Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Dekisa Pada Novel Hapalan Shalat Delisa
Asniar/02.17.5027 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Nilai Pendidikan Karakter Pada
Novel Hafalan Shalat Delisa”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu:
Pertama, Bagaimana karakter tokoh Delisa yang ada di dalam Novel Hafalan Shalat
Delisa, Kedua, Bagaimana pendidikan karakter pada novel Hafalan Shalat Delisa
karya Tere Liye. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kepustakaan. Penelitian Pustaka adalah kegiatan penelitian dilakukan
dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam
material yang ada di perpustakaan seperti buku referensi, Hasil penelitian yang
ditemukan adalah sebagai berikut: Pertama, Karakter tokoh delisa atau konflik batin
tokoh Delisa dalam Novel Hafalan Shalat Delisa. Delisa merindukan ibunya dan
saudaranya, Delisa ketakutan melihat mayat Tiur, Harapan Delisa untuk tetap hidup,
Delisa ingin tinggal bersama ibunya, Delisa kesulitan menghafal bacaan shalat.
Delisa adalah seorang anak berusia 6 tahun yang hidup bersama Ummi dan ketiga
kakaknya di kota Lhok Nga.
Kedua, Nilai karakter tersebut antara lain adalah sikap nilai religius, jujur,
toleransi, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai
prestasi, cinta damai, gemar membaca, peduli ingkungan, peduli sosial, dan
tanggung jawab. Nilai nilai tersebut harus tercermin dalam pola bertingkah laku
dalam masyarakat.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat di simpulkan
sebagai berikut:
1. Novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye mengisahkan tentang
perjuangan seorang gadis kecil bernama Delisa dalam menjaga hafalan
shalat dan menjalankan ibadah sholat di tengah-tengah tragedi tsunami 26
Desember 2004 yang terjadi di Aceh Berikut adalah struktur novel ini
Pengenalan tokoh utama, Delisa, seorang anak perempuan yang ceria dan
penuh semangat. Tokoh dan penokohan Delisa dia adalah sosok gadis
yang pemalas, manja, baik, suka memberi dan pantang menyerah,
Mitchell menggunakan alur campuran dengan cara yang kompleks dan
inovatif.
2. Nilai-Nilai pendidikan karakter yang menonjol dalam novel Hafalan
Shalat Delisa adalah religius, jujur, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu,
bersahabat dan komunikatif, cinta damai.
a. Religius dalam novel Hafalan Shalat Delisa ditunjukan oleh Delisa
yang selalu mengingat Allah ketika hendak memulai sesuatu dengan
mengucapkan taawudz dan bismillah.
b. Jujur dalam novel Hafalan Shalat Delisa ditunjukkan oleh sikap Delisa
yang selau berkata apa adanya ketika datang terlambat ke meunasah
karena harus piket terlebih dahulu di sekolah dan ungkapan kasih
sayang Ummi kepada anaknya.
43
c. Kerja keras dalam novel Hafalan Shalat Delisa ditunjukkan oleh sikap
Delisa yang selau berusaha untuk menghafal bacaan shalat dan
berusaha melakukan shalat dengan sempurna meskipun tsunami
melanda Aceh.
d. Mandiri dalam novel Hafalan Shalat Delisa ditunjukkan oleh sikap
Delisa yang harus melakukan pekerjaannya sendiri tanpa bantuan
orang lain setelah Delisa kehilangan ibu dan saudaranya.
e. Rasa ingin tahu dalam novel Hafalan Shalat Delisa ditunjukkan oleh
sikap Delisa yang selau banyak bertanya untuk mengetahui suatu hal
yang belum Delisa ketahui.
f. Bersahabat dan komunikatif dalam novel Hafalan Shalat Delisa
ditunjukkan oleh sikap Delisa yang nudah bergaul dengan siapa saja
dan dapat bekerja sama dengan yang lain.
g. Cinta damai dalam novel Hafalan Shalat Delisa ditunjukkan oleh sikap
Delisa yang berbuat baik kepada Umam meskipun Delisa selalu
diganggu oleh Umam.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian mengenai Nilai Pendidikan Karakter Pada
Novel Hafalan Shalat Delisa, maka saran yang penulis sampaikan adalah sebagai
berikut:
1. Diharapkan kepada pembaca buka hanya sekedar membaca novel tapi
diharapkan memitik hal yang penting didalamnya dan diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Diharapkan kepada pembaca bahwa bukan hanya media sosial
memnjadi bahan meningkatkan karakter tapi karya sastra juga penting
dalam meningkatkan nilai-nilai karakter.
3. Diharapkan kepada pembaca memitik hal positif yang ada di dalam
novel Hafalan Shalat Delisa.
