Urgensi Tingkat Kedisiplinan Peserta Didik dalam Mengefektifkan Kegiatan Pembelajaran di SD INPRES 12/79 Lompu Kec. Cina Kab.Bone
Asriani/02.15.3041 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Urgensi Tingkat Kedisiplinan Peserta Didik
dalam Mengefektifkan Kegiatan Pembelajaran di SD INPRES 12/79 Lompu Kec.
Cina Kab.Bone”,. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni urguensi kedisiplinan
peserta didik dan mengefektifkan kegiatan pembelajaran di SD INPRES 12/79 Lompu.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research) dan pendekatan penelitian ialah pendekatan
manajemen, paedagogik dan psikologis. Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang
bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat
khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, kedisiplinan peserta didik di
SD INPRES 12/79 Lompu dikembangkan melalui teknik external control, internal
control dan cooperative control. Dari hasil penelitian bahwa kedisiplinan peserta
didik di SD INPRES 12/79 Lompu telah berjalan dengan baik. Peserta didik tiba
disekolah paling lambat 5 menit sebelum pelajaran dimulai dan pulang ketika jam
pelajaran telah selesai. Walaupun demikian kepala sekolah dan para pendidik terus
melakukan pembinaan dan pengontrolan terhadap peserta didik, agar peserta didik
tetap mengikuti tata tertib yang berlaku disekolah. Kedua, mengefektifkan kegiatan
pembelajaran yaitu dengan kejelasan, variasi, orientasi tugas, keterlibatan peserta
didik dalam pembelajaran dan pencapaian kesuksesan peserta didik yang tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa keefektifan kegiatan pembelajaran di SD INPRES
12/79 Lompu dapat dikatakan baik. Dapat dilihat dari cara guru untuk terus
meningkatkan cara mengajarnya sehingga peserta didik dapat lebih aktif dan terlibat
dalam kegiatan pembelajaran.. Ketiga, hambatan-hambatan dalam mengefektifkan
kedisiplinan pembelajaran masih saja sering dialami sekolah. Walaupun perencanaan
sudah baik tapi implementasi dari perencanaan tersebut kadang tidak berjalan sesuai
dengan rencana.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Tingkat Kedisiplinan peserta didik di SD INPRES 12/79 Lompu sudah
baik. Hal tersebut dapat dilihat cara guru mendisiplinkan peserta didik
dengan melalui teknik external control, internal control dan cooperative
control. Cara tersebut tergolong berhasil karena peserta didik jadi lebih
mengerti tentang pentingnya disiplin, bukan hanya dalam kegiatan
pembelajaran tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari proses
mendisiplinkan peserta didik antara lain: a) Peserta didik lebih memahami
tata tertib baik didalam kelas maupun dilingkungan sekolah. b) Peserta
didik memperlihatkan sikap sopan santun dilingkungan sekolah. c) Peserta
didik memiliki sikap kerjasama antar kelompok.
2. Keefektifan pembelajaran di SD INPRES 12/79 Lompu mulai dari
kejelasan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, variasi
mengajar guru, orientasi tugas, keterlibatan peserta didik dalam
pembelajaran, dan tingkat pencapaian kesuksesan peserta didik yang
tinggi secara umum telah berjalan dengan baik. Namun ada beberapa hal
yang perlu ditingkatkan seperti dalam variasi pembelajaran harus lebih
ditingkatkan agar peserta didik lebih semangat dan lebih tertarik untuk
mengikuti pembelajaran. Guru harus berusaha menciptakan metode atau
variasi mengajar yang disenangi oleh peserta didik.
3. Hambatan-hambatan dalam mengefektifkan kedisiplinan di SD INPRES
12/79 Lompu masih saja sering dialami oleh sekolah. Walaupun
perencanaan sudah baik tapi implementasi dari perencanaan tersebut
kadang tidak berjalan sesuai dengan rencana. Tidak semua peserta didik
dapat menanamkan sikap disiplin dalam dirinya yang menyebabkab
penerapan disiplin tidak konsisten. Kepala sekolah sudah sangat
memprioritaskan peningkatan disiplin, begitu juga guru-guru yang
membantu untuk menegakkan disiplin bagi peserta didiknya. Akan tetapi
partisipasi orang tua masih kurang dalam mendisiplinkan anaknya.
B. Implikasi
Setelah melakukan penelitian tentang urgensi kedisiplinan peserta didik dalam
mengefektifkan kegiatan pembelajaran di SD INPRES 12/79 Lompu kec. Cina kab.
Bone, maka saran yang akan peneliti sampaikan adalah sebagai berikut:
1. Hendaknya guru lebih mengetahui karakter dan kepribadian peserta didik
sehingga guru akan lebih mudah untuk mengarahkan peserta didik tersebut.
2. Hendaknya dalam proses pembelajaran guru lebih memerhatikan peserta
didik bukan lebih condong kepada materi pembelajaran, karena peserta
didik merupakan subjek dalam proses pembelajaran.
