Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Di Mi Tamoponreng Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
A. Jalaluddin/02.17.5017 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar
siswa kelas v di Mi Tamoponreng Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten
Bone.Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Minat Belajar IPA Siswa
Kelas V Di Mi Tamoponreng Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone,
Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V Di Mi
Tamoponreng Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone,Metode penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogis,
psikologis dan sosiologis dengan menggunakan pengumpulan data yaitu teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga
tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Minat Belajar IPA Siswa Kelas V Di Mi Tamoponreng
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone tergantung dari upaya-upaya yang
berikan oleh guru terhadap siswanya. Adapun upaya –upaya yang diberikankan oleh
guru di MI Tamoponreng Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu
ada empat upaya yang pertama upaya memperbaiki cara megajar guru, upaya
memperbaiki karakter guru, upaya memperbaiki suasana kelas dan upaya
memperbaiki fasilitas sekolah. Upaya-upaya tersebut harus diperhatikan oleh seorang
guru terutama oleh seorang guru IPA untuk meningkatkan minat belajar IPA Siswa.
Upaya guru kelas V Mi Tamoponreng sudah berusaha menerapkan dan memperbaiki
upaya-upayanya sebagai seorang pendidik akan tetapi, masi perlu dilakukan beberapa
penekanan-penekanan berhubungan degan uppaya guru bgitupun dengan siswa
siswanya harus lebih menghormati upaya yang diberikan oleh guru.Kreativitas Guru
dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V Di Mi Tamoponreng
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu kreativitas guru Merancang
pembelajaran IPA, Kreatiitas guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pelajaran IPA,
Kreativitas guru dalam memanfaatan Waktu pada proses Pelajaran IPA, Kreativitas
gurudalam menggunaan metode pembelajaran pada Pelajaran IPA, Kreativitas guru
dalam menggunaan Media Pembelajaran pada Pelajaran IPA, dan Kreativitas guru
dalam menggunaan Alat Evaluasi pada Pelajaran IPA. Keartivitas- kreativias tersebut
sudah di derapkan degan penuh usaha oleh guru wali kelas guru IPA MI Tamoponren
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone degan demikian diahrapkan dapat
meningkatkan minat belajar IPA siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka pe
nulis dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah dilakukan,
yaitu:
1. Minat belajar IPA siswa kelas V Di MI Tamoponreng Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone tergantung dari upaya-upaya yang berikan
oleh guru terhadap siswanya. Adapun upaya –upaya guru meliputi empat
upaya yaitu (1)memperbaiki cara megajar guru contohnya guru menjadi
demonstrator dan evaluator bagi peserta didik. (2) memperbaiki karakter
guru seperti ramah kepada peserta didik serta saling menyapa.
(3)memperbaiki suasana kelas seperti memperbaiki komunikasi dengan
siswa dan menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
(4)memberikan fasilitas belajar seperti buku, kertas dan gambar.
2. Kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas V Di
MI Tamoponreng Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone ada
enam meliputi, (1)kreativitas guru dalammerancang pembelajaran IPA,
(2)kreativitas guru dalam pengelolaan kelas pada pelajaran IPA,
(3)kreativitas guru dalam memanfaatan waktu pada proses Pelajaran IPA,
(4)kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran IPA,
(5)kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran IPA,
(6)kreativitas guru dalam menggunakan alat evaluasi pada pelajaran IPA.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat bermanfaat bagi
sekolah MI Tamoponreng , maupun mahasiswa lain yang meneliti dan berkaitan
dengankreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar IPA siswa . Adapun
saran-saran yang dapat diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, mampu berpartisipasi secara aktif dan
bekerja secara bersama-sama dalam melancarkan proses dan pelaksanaan dalam
meningkatkan minat belajar IPA siswa melalui kreativitas guru di MI
Tamoponreng Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
2. Setelah penulisan skripsi ini dihar apkan mampu memberikan kontribusi di dunia
pendidikan formal, non formal, maupun informal.
