Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Tipe Active Knowledge Sharing Pada Mi Nurul Hikma Pajalele Kec.Tellusiattinge Kab. Bone Studi Kasus Pada Kelas Vi Mata Pelajaran Qur’an Hadist
Imal Fitrah Askub/ 02.18.10.69 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Implemetasi Model pembelajaran
Cooperative Tipe Active Knowledge Sharing Dalam Meningkatkan Pemahaman
Siswa MI Nurul Hikma Pajalele”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni
untuk mengetahui tentang Peran Model pembelajaran dan konstribusi Metode
pembelajaran setelah menerapkan model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan
pemahaman siswa kelas VI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Nurul Hikma
Pajalele Kec.Tellusiattinge Kab.Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologis,
paedagogis, psikologis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk model pembelajaran yang
digunakan MI Nurul Hikma Pajalele adalah Cooperative Tipe Active Knowledge
Sharing. Model pembelejaran ini sangat membantu peserta didik dalam memahami
materi pembelajaran selain itu guru lebih dekat berinteraksi ataupun adanya feed back
antara peserta didik dan pendidik. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan adanya
kemampuan siswa memberikan pendapat dan menjelaskan sebuah materi dari hasil
kerja sama atapun saling bertukar fikiran dengan sesama peserta didik,dapat dilihat
dari aspek pengetahuan dan motivasi yang membuat siswa lebih bersemangat dalam
proses pembelajaran dan lebih mudah memahami pelajaran dengan adanya model
pembelajaran diterapkan kepada siswa sebagai bekal yang akan berguna bagi siswa
dimasa yang akan datang.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian tentang “Implementasi Model Pembelajaran
Cooperative Tipe Active Knowledge Sharing dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa
MI Nurul Hikma Pajalele Kec.Tellusiatinge Kab.Bone” sebagai berikut:
1. Kelebihan Model ini sangat membantu dan memudahkan guru dalam proses
pembelajaran tidak hanya itu model pembelajaran tersebut sangat membantu
siswa dalam pembelajaran. Merujuk dari kesimpulan diatas Jelas bahwa
Implementasi model Pembelajaran Cooperative tipe Active Knowledge Sharing
tentunya sudah berjalan dengan lancar dan memberikan sumbangsi peningkatan
pemahaman siswa kelas VI di sekolah MI Nurul Hikmah Pajalele.begitu
adanaya kekurangan yang muncul pada model pembelajaran tersebut yaitu
peserta didik nutuh waktu untuk memahami ktahapan tahapan yang di sajikan
pada model Cooperative Tipe Active Knowledge Sharing.
2. Faktor Penghambat dalam model Cooperative tipe Active Knowledge Sharing
yaitu tidak maksimalnya sikap cepat tanggap dan kurangnya media pembantu
dalam penerapan model tersebut dikarenakan peserta didik lebih tertarik jika
dalam pembelajaran bisa melihat suatu objek yang nyata dan hal itu yang
menjadi daya tarik peserta didik dalam menerima dan menerapkan model
pembelajaran tersebut.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan hasilnya,
menyarankan bahwa:
1. Guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis diharapkan mampu menggunakan model
pembelajaran di kelas-kelas lain.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru-guru tentang penerapan model pembelajaran
Cooperative Tipe Active Knowledge Sharing yang baik dan benar dalam
meningkatkan pemahaman siswa.
Cooperative Tipe Active Knowledge Sharing Dalam Meningkatkan Pemahaman
Siswa MI Nurul Hikma Pajalele”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni
untuk mengetahui tentang Peran Model pembelajaran dan konstribusi Metode
pembelajaran setelah menerapkan model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan
pemahaman siswa kelas VI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Nurul Hikma
Pajalele Kec.Tellusiattinge Kab.Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologis,
paedagogis, psikologis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk model pembelajaran yang
digunakan MI Nurul Hikma Pajalele adalah Cooperative Tipe Active Knowledge
Sharing. Model pembelejaran ini sangat membantu peserta didik dalam memahami
materi pembelajaran selain itu guru lebih dekat berinteraksi ataupun adanya feed back
antara peserta didik dan pendidik. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan adanya
kemampuan siswa memberikan pendapat dan menjelaskan sebuah materi dari hasil
kerja sama atapun saling bertukar fikiran dengan sesama peserta didik,dapat dilihat
dari aspek pengetahuan dan motivasi yang membuat siswa lebih bersemangat dalam
proses pembelajaran dan lebih mudah memahami pelajaran dengan adanya model
pembelajaran diterapkan kepada siswa sebagai bekal yang akan berguna bagi siswa
dimasa yang akan datang.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian tentang “Implementasi Model Pembelajaran
Cooperative Tipe Active Knowledge Sharing dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa
MI Nurul Hikma Pajalele Kec.Tellusiatinge Kab.Bone” sebagai berikut:
1. Kelebihan Model ini sangat membantu dan memudahkan guru dalam proses
pembelajaran tidak hanya itu model pembelajaran tersebut sangat membantu
siswa dalam pembelajaran. Merujuk dari kesimpulan diatas Jelas bahwa
Implementasi model Pembelajaran Cooperative tipe Active Knowledge Sharing
tentunya sudah berjalan dengan lancar dan memberikan sumbangsi peningkatan
pemahaman siswa kelas VI di sekolah MI Nurul Hikmah Pajalele.begitu
adanaya kekurangan yang muncul pada model pembelajaran tersebut yaitu
peserta didik nutuh waktu untuk memahami ktahapan tahapan yang di sajikan
pada model Cooperative Tipe Active Knowledge Sharing.
2. Faktor Penghambat dalam model Cooperative tipe Active Knowledge Sharing
yaitu tidak maksimalnya sikap cepat tanggap dan kurangnya media pembantu
dalam penerapan model tersebut dikarenakan peserta didik lebih tertarik jika
dalam pembelajaran bisa melihat suatu objek yang nyata dan hal itu yang
menjadi daya tarik peserta didik dalam menerima dan menerapkan model
pembelajaran tersebut.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan hasilnya,
menyarankan bahwa:
1. Guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis diharapkan mampu menggunakan model
pembelajaran di kelas-kelas lain.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru-guru tentang penerapan model pembelajaran
Cooperative Tipe Active Knowledge Sharing yang baik dan benar dalam
meningkatkan pemahaman siswa.
Ketersediaan
| STAR20220020 | 20/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
20/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
