Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Pada Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bri Unit Bengo (Studi Nasabah Bri Unit Bengo)
Zeri Fikah/01.16.5169 - Personal Name
Skripsi ini merupakan penelitian Kuantitaif yang bertujuan menjawab pertanyaan
tentang 1) pengaruh pengetahuan tentang produk terhadap minat nasabah pada
KUR BRI Unit Bengo. 2) pengaruh fasilitas pelayanan terhadap minat nasabah
pada KUR BRI Unit Bengo. 3) pengaruh lokasi bank terhadap minat nasabah pada
KUR BRI Unit Bengo. 4) pengaruh pengetahuan tentang produk, fasilitas
pelayanan, dan lokasi bank berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat
nasabah pada KUR BRI Unit Bengo. Metode penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kuantitatif dengan data Primer dan memberikan kuesioner kepada
Nasabah BRI Unit Bengo dengan jumlah sampel 95 responden dan teknik analisis
yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis regresilinier
berganda.Berdasarkan hasil penelitian ini dari uji hipotesis yang dilakukan,
diperoleh hasil bahwa variabel 1) Pengetahuan tentang Produkberpengaruh positif
dan signifikan terhadapat minat masyarakat pada KUR dengan thitung > ttabel yaitu
4,185>1,986, 2) Fasilitas Pelayanan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap
minat masyarakat pada KUR dengan thitung>tabel yaitu 5,124>1,986, 3) Lokasi Bank
berpengaruh negatif dan siginifikan terhadap minat masyarakat pada KURdengan
thitung>ttabel yaitu -2,214>1,986, dan 4) pengetahuan tentang produk, fasilitas
pelayanan, dan lokasi bank secara bersama-sama berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat masyarakat pada KURfhitung>ftabelyaitu 21,558>2,70.Dan
diantara ketiga variabel (Pengetahuan tentang produk, Fasilitas pelayanan, Lokasi
Bank) dalam penelitian ini yang paling dominan berpengaruh terhadap minat
masyarakat pada KUR yaitu variabel Fasilitas Pelayanan, dimana thitung>tabel yaitu
5,124 > 1,986. Jadi Fasilitas pelayanan yang baik, dapat dipercaya dan direkam
jejak yang baik dapat menarik minat masyarakat pada KUR.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan pada bab
sebelumnya, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut:
1.
Pengetahuan tentang Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat masyarakat pada Kredit Usaha Rakyat (KUR). Artinya semakin baik
tingkat pengetahuan masyarakat tentang produk di Bank BRI Unit Bengo
maka akan meningkatkan minat masyarakat pada KUR.
2.
Fasilitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
masyarakat pada Kredit Usaha Rakyat (KUR). Artinya semakin baik
fasilitas pelayanan Bank BRI Unit Bengo, maka akan meningkatkan minat
masyarakat pada KUR.
3.
Lokasi Bank Berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat masyarakat
pada Kredit Usaha Rakyat (KUR). Artinya bahwa semakin jauh lokasi Bank
BRI Unit Bengo, maka semakin banyak minat masyarakat yang akan
menggunakan atau mengambil KUR.
4. Pengetahuan tentang Produk, Fasilitas Pelayanan, dan Lokasi Bank secara
bersama-sama dapat dijadikan sebagai acuan yang efektif untuk
meningkatkan minat nasabah pada KUR di BRI Unit Bengo.
B. Saran
Setelah peneliti melakukan penelitian pengetahuan tentang produk,
fasilitas pelayanan, dan Lokasi Bank terhadap minat masyarakat pada KUR BRI
Unit Bengo, maka peneliti memberikan saran sebagai berikut:
1. Bagi BRI Unit Bengo
Untuk terus meningkatkan fasilitas pelayanan, dan memberikan
penjelasan mengenai pengetahuan tentang produk kepada nasabah, agar
nasabah lebih produktif dalam memilih produk di instansi tersebut, terlebih
lagi pengetahuan tentang kredit usaha rakyat.
