Implementasi Strategi Pembelajaran Team Quiz dalam Keaktifan Belajar Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V MIN 8 Bone Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas implementasi strategi pembelajaran Team Quiz dalam
keaktifan belajar siswa kelas V mata pelajaran PKn MIN 8 Bone Kabupaten Bone.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1)
Untuk mengetahui pelaksanaan strategi
pembelajaran Team Quiz pada siswa kelas V pada mata pelajaran PKn MIN 8 Bone
Kabupaten Bone; 2) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa kelas V pada mata
pelajaran PKn MIN 8 Bone Kabupaten Bone; 3) Untuk mengetahui pelaksanaan
strategi pembelajaran Team Quiz dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V
pada mata pelajaran PKn MIN 8 Bone Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Desciptive)). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan paedagogis. Data primer dalam penelitian ini diperoleh
langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan wawancara langsung
dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan Strategi Pembelajaran
Team Quiz dalam Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V MIN 8 Bone Kabupaten Bone
berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari pelibatan siswa dalam proses
pembelajaran, pembentukan kelompok belajar, penggunaan alat peraga, pengaturan
kelas serta pemberian tugas kepada siswa dalam proses pembelajaran. 2) Keaktifan
Belajar dalam Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V MIN 8 Bone Kabupaten Bone
sudah cukup baik hal ini dapat dilihat dari beberapa hal yakni siswa aktif
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, siswa aktif bertanya mengenai hal-hal
yang belum dimengerti, pelaksanaan diskusi kelompok serta keberanian siswa dalam
mempresentasikan hasil karya didepan kelas. 3) Pelaksanaan strategi pembelajaran
Team Quiz dalam meningkatkan keaktifan belajar dalam mata pelajaran PKn siswa
kelas V MIN 8 Bone Kabupaten Bone sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari
meningkatnya minat dan motivasi belajar siswa setelah diterapkan
metode pembelajaran Team Quiz.
A. Kesimpulan
Setelah penulis melakukan kegiatan pengumpulan data, penyajian data dan
analisis data, maka langkah terakhir adalah mengambil kesimpulan untuk dapat
menjawab rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini. Berdasarkan
uaraian yang terjadi pada bab III, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Team Quiz dalam Mata Pelajaran PKn
Siswa Kelas V MIN 8 Bone Kabupaten Bone berjalan dengan baik, hal ini
dapat dilihat dari pelibatan siswa dalam proses pembelajaran, pembentukan
kelompok belajar, penggunaan alat peraga, pengaturan kelas serta pemberian
tugas kepada siswa dalam proses pembelajaran.
2. Keaktifan Belajar dalam Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V MIN 8 Bone
Kabupaten Bone sudah cukup baik hal ini dapat dilihat dari beberapa hal yakni
siswa aktif mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, siswa aktif bertanya
mengenai hal-hal yang belum dimengerti, pelaksanaan diskusi kelompok serta
keberanian siswa dalam mempresentasikan hasil karya didepan kelas.
3. Pelaksanaan strategi pembelajaran Team Quiz dalam meningkatkan keaktifan
belajar dalam mata pelajaran PKn siswa kelas V MIN 8 Bone Kabupaten Bone
sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya minat dan motivasi
belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Team Quiz.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan implikasi secara
teoritis dan praktis sebagai berikut:
1. Implikasi Teoritis
Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat berpengaruh terhadap
pencapaian keaktifan belajar siswa. Siswa dengan minat belajar yang tinggi
tentunya mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dari pada siswa dengan
motivasi belajar yang sedang maupun rendah.
2. Implikasi Praktis
Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru.
Membenahi diri sehubungan dengan pengajaran yang telah dilakukan dan
keaktifan belajar siswa yang telah dicapai dengan memperhatikan metode
pembelajaran yang tepat dan minat belajar siswa untuk meningkatkan prestasi
belajar PKn siswa.
Ketersediaan
STAR20200127127/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

127/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top