Analisis Pengaruh Trust Dan Mutu E-Banking Terhadap Loyalitas Bertransaksi Secara Online Di Bank Syariah (Studi Pada Nasabah Bank Sulselbar Syariah Sengkang)

No image available for this title
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi perkembangan teknologi
informasi dan telekomunikasi yang menyebabkan munculnya aplikasi-aplikasi yang
berbasis Electronic Banking (E-Banking), sehingga setiap perusahaan atau organisasi
harus bekerja bersama-sama secara optimal untuk menghasilkan produk e-banking
agar kepercayaan nasabah semakin tinggi untuk menggunakan e-banking sehingga
dapat meningkatkan loyalitas nasabah pada bank syariah. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh Trust da Mutu E-Banking terhadap loyalitas bertransaksi
secara online di bank syariah. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan
kuesioner yang disebarkan kepada nasabah Bank SulSelBar Syariah Sengkang.
Sampel yang diambil sebanyak 96 responden dengan teknik random sampling. Data
yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat bantu SPSS Versi 22. Analisis ini
meliputi uji reabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan regresi linier
berganda.
Hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa Trust berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas nasabah dan Mutu E-Banking berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan uji f (simultan) menunjukkan nilai
93, 364 yang berarti Trust dan Mutu E-Banking secara bersama-sama mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil uji regresi linier berganda
menunjukkan hasil Y= 1,754+0,491X1+0,423X2+0,05. Maka pengaruh Trust dan
Mutu E-Banking secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas.
A. Kesimpulan Penelitian
1. Secara parsial Trust dan Mutu E-Banking berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Loyalitas Bertransaksi dan Secara simultan Trust dan
Mutu E-Banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas
Bertransaksi Secara Online pada Bank Sulselbar Syariah Sengkang.Trust
dan Mutu E-banking memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Bertransaksi
secara online Karena Trust dan Mutu E-Banking tersebut memiliki jumlah
persentase yang berada di taraf Tinggi yaitu sebesar 66,8%. Hasil dari
analisis yang didapatkan bahwa terdapat pengaruh positif Trust dan Mutu
E-banking terhadap Loyalitas Bertransaksi secara online hal ini
ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah presentase Trust dan Mutu e-
Banking dengan nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel pada tingkat
signifikansi 5%, dimana F hitung sebesar 93,364 dan F tabel sebesar 3,09.
Selain itu, nilai signifikansi sebesar 0,000 juga menunjukan nilai yang
lebih kecil dari nilai yang telah ditentukan yaitu 0,05 (0,000< 0,05). Nilai
koefisien korelasi (R) sebesar 0,817 sehingga kemudian didapat koefisien
determinasi (R2) sebesar 0,668. Nilai koefisien determinasi tersebut
menggambarkan bahwa sebesar 66,8% Loyalitas dapat dijelaskan oleh
variabel Trust dan Mutu.
2. Berdasarkan Hasil Perhitungan kontribusi atau besarnya pengaruh yang
diberikan dengan menghitung nilai R Square dan dikalikan 100%. Nilai R
Square sebesar 0,668 dikalikan 100% hasilnya 66,8%. Maka dapat
disimpulkan variabel Trust dan Mutu E-Banking memberikan kontribusi
atau pengaruh sebesar 66,8% terhadap Loyalitas Bertransaksi Secara
Online di Bank Sulselbar Syariah Sengkang, sedangkan 33,2% ditentukan
oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam variabel penelitian ini yakni
faktor kualitas pelayanan.
B. Implikasi Penelitian
1. Bank Sulselbar Syariah Sengkang sebaiknya meningkatkan kinerjanya
dalam membangun hubungan yang baik dengan nasabah dalam
penggunaan e-banking dan kepercayaan yang diberikan. Dalam upaya
meningkatkan kepercayaan nasabah yang nantinya akan menciptakan
loyalitas nasabah, pihak perbankan perlu mempelajari keinginan dari
nasabah sesungguhnya ketika mereka memanfaatkan layanan internet
banking. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesenjangan antara layanan
yang diterima dengan layanan yang diharapkan nasabah. Perusahaan juga
harus mampu mempertahankan serta meningkatkan segala dimensi dari
variabel Trust dan Mutu E-Banking karena disini mempunyai pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.
2. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan Mampu mengembangkan dan
menyempurnakan penelitian ini di masa yang akan dating, karena dalam
penelitian ini masih banyak hal dan indikator yang belum dikaji, hanya
sebatas mengkaji pengaruh Trust dan Mutu E-Banking Terhadap Loyalitas
Bertransaksi Secara Online.
Ketersediaan
SFEBI20210131131/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

131/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top