3. Hendaknya partisipasi orang tua dapat lebih baik agar peserta didik dapat
lebih disiplin baik disekolah maupun dirumah.
dalam Mengefektifkan Kegiatan Pembelajaran di SD INPRES 12/79 Lompu Kec.
Cina Kab.Bone”,. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni urguensi kedisiplinan
peserta didik dan mengefektifkan kegiatan pembelajaran di SD INPRES 12/79 Lompu.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research) dan pendekatan penelitian ialah pendekatan
manajemen, paedagogik dan psikologis. Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang
bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat
khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, kedisiplinan peserta didik di
SD INPRES 12/79 Lompu dikembangkan melalui teknik external control, internal
control dan cooperative control. Dari hasil penelitian bahwa kedisiplinan peserta
didik di SD INPRES 12/79 Lompu telah berjalan dengan baik. Peserta didik tiba
disekolah paling lambat 5 menit sebelum pelajaran dimulai dan pulang ketika jam
pelajaran telah selesai. Walaupun demikian kepala sekolah dan para pendidik terus
melakukan pembinaan dan pengontrolan terhadap peserta didik, agar peserta didik
tetap mengikuti tata tertib yang berlaku disekolah. Kedua, mengefektifkan kegiatan
pembelajaran yaitu dengan kejelasan, variasi, orientasi tugas, keterlibatan peserta
didik dalam pembelajaran dan pencapaian kesuksesan peserta didik yang tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa keefektifan kegiatan pembelajaran di SD INPRES
12/79 Lompu dapat dikatakan baik. Dapat dilihat dari cara guru untuk terus
meningkatkan cara mengajarnya sehingga peserta didik dapat lebih aktif dan terlibat
dalam kegiatan pembelajaran.. Ketiga, hambatan-hambatan dalam mengefektifkan
kedisiplinan pembelajaran masih saja sering dialami sekolah. Walaupun perencanaan
sudah baik tapi implementasi dari perencanaan tersebut kadang tidak berjalan sesuai
dengan rencana.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Tingkat Kedisiplinan peserta didik di SD INPRES 12/79 Lompu sudah
baik. Hal tersebut dapat dilihat cara guru mendisiplinkan peserta didik
dengan melalui teknik external control, internal control dan cooperative
control. Cara tersebut tergolong berhasil karena peserta didik jadi lebih
mengerti tentang pentingnya disiplin, bukan hanya dalam kegiatan
pembelajaran tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari proses
mendisiplinkan peserta didik antara lain: a) Peserta didik lebih memahami
tata tertib baik didalam kelas maupun dilingkungan sekolah. b) Peserta
didik memperlihatkan sikap sopan santun dilingkungan sekolah. c) Peserta
didik memiliki sikap kerjasama antar kelompok.
2. Keefektifan pembelajaran di SD INPRES 12/79 Lompu mulai dari
kejelasan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, variasi
mengajar guru, orientasi tugas, keterlibatan peserta didik dalam
pembelajaran, dan tingkat pencapaian kesuksesan peserta didik yang
tinggi secara umum telah berjalan dengan baik. Namun ada beberapa hal
yang perlu ditingkatkan seperti dalam variasi pembelajaran harus lebih
ditingkatkan agar peserta didik lebih semangat dan lebih tertarik untuk
mengikuti pembelajaran. Guru harus berusaha menciptakan metode atau
variasi mengajar yang disenangi oleh peserta didik.
3. Hambatan-hambatan dalam mengefektifkan kedisiplinan di SD INPRES
12/79 Lompu masih saja sering dialami oleh sekolah. Walaupun
perencanaan sudah baik tapi implementasi dari perencanaan tersebut
kadang tidak berjalan sesuai dengan rencana. Tidak semua peserta didik
dapat menanamkan sikap disiplin dalam dirinya yang menyebabkab
penerapan disiplin tidak konsisten. Kepala sekolah sudah sangat
memprioritaskan peningkatan disiplin, begitu juga guru-guru yang
membantu untuk menegakkan disiplin bagi peserta didiknya. Akan tetapi
partisipasi orang tua masih kurang dalam mendisiplinkan anaknya.
B. Implikasi
Setelah melakukan penelitian tentang urgensi kedisiplinan peserta didik dalam
mengefektifkan kegiatan pembelajaran di SD INPRES 12/79 Lompu kec. Cina kab.
Bone, maka saran yang akan peneliti sampaikan adalah sebagai berikut:
1. Hendaknya guru lebih mengetahui karakter dan kepribadian peserta didik
sehingga guru akan lebih mudah untuk mengarahkan peserta didik tersebut.
2. Hendaknya dalam proses pembelajaran guru lebih memerhatikan peserta
didik bukan lebih condong kepada materi pembelajaran, karena peserta
didik merupakan subjek dalam proses pembelajaran.
3. Hendaknya partisipasi orang tua dapat lebih baik agar peserta didik dapat
lebih disiplin baik disekolah maupun dirumah.
Ketersediaan
| STAR20190276 | 276/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
276/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