Novel Hafalan Shalat Delisa”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu:
Pertama, Bagaimana karakter tokoh Delisa yang ada di dalam Novel Hafalan Shalat
Delisa, Kedua, Bagaimana pendidikan karakter pada novel Hafalan Shalat Delisa
karya Tere Liye. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kepustakaan. Penelitian Pustaka adalah kegiatan penelitian dilakukan
dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam
material yang ada di perpustakaan seperti buku referensi, Hasil penelitian yang
ditemukan adalah sebagai berikut: Pertama, Karakter tokoh delisa atau konflik batin
tokoh Delisa dalam Novel Hafalan Shalat Delisa. Delisa merindukan ibunya dan
saudaranya, Delisa ketakutan melihat mayat Tiur, Harapan Delisa untuk tetap hidup,
Delisa ingin tinggal bersama ibunya, Delisa kesulitan menghafal bacaan shalat.
Delisa adalah seorang anak berusia 6 tahun yang hidup bersama Ummi dan ketiga
kakaknya di kota Lhok Nga.
Kedua, Nilai karakter tersebut antara lain adalah sikap nilai religius, jujur,
toleransi, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai
prestasi, cinta damai, gemar membaca, peduli ingkungan, peduli sosial, dan
tanggung jawab. Nilai nilai tersebut harus tercermin dalam pola bertingkah laku
dalam masyarakat.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat di simpulkan
sebagai berikut:
1. Novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye mengisahkan tentang
perjuangan seorang gadis kecil bernama Delisa dalam menjaga hafalan
shalat dan menjalankan ibadah sholat di tengah-tengah tragedi tsunami 26
Desember 2004 yang terjadi di Aceh Berikut adalah struktur novel ini
Pengenalan tokoh utama, Delisa, seorang anak perempuan yang ceria dan
penuh semangat. Tokoh dan penokohan Delisa dia adalah sosok gadis
yang pemalas, manja, baik, suka memberi dan pantang menyerah,
Mitchell menggunakan alur campuran dengan cara yang kompleks dan
inovatif.
2. Nilai-Nilai pendidikan karakter yang menonjol dalam novel Hafalan
Shalat Delisa adalah religius, jujur, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu,
bersahabat dan komunikatif, cinta damai.
a. Religius dalam novel Hafalan Shalat Delisa ditunjukan oleh Delisa
yang selalu mengingat Allah ketika hendak memulai sesuatu dengan
mengucapkan taawudz dan bismillah.
b. Jujur dalam novel Hafalan Shalat Delisa ditunjukkan oleh sikap Delisa
yang selau berkata apa adanya ketika datang terlambat ke meunasah
karena harus piket terlebih dahulu di sekolah dan ungkapan kasih
sayang Ummi kepada anaknya.
43
c. Kerja keras dalam novel Hafalan Shalat Delisa ditunjukkan oleh sikap
Delisa yang selau berusaha untuk menghafal bacaan shalat dan
berusaha melakukan shalat dengan sempurna meskipun tsunami
melanda Aceh.
d. Mandiri dalam novel Hafalan Shalat Delisa ditunjukkan oleh sikap
Delisa yang harus melakukan pekerjaannya sendiri tanpa bantuan
orang lain setelah Delisa kehilangan ibu dan saudaranya.
e. Rasa ingin tahu dalam novel Hafalan Shalat Delisa ditunjukkan oleh
sikap Delisa yang selau banyak bertanya untuk mengetahui suatu hal
yang belum Delisa ketahui.
f. Bersahabat dan komunikatif dalam novel Hafalan Shalat Delisa
ditunjukkan oleh sikap Delisa yang nudah bergaul dengan siapa saja
dan dapat bekerja sama dengan yang lain.
g. Cinta damai dalam novel Hafalan Shalat Delisa ditunjukkan oleh sikap
Delisa yang berbuat baik kepada Umam meskipun Delisa selalu
diganggu oleh Umam.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian mengenai Nilai Pendidikan Karakter Pada
Novel Hafalan Shalat Delisa, maka saran yang penulis sampaikan adalah sebagai
berikut:
1. Diharapkan kepada pembaca buka hanya sekedar membaca novel tapi
diharapkan memitik hal yang penting didalamnya dan diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Diharapkan kepada pembaca bahwa bukan hanya media sosial
memnjadi bahan meningkatkan karakter tapi karya sastra juga penting
dalam meningkatkan nilai-nilai karakter.
3. Diharapkan kepada pembaca memitik hal positif yang ada di dalam
novel Hafalan Shalat Delisa.
Ketersediaan
| STAR20230412 | 412/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
412/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
