Kompetensi Guru Agama dalam Meningkatkan Baca Tulis Alquran Pada Siswa SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
Karmila/02. 16. 1147 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai
Kompetensi Guru Agama dalam
Meningkatkan Baca Tulis Alquran pada Siswa SDN 24 Macanang. Hal yang
dikaji dalam skripsi ini yaitu, untuk mengetahui gambaran kompetensi guru
agama terkait pembelajaran baca tulis Alquran siswa SDN 24 Macanang, untuk
mengemukakan faktor apa yang mengakibatkan terjadinya peningkatan baca tulis
Alquran siswa SDN 24 Macanang, untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru
agama dapat mempengaruhi peningkatan baca tulis Alquran siswa SDN 24
Macanang
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitative research). Data dianalisis
dengan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi,
selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat
umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan kehal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, gambaran kompetensi
guru agama dalam meningkatkan baca tulis Alquran pada siswa SDN 24
Macanang sudah sangat baik, dengan tidak membeda-bedakan setiap siswa yang
ada dalam kelas menyalurkan segala kompetensi yang dimiliki bahkan kompeten
dalam mengikuti era atau zaman sehingga memicu siswa untuk lebih meningkat
baca tulis Alquran, kedua, faktor yang mengakibatkan terjadinya peningkatan
baca tulis Alquran siswa SDN 24 Macanang yaitu, karena adanya faktor intenal
dan eksternal. Yang di maksud faktor internal meliputi minat, bakat, sarana dan
fasilitas, guru, latihan dan pengulangan. Faktor intenal merupakan faktor yang ada
dalam diri siswa tersebut. Faktor eksternal meliputi : bimbingan orang tua. Faktor
eksternal merupakan sesuatu di luar dari diri siswa. Ketiga, kompetensi guru
agama dapat mempengaruhi peningkatan baca tulis Alquran yaitu, memiliki
kompetensi pedagogik (ilmu mengajar), profesional.
Kompetensi Guru Agama dalam
Meningkatkan Baca Tulis Alquran pada Siswa SDN 24 Macanang. Hal yang
dikaji dalam skripsi ini yaitu, untuk mengetahui gambaran kompetensi guru
agama terkait pembelajaran baca tulis Alquran siswa SDN 24 Macanang, untuk
mengemukakan faktor apa yang mengakibatkan terjadinya peningkatan baca tulis
Alquran siswa SDN 24 Macanang, untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru
agama dapat mempengaruhi peningkatan baca tulis Alquran siswa SDN 24
Macanang
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitative research). Data dianalisis
dengan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi,
selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat
umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan kehal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, gambaran kompetensi
guru agama dalam meningkatkan baca tulis Alquran pada siswa SDN 24
Macanang sudah sangat baik, dengan tidak membeda-bedakan setiap siswa yang
ada dalam kelas menyalurkan segala kompetensi yang dimiliki bahkan kompeten
dalam mengikuti era atau zaman sehingga memicu siswa untuk lebih meningkat
baca tulis Alquran, kedua, faktor yang mengakibatkan terjadinya peningkatan
baca tulis Alquran siswa SDN 24 Macanang yaitu, karena adanya faktor intenal
dan eksternal. Yang di maksud faktor internal meliputi minat, bakat, sarana dan
fasilitas, guru, latihan dan pengulangan. Faktor intenal merupakan faktor yang ada
dalam diri siswa tersebut. Faktor eksternal meliputi : bimbingan orang tua. Faktor
eksternal merupakan sesuatu di luar dari diri siswa. Ketiga, kompetensi guru
agama dapat mempengaruhi peningkatan baca tulis Alquran yaitu, memiliki
kompetensi pedagogik (ilmu mengajar), profesional.
Ketersediaan
| STAR20200101 | 101/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
101/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
