Penggunaan Instant Messanging (Whatsapp) sebagai Promosi Barang Dagangan Online bagi Reseller (Studi Kasus Filmy Shop Kabupaten Bone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang “Penggunaan Instant Messanging (Whatsapp)
sebagai Promosi Barang Dagangan Online bagi Reseller (Studi Kasus Filmy Shop
Kabupaten Bone)”. Penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui komunikasi
reseller Filmy Shop Kabupaten Bone dalam mempromosikan barang dagangan di
whatsapp. Kedua, untuk mengetahui hambatan yang dihadapi reseller Filmy Shop
Kabupaten Bone dalam mempromosikan barang dagangan di whatsapp. Ketiga,
untuk mengetahui upaya yang dilakukan reseller Filmy Shop Kabupaten Bone dalam
menghadapi hambatan dalam mempromosikan barang dagangan di whatsapp.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research)
dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh di analisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif yang terdiri dari
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan whatsapp sebagai promosi
barang dagangan online bagi reseller Filmy Shop Kabupaten Bone, yakni: Pertama,
Komunikasi reseller Filmy Shop Kabupaten Bone dalam mempromosikan barang
dagangan di whatsapp berupa komunikasi mengenai barang yang dipromosikan atau
diperjualbelikan. Komunikasi yang terjadi antara reseller dengan pembeli merupakan
komunikasi bisnis, dengan mengikuti 7 prinsip agar komunikasi bisa berjalan secara
efektif, yaitu Completeness, Conciseness, Concretness, Consideration, Clarity,
Courtesy,Correctness. Kedua, hambatan yang dialami reseller Filmy Shop
Kabupaten Bone dalam mempromosikan barang dagangan di whatsapp yakni kuota
internet dan jaringan, jangkauan konsumen yang terbatas, dan complain dari
konsumen. Ketiga, upaya yang dilakukan oleh reseller Filmy Shop Kabupaten Bone
menghadapi hambatan dalam mempromosikan barang dagangan yaitu dengan cara
konsisten dalam melakukan promosi di whatsapp, kemudian menggunakan media
lain seperti instagram dan facebook untuk menjangkau konsumen secara luas dan
selalu menjaga komunikasi yang baik dengan konsumen untuk menarik minat
konsumen.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian-uraian yang telah dijelaskan dari bab sebelumnya,
maka penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan, yaitu:
1. Komunikasi reseller Filmy Shop Kabupaten Bone dalam memanfaatkan
whatsapp sebagai media promosi barang dagangan yakni berupa komunikasi
mengenai barang yang dipromosikan atau diperjualbelikan. Komunikasi
yang terjadi antara reseller dengan pembeli melalui media whatsapp ini
merupakan komunikasi bisnis. Komunikasi yang terjadi antara reseller
dengan pembeli merupakan komunikasi bisnis, dengan mengikuti 7 prinsip
agar komunikasi bisa berjalan secara efektif, yaitu Completeness,
Conciseness, Concretness, Consideration, Clarity, Courtesy, Correctness.
Komunikasi bisnis sangat penting karena dengan tehnik komunikasi bisnis
yang tepat maka akan meyakinkan dan memberi kepercayaan kepada
audience/ pembeli yang mendengarkannya, baik melalui komunikasi verbal
dan komunikasi nonverbal. Kelancaran komunikasi antara reseller dengan
pembeli tergantung bagaimana reseller bisa fast respon ketika pembeli
bertanya mengenai barang yang dipromosikan. Seorang reseller juga harus
memperhatikan etika komunikasi yang baik ketika sedang menjelaskan
mengenai barang yang dipromosikan kepada para calon pembeli.
Keterampilan berkomunikasi seorang reseller akan sangat mempengaruhi
tingkat ketertarikan pembeli terhadap barang yang dipromosikan tersebut.
2. Hambatan yang dialami reseller Filmy Shop Kabupaten Bone dalam mempromosikan barang dagangan di whatsapp yakni kuota internet dan jaringan, jangkauan konsumen yang terbatas, dan complain dari konsumen. Ketiga hal tersebut yang menjadi hambatan yang paling sering dialami oleh
reseller Filmy Shop Kabupaten Bone dalam melakukan promosi.
3. Upaya yang dilakukan oleh reseller Filmy Shop Kabupaten Bone menghadapi hambatan dalam mempromosikan barang dagangan yaitu dengan cara konsisten dalam melakukan promosi di whatsapp, kemudian menggunakan media lain seperti instagram dan facebook untuk menjangkau
konsumen secara luas dan selalu menjaga komunikasi yang baik dengan
konsumen.
Ketersediaan
SDKU2020001515/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

15/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi DKU

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top