Urgensi Manajemen Pengembangan Ruang Kelas Multi Fungsi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 26 Bone
Emilia Febriyanti/02.15.3060 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang manajemen pengembangan ruang kelas multi
fungsi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam hal ini dilakukannya
suatu pengelolaan manajemen kelas multi fungsi yang baik, agar terciptanya suatu
pembelejaran yang efektif. Sebagaimana diketahui bahwa ruang kelas multifungsi
merupakan ruang kelas yang serba guna, di dalam ruang kelas tersebut selain
berfungsi dalam proses belajar mengajar juga berfungsi dalam beberapa kegiatan
seperti halnya dalam acara keagamaan, dan acara kesenian. Di ruang kelas tersebut
memiliki pengaturan atau penataan ruang pembelajaran yang sangat memotivasi dan
menggairahkan semangat belajar peserta didik di kelas. Tujuan dari penelitian ini
yakni untuk mengetahui urgensi manajemen pengembangan ruang kelas multi fungsi
serta motivasi belajar peserta didik dalam manajemen pengembangan ruang kelas
multi fungsi di SMA Negeri 26 Bone.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Peneliti yang secara langsung
mengumpulkan informasi-informasi yang didapat dari orang yang diwawancarai atau
informan terkait dengan pengembangan manajemen kelas multifungsi dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan ruang kelas
multi fungsi di SMA Negeri 26 Bone, berjalan dengan baik ditandai dengan
tercapainya dari tujuan dari manajemen kelas multifungsi yakni untuk menumbuhkan
motivasi dan minat peserta didik sehingga terciptanya suatu suasana kelas yang
kondusif sehingga dapat mengembangkan pengetahuan dan semangat belajar peserta
didik. Sedangkan target daripada manajemen kelas multifungsi yakni tercapainya
daripada setiap tujuan pembelajaran yang diajarka. Serta peningkatan motivasi belajar
peserta didik dalam manajemen pengembangan ruang kelas multi fungsi di SMA
Negeri 26 Bone dapat dikatakan berhasil hal ini dapat dilihat dari bagaimana motvasi
siswa yang meningkat dalam setiap pembelajaran. Kerjasama dan hubungan baik
antara guru dan peserta didik yang terpelihara dengan baik, menjadikan siswa merasa
nyaman dan menyenangkan dalam pembelajaran. Oleh karena mendorong terciptanya
suasana kondusif dalam kelas.
Agar terlaksanan manajemen kelas multifungsi alangkah lebih baiknya
pemahaman tentang pengelolaan kelas multifungsi lebih ditingkatkan demi
terciptanya pembelajaran yang efektif, karena hal ini dapat menunjang terlaksananya
pembelajaran yang efektif di dalam kelas serta hubungan baik antara guru dan peserta
didik agar tetap dipertahankan agar suasana pembelajaran dapat berjalan dengan baik,
lancar dan efektif, karena salah satu penunjang kefektifan pembelajaran adalah
hubungan positif yang dibangun guru dan siswa.
A. Simpulan
3. Manajemen pengembangan ruang kelas multi fungsi di SMA Negeri 26 Bone,
berjalan dengan baik ditandai dengan tercapainya dari tujuan dari manajemen
kelas multifungsi yakni untuk menumbuhkan motivasi dan minat peserta didik
sehingga terciptanya suatu suasana kelas yang kondusif sehingga dapat
mengembangkan pengetahuan dan semangat belajar peserta didik. Sedangkan
target daripada manajemen kelas multifungsi yakni tercapainya daripada
setiap tujuan pembelajaran yang diajarka.
4. Peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam manajemen pengembangan
ruang kelas multi fungsi di SMA Negeri 26 Bone dapat dikatakan berhasil
hal ini dapat dilihat dari bagaimana motvasi siswa yang meningkat dalam
setiap pembelajaran. Kerjasama dan hubungan baik antara guru dan peserta
didik yang terpelihara dengan baik, menjadikan siswa merasa nyaman dan
menyenangkan dalam pembelajaran. Oleh karena mendorong terciptanya
suasana kondusif dalam kelas.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis ingin menyampaikan hal-hal
yang dapat dijadikan bahan masukan untuk peningkatan keberhasilan
pengembangan manajemen kelas multi fungsi dalam peningkatan motivasi belajar
siswa dalam pembelajaran. Adapun hal-hal yang ingin disampaikan adalah
sebagai berikut:
1. Alangkah lebih baiknya pemahaman tentang pengelolaan kelas multifungsi
lebih ditingkatkan demi terciptanya pembelajaran yang efektif, karena hal ini
dapat menunjang terlaksananya pembelajaran yang efektif di dalam kelas.
2. Hubungan baik antara guru dan peserta didik agar tetap dipertahankan agar
suasana pembelajaran dapat berjalan dengan baik, lancar dan efektif, karena
salah satu penunjang kefektifan pembelajaran adalah hubungan positif yang
dibangun guru dan siswa.