siswa kelas v di Mi Tamoponreng Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten
Bone.Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Minat Belajar IPA Siswa
Kelas V Di Mi Tamoponreng Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone,
Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V Di Mi
Tamoponreng Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone,Metode penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogis,
psikologis dan sosiologis dengan menggunakan pengumpulan data yaitu teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga
tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Minat Belajar IPA Siswa Kelas V Di Mi Tamoponreng
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone tergantung dari upaya-upaya yang
berikan oleh guru terhadap siswanya. Adapun upaya –upaya yang diberikankan oleh
guru di MI Tamoponreng Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu
ada empat upaya yang pertama upaya memperbaiki cara megajar guru, upaya
memperbaiki karakter guru, upaya memperbaiki suasana kelas dan upaya
memperbaiki fasilitas sekolah. Upaya-upaya tersebut harus diperhatikan oleh seorang
guru terutama oleh seorang guru IPA untuk meningkatkan minat belajar IPA Siswa.
Upaya guru kelas V Mi Tamoponreng sudah berusaha menerapkan dan memperbaiki
upaya-upayanya sebagai seorang pendidik akan tetapi, masi perlu dilakukan beberapa
penekanan-penekanan berhubungan degan uppaya guru bgitupun dengan siswa
siswanya harus lebih menghormati upaya yang diberikan oleh guru.Kreativitas Guru
dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V Di Mi Tamoponreng
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu kreativitas guru Merancang
pembelajaran IPA, Kreatiitas guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pelajaran IPA,
Kreativitas guru dalam memanfaatan Waktu pada proses Pelajaran IPA, Kreativitas
gurudalam menggunaan metode pembelajaran pada Pelajaran IPA, Kreativitas guru
dalam menggunaan Media Pembelajaran pada Pelajaran IPA, dan Kreativitas guru
dalam menggunaan Alat Evaluasi pada Pelajaran IPA. Keartivitas- kreativias tersebut
sudah di derapkan degan penuh usaha oleh guru wali kelas guru IPA MI Tamoponren
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone degan demikian diahrapkan dapat
meningkatkan minat belajar IPA siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka pe
nulis dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah dilakukan,
yaitu:
1. Minat belajar IPA siswa kelas V Di MI Tamoponreng Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone tergantung dari upaya-upaya yang berikan
oleh guru terhadap siswanya. Adapun upaya –upaya guru meliputi empat
upaya yaitu (1)memperbaiki cara megajar guru contohnya guru menjadi
demonstrator dan evaluator bagi peserta didik. (2) memperbaiki karakter
guru seperti ramah kepada peserta didik serta saling menyapa.
(3)memperbaiki suasana kelas seperti memperbaiki komunikasi dengan
siswa dan menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
(4)memberikan fasilitas belajar seperti buku, kertas dan gambar.
2. Kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas V Di
MI Tamoponreng Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone ada
enam meliputi, (1)kreativitas guru dalammerancang pembelajaran IPA,
(2)kreativitas guru dalam pengelolaan kelas pada pelajaran IPA,
(3)kreativitas guru dalam memanfaatan waktu pada proses Pelajaran IPA,
(4)kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran IPA,
(5)kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran IPA,
(6)kreativitas guru dalam menggunakan alat evaluasi pada pelajaran IPA.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat bermanfaat bagi
sekolah MI Tamoponreng , maupun mahasiswa lain yang meneliti dan berkaitan
dengankreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar IPA siswa . Adapun
saran-saran yang dapat diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, mampu berpartisipasi secara aktif dan
bekerja secara bersama-sama dalam melancarkan proses dan pelaksanaan dalam
meningkatkan minat belajar IPA siswa melalui kreativitas guru di MI
Tamoponreng Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
2. Setelah penulisan skripsi ini dihar apkan mampu memberikan kontribusi di dunia
pendidikan formal, non formal, maupun informal.
Ketersediaan
| STAR20220223 | 223/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
223/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
