Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pengembangan Daya Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 3 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah
dalam Pengembangan Daya Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas
IV MIN 3 Bone”, hal yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana Penerapan
Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pengembangan Daya Berpikir Kritis
Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Tematik di MIN 3 Bone.
Untuk mempermudah penelitian ini penulis menggunakan metode Pendekatan
kualitatif (qualitative research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah penyajian
data, pengumpulan, reduksi data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Penerapan model pembelajaran
berbasis masalah (problem based learning) di MIN 3 Bone terlihat bahwa siswa sudah
bisa menggunakan daya berpikir secara kritis dan keterampilan dalam pemecahan
masalah, serta memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari materi pelajaran
yang diberikan.
Pengembangan daya berpikir kritis siswa kelas IV pada pembelajaran tematik
di MIN 3 Bone dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat
mengembangkan daya berpikir kritis siswa dimana siswa sudah bisa memecahkan
suatu permasalahan secara sistematis. Siswa sudah mampu memecahkan masalah yang
diberikan dengan mengamati dan memahami pelajaran dengan melakukan,
pengamatan, kerjasamadengan teman kelompok. Penggunaan Sarana dan prasarana di
dalam sekolah maupun di luar sangat mendukung model pembelajaran berbabsis
masalah.
Kontribusi penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based
Learning) dalam pengembangan daya berpikir kritis siswa kelas IV pada pelajaran
tematik di MIN 3 Bone sudah memberikan kontribusi dalam rasa percaya diri siswa
menjadi lebih baik dalam menyampaikan pendapatnya, menjadikan siswa lebih fokus
terhadap pembelajaran yang berlangsung, siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran
guna mengembangkan daya berpikir kritis, mengembangkan karakter kritis dan
meningkatkan nilai siswa dalam pembelajaran
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab pembahasan, maka dapat
dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:
4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Penerapan model pembelajaran
berbasis masalah (problem based learning) di MIN 3 Bone terlihat bahwa siswa
sudah bisa.menggunakan daya berpikir secara kritis dan keterampilan dalam
pemecahan masalah, serta memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari
materi pelajaran yang diberikan
5. Pengembangan daya berpikir kritis siswa kelas IV pada pembelajaran tematik di
MIN 3 Bone dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat
mengembangkan daya berpikir kritis siswa dimana siswa sudah bisa memecahkan
suatu permasalahan secara sistematis. Siswa sudah mampu memecahkan masalah
yang diberikan dengan mengamati dan memahami pelajaran dengan melakukan,
pengamatan, kerjasamadengan teman kelompok. Penggunaan Sarana dan
prasarana di dalam sekolah maupun di luar sangat mendukung model
pembelajaran berbabsis masalah.
6. Kontribusi penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based
Learning) dalam pengembangan daya berpikir kritis siswa kelas IV pada pelajaran
tematik di MIN 3 Bone sudah memberikan kontribusi dalam rasa percaya diri
siswa menjadi lebih baik dalam menyampaikan pendapatnya, menjadikan siswa
lebih fokus terhadap pembelajaran yang berlangsung, siswa lebih aktif dalam
proses pembelajaran guna mengembangkan daya berpikir kritis, mengembangkan
karakter kritis dan meningkatkan nilai siswa dalam pembelajaran.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Bagi sekolah, hendaknya mampu memberikan masukan dan dukungan bagi
bagi guru kelas yang masih menggunakan metode ceramah agar dapat
memberi dampak positif terhadap hasil belajar siswa dengan salah satu
contoh model pembelajaran yakni model pembelajaran berbasis masalah
(problem based learning)..
2. Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru.
Membenahi diri dengan pengajaran yang telah dilakukan dalam pemilihan
model pembelajaramn dan pengembangan daya berpikir kritis pada
pembelajaran tematik.
Ketersediaan
STAR20190271271/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

271/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top