3. Hendaknya
fasilitas yang sudah ada disekolah dimanfaatkan dan dioptimalkan, agar tidak sia-sia dan dapat menunjang pembelajaran efektif.
fungsi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam hal ini dilakukannya
suatu pengelolaan manajemen kelas multi fungsi yang baik, agar terciptanya suatu
pembelejaran yang efektif. Sebagaimana diketahui bahwa ruang kelas multifungsi
merupakan ruang kelas yang serba guna, di dalam ruang kelas tersebut selain
berfungsi dalam proses belajar mengajar juga berfungsi dalam beberapa kegiatan
seperti halnya dalam acara keagamaan, dan acara kesenian. Di ruang kelas tersebut
memiliki pengaturan atau penataan ruang pembelajaran yang sangat memotivasi dan
menggairahkan semangat belajar peserta didik di kelas. Tujuan dari penelitian ini
yakni untuk mengetahui urgensi manajemen pengembangan ruang kelas multi fungsi
serta motivasi belajar peserta didik dalam manajemen pengembangan ruang kelas
multi fungsi di SMA Negeri 26 Bone.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Peneliti yang secara langsung
mengumpulkan informasi-informasi yang didapat dari orang yang diwawancarai atau
informan terkait dengan pengembangan manajemen kelas multifungsi dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan ruang kelas
multi fungsi di SMA Negeri 26 Bone, berjalan dengan baik ditandai dengan
tercapainya dari tujuan dari manajemen kelas multifungsi yakni untuk menumbuhkan
motivasi dan minat peserta didik sehingga terciptanya suatu suasana kelas yang
kondusif sehingga dapat mengembangkan pengetahuan dan semangat belajar peserta
didik. Sedangkan target daripada manajemen kelas multifungsi yakni tercapainya
daripada setiap tujuan pembelajaran yang diajarka. Serta peningkatan motivasi belajar
peserta didik dalam manajemen pengembangan ruang kelas multi fungsi di SMA
Negeri 26 Bone dapat dikatakan berhasil hal ini dapat dilihat dari bagaimana motvasi
siswa yang meningkat dalam setiap pembelajaran. Kerjasama dan hubungan baik
antara guru dan peserta didik yang terpelihara dengan baik, menjadikan siswa merasa
nyaman dan menyenangkan dalam pembelajaran. Oleh karena mendorong terciptanya
suasana kondusif dalam kelas.
Agar terlaksanan manajemen kelas multifungsi alangkah lebih baiknya
pemahaman tentang pengelolaan kelas multifungsi lebih ditingkatkan demi
terciptanya pembelajaran yang efektif, karena hal ini dapat menunjang terlaksananya
pembelajaran yang efektif di dalam kelas serta hubungan baik antara guru dan peserta
didik agar tetap dipertahankan agar suasana pembelajaran dapat berjalan dengan baik,
lancar dan efektif, karena salah satu penunjang kefektifan pembelajaran adalah
hubungan positif yang dibangun guru dan siswa.
A. Simpulan
3. Manajemen pengembangan ruang kelas multi fungsi di SMA Negeri 26 Bone,
berjalan dengan baik ditandai dengan tercapainya dari tujuan dari manajemen
kelas multifungsi yakni untuk menumbuhkan motivasi dan minat peserta didik
sehingga terciptanya suatu suasana kelas yang kondusif sehingga dapat
mengembangkan pengetahuan dan semangat belajar peserta didik. Sedangkan
target daripada manajemen kelas multifungsi yakni tercapainya daripada
setiap tujuan pembelajaran yang diajarka.
4. Peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam manajemen pengembangan
ruang kelas multi fungsi di SMA Negeri 26 Bone dapat dikatakan berhasil
hal ini dapat dilihat dari bagaimana motvasi siswa yang meningkat dalam
setiap pembelajaran. Kerjasama dan hubungan baik antara guru dan peserta
didik yang terpelihara dengan baik, menjadikan siswa merasa nyaman dan
menyenangkan dalam pembelajaran. Oleh karena mendorong terciptanya
suasana kondusif dalam kelas.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis ingin menyampaikan hal-hal
yang dapat dijadikan bahan masukan untuk peningkatan keberhasilan
pengembangan manajemen kelas multi fungsi dalam peningkatan motivasi belajar
siswa dalam pembelajaran. Adapun hal-hal yang ingin disampaikan adalah
sebagai berikut:
1. Alangkah lebih baiknya pemahaman tentang pengelolaan kelas multifungsi
lebih ditingkatkan demi terciptanya pembelajaran yang efektif, karena hal ini
dapat menunjang terlaksananya pembelajaran yang efektif di dalam kelas.
2. Hubungan baik antara guru dan peserta didik agar tetap dipertahankan agar
suasana pembelajaran dapat berjalan dengan baik, lancar dan efektif, karena
salah satu penunjang kefektifan pembelajaran adalah hubungan positif yang
dibangun guru dan siswa.
3. Hendaknya
fasilitas yang sudah ada disekolah dimanfaatkan dan dioptimalkan, agar tidak sia-sia dan dapat menunjang pembelajaran efektif.
Ketersediaan
| STAR20190275 | 275/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
275/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