2. Bagi peneliti selanjutnya
Untuk peneliti selanjutnya, jumlah sampel dapat diperluas lagi agar
dapat digeneralisasi dengan lingkungan yang lebih luas serta untuk
menambah atau mengembangkan variabel-variabel yang mempengaruhi
minat masyarakat pada KUR.
tentang 1) pengaruh pengetahuan tentang produk terhadap minat nasabah pada
KUR BRI Unit Bengo. 2) pengaruh fasilitas pelayanan terhadap minat nasabah
pada KUR BRI Unit Bengo. 3) pengaruh lokasi bank terhadap minat nasabah pada
KUR BRI Unit Bengo. 4) pengaruh pengetahuan tentang produk, fasilitas
pelayanan, dan lokasi bank berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat
nasabah pada KUR BRI Unit Bengo. Metode penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kuantitatif dengan data Primer dan memberikan kuesioner kepada
Nasabah BRI Unit Bengo dengan jumlah sampel 95 responden dan teknik analisis
yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis regresilinier
berganda.Berdasarkan hasil penelitian ini dari uji hipotesis yang dilakukan,
diperoleh hasil bahwa variabel 1) Pengetahuan tentang Produkberpengaruh positif
dan signifikan terhadapat minat masyarakat pada KUR dengan thitung > ttabel yaitu
4,185>1,986, 2) Fasilitas Pelayanan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap
minat masyarakat pada KUR dengan thitung>tabel yaitu 5,124>1,986, 3) Lokasi Bank
berpengaruh negatif dan siginifikan terhadap minat masyarakat pada KURdengan
thitung>ttabel yaitu -2,214>1,986, dan 4) pengetahuan tentang produk, fasilitas
pelayanan, dan lokasi bank secara bersama-sama berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat masyarakat pada KURfhitung>ftabelyaitu 21,558>2,70.Dan
diantara ketiga variabel (Pengetahuan tentang produk, Fasilitas pelayanan, Lokasi
Bank) dalam penelitian ini yang paling dominan berpengaruh terhadap minat
masyarakat pada KUR yaitu variabel Fasilitas Pelayanan, dimana thitung>tabel yaitu
5,124 > 1,986. Jadi Fasilitas pelayanan yang baik, dapat dipercaya dan direkam
jejak yang baik dapat menarik minat masyarakat pada KUR.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan pada bab
sebelumnya, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut:
1.
Pengetahuan tentang Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat masyarakat pada Kredit Usaha Rakyat (KUR). Artinya semakin baik
tingkat pengetahuan masyarakat tentang produk di Bank BRI Unit Bengo
maka akan meningkatkan minat masyarakat pada KUR.
2.
Fasilitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
masyarakat pada Kredit Usaha Rakyat (KUR). Artinya semakin baik
fasilitas pelayanan Bank BRI Unit Bengo, maka akan meningkatkan minat
masyarakat pada KUR.
3.
Lokasi Bank Berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat masyarakat
pada Kredit Usaha Rakyat (KUR). Artinya bahwa semakin jauh lokasi Bank
BRI Unit Bengo, maka semakin banyak minat masyarakat yang akan
menggunakan atau mengambil KUR.
4. Pengetahuan tentang Produk, Fasilitas Pelayanan, dan Lokasi Bank secara
bersama-sama dapat dijadikan sebagai acuan yang efektif untuk
meningkatkan minat nasabah pada KUR di BRI Unit Bengo.
B. Saran
Setelah peneliti melakukan penelitian pengetahuan tentang produk,
fasilitas pelayanan, dan Lokasi Bank terhadap minat masyarakat pada KUR BRI
Unit Bengo, maka peneliti memberikan saran sebagai berikut:
1. Bagi BRI Unit Bengo
Untuk terus meningkatkan fasilitas pelayanan, dan memberikan
penjelasan mengenai pengetahuan tentang produk kepada nasabah, agar
nasabah lebih produktif dalam memilih produk di instansi tersebut, terlebih
lagi pengetahuan tentang kredit usaha rakyat.
2. Bagi peneliti selanjutnya
Untuk peneliti selanjutnya, jumlah sampel dapat diperluas lagi agar
dapat digeneralisasi dengan lingkungan yang lebih luas serta untuk
menambah atau mengembangkan variabel-variabel yang mempengaruhi
minat masyarakat pada KUR.
Ketersediaan
| SFEBI20200013 | 13/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
13/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
