (field research) yaitu
metode yang digunakan dengan jalan melakukan penelitian terhadap objek yang
diteliti dengan metode wawancara, oberservasi dan dokumentasi. Adapun sumber
data dalam penilitian ini yaitu Tenaga Pengajar serta Pengurus TK TPA Jannatul
Firdus. Data yang sudah terkumpul dari hasil penelitian dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Bentuk penerapan metode qiro’ati di
TK TPA Jannatul firdaus, yang pertama pra jilid kegiatan pembelajaran dikelas. Pra
jilid diawali dengan salam, membaca surah Al-Fatihah bersama-sama, dan membaca
Ta’awudz dan basmalah. Setelah itu ustadzah mengenalkan makharijul huruf
contohnya ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن و ﻫ ي ء . Kemudian
santri mengikuti bacaan ustadzah dengan serempak, sesekali ustadzah menyuruh
salah satu santri untuk membaca sendiri. Setelah pembelajaran dengan pengenalan
makhorijul huruf selesai, santri melanjutkan membaca jilid/kitab Qiroati satu-persatu
secara bergantian. Setelah semua murid membaca secara bergantian, diakhir
pembelajaran ustadzah kembali mengevaluasi sejauh mana kemampuan santri
mengingat pelajaran sebelum pulang. 2) Strategi penerapan metode qira’ati pada
pembelajaran al-qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TK
TPA ini ada beberapa strategi yang yang dilaksanakan antaranya individual,
bimbingan, klasikal baca simak dan evaluasi pembelajaran. Selain itu strategi yang
dilakukan Ustadazah terlebih dahulu mengatur waktu pelajaran yang digunakan
misalkan 15 menit membaca secara bersama-sama dan waktu selebihnya di gunakan
oleh santri untuk maju membaca secara satu persatu dan santri lainnya menyimak. 3)
Ada dua faktor yang dihadapi dalam proses penerapan metode ini, yaitu faktor
internal dan ekternal. Dimana faktor internalnya berasal dari santrinya itu sendiri.
Sedangkan untuk faktor eksternalnya berasal dari orang tua, dan sarana serta
prasarananya.
. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian-uraian yang telah dijelaskan dari bab sebelumnya
maka ditarik sebuah kesimpulan sebagai berikut:
1. Bentuk Penerapan Metode Qira’ati pada Pembelajaran Al-Qur’an dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TK TPA Jannatul
Firdaus BTN Bone Biru Indah Permai
Bentuk penerapan metode qiro’ati di TK TPA Jannatul firdaus Yang
pertama pra jilid kegiatan pembelajaran dikelas. Pra jilid diawali dengan
salam, membaca surah Al-Fatihah bersama-sama, dan membaca Ta’awudz
dan basmalah. Setelah itu ustadzah mengenalkan makharijul huruf contohnya ا
ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن و ﻫ ي ء . Kemudian santri
mengikuti bacaan ustadzah dengan serempak, sesekali ustadzah menyuruh
salah satu santri untuk membaca sendiri. Setelah pembelajaran dengan
pengenalan makhorijul huruf selesai, santri melanjutkan membaca jilid/kitab
Qiroati satu-persatu secara bergantian. Setelah semua murid membaca secara
bergantian, diakhir pembelajaran ustadzah kembali mengevaluasi sejauh mana
kemampuan santri mengingat pelajaran sebelum pulang.
2. Strategi Penerapan Metode Qira’ati pada Pembelajaran Al-Qur’an dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TK TPA Jannatul
Firdaus BTN Bone Biru Indah Permai
Strategi penerapan metode qira’ati pada pembelajaran al-qur’an dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TK TPA ini ada beberapa
strategi yang yang dilaksanakan antaranya individual, bimbingan, klasikal
baca simak dan evaluasi pembelajaran. Selain itu strategi yang dilakukan
Ustadazah terlebih dahulu mengatur waktu pelajaran yang digunakan
misalkan 15 menit membaca secara bersama-sama dan waktu selebihnya di
gunakan oleh santri untuk maju membaca secara satu persatu dan santri
lainnya menyimak.
3. Kendala yang dihadapi Guru dalam Menerapkan Metode Qira’ati pada
Pembelajaran Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-
Qur’an Santri TK TPA Jannatul Firdaus BTN Bone Biru Indah Permai
Dalam penerapan suatu metode, termasuk metode Qiroati, tentunya
ada kendala tersendiri yang dihadapi oleh tenaga pengajar dalam menerapkan
metode ini dalam mencapai hasil yang maksimal. Meskipun metode ini
tergolong metode yang cukup mudah untuk diterapkan, namun apabila
disepelekan maka hasilnya tidak akan bisa maksimal. Ada dua faktor yang
dihadapi dalam proses penerapan metode ini, yaitu faktor internal dan
ekternal. Dimana faktor internalnya berasal dari santrinya itu sendiri.
Sedangkan untuk faktor eksternalnya berasal dari orang tua, dan sarana serta
prasarananya.
B. Implikasi
Tanpa mengurasi rasa hormat kepada semua pihak yang berkompeten dalam
TK TPA Jannatul Firdaus dengan rendah hati penulis memberikan saran demi
terlaksannya tujuan dari TK TPA yaitu memperkukuh integrasi nasional, terbinanya
watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertaqwa, mencerdaskan kehidupan
bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dalam rangka membangun masyarakat
yang mandiri, demokratis, adil dan sejahtera dalam meningkatkan kualitas
kemampuan membaca Al-Qur’an santri. Adapun saran-saran dari penulis yaitu:
1. Diharapkan untuk terus memperbaiki kualitas pendidik yang lebih baik dan
profesional dan memperbaharui sarana dan prasaran untuk menambah
kemudaha peserta didik dalam proses pembelajaran.
2. Bagi tenaga pengajar, hendaknya selalu meningkatkan kualitas diri sebagai
pengajar Qira’ati di TK TPA Jannatul Firdaus. Selain itu it uterus
memperhatikan perkembangan santri dan kesulitan—kesulitan dalam proses
pembelajaran.
3. Terus menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua santri agar dapat
memperhatikan dan memotivasi putra-putrinya agar lebih semangat dan
bersungguh-sungguh dalam belajar di TK TPA Jannatul Firdaus.
Ketersediaan
STAR20230171171/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

171/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top