Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Rumah Makan Ladina Di Masa Pandemi COVID-19
Muh. Iqbal/01.17.3123 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha
Rumah Makan Ladina Di Masa Pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuanUntuk
mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan Rumah Makan Ladina ditengah
pandemi COVID-19serta mengetahuikendala dan solusi strategi pemasaran Rumah
Makan Ladina pada masa pandemi COVID-19.Untuk memperoleh jawaban terhadap
ketiga permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan
dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis data deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa rumah makan Ladina di
masa pandemi COVID-19 ini selalu mempertahankan kualitas produk, selain itu
menawarkan berbagai macam produk dan dapat meningkatkan penghasilan agar tidak
mengalami penurunan omset yang terlalu jauh. Selain itu yang tentunya rumah makan
Ladina melakukan promosi untuk memasarkan atau mempromosikan produk yang
ada di rumah makan Ladina ini. Apalagi semenjak masa pandemi COVID-19 ini
rumah makan Ladina malah mengutamakan media promosi ini. Media promosi yang
rumah makan Ladina gunakan saat ini yaitu instagram dan whatsapp tetapi lebih
dominan ke Instagram. Rumah makan Ladina sangat mengutamakan media promosi
dan media yang rumah makan Ladina gunakan yaitu media Instagram. Dengan
adanya pandemi COVID-19 ini terlihat konsumen sekarang lebih banyak berbelanja
melalui online terutama pada anak muda saat ini. Maka dari itu rumah makan Ladina
sekarang lebih fokus berjualan dan promosikan produknya di media sosial.Dalam
upaya meningkatkan penjualan dan bertahan di era pandemi COVID-19 di Rumah
Makan Ladina perlu melakukan berbagai strategi pemasaran yang memadai. Dengan
adanya strategi yang tepat maka tujuan yang telah ditetapkan perusahaan dapat
tercapai. Setelah melakukan pengamatan di Rumah Makan Ladina strategi bauran
pemasaran yang digunakan terdiri dari empat variabel yaitu produk, harga, promosi
dan tempat. Strategi pemasaran biasanya dikenal dengan bauran pemasaran atau
disebut juga dengan marketing mix yang terdiri dari Product (produk), Promotion
(promosi), Price (harga), dan Place (tempat distribusi), yang pada hakekatnya strategi
ini digunakan untuk meningkatkan volume penjualan. Namun dalam pemasaran jasa
atau services marketing, masih ada 4P yang lain yaitu Process, People, Physical
Evidence dan Productivity & Quality.
A. Simpulan
1) Strategi strategi pemasaran yang diterapkan rumah makan Ladina ditengah
pandemi COVID-19 dalam upaya meningkatkan penjualan dan bertahan di era
pandemi COVID-19 di Rumah Makan Ladina perlu melakukan berbagai
strategi pemasaran yang memadai. Dengan adanya strategi yang tepat maka
tujuan yang telah ditetapkan perusahaan dapat tercapai. Setelah melakukan
pengamatan di Rumah Makan Ladina strategi bauran pemasaran yang
digunakan terdiri dari empat variabel yaitu produk, harga, promosi dan
tempat. Strategi pemasaran biasanya dikenal dengan bauran pemasaran atau
disebut juga dengan marketing mix yang terdiri dari Product (produk),
Promotion (promosi), Price (harga), dan Place (tempat distribusi), yang pada
hakekatnya strategi ini digunakan untuk meningkatkan volume penjualan.
Namun dalam pemasaran jasa atau services marketing, masih ada 4P yang lain
yaitu Process, People, Physical Evidence dan Productivity & Quality.
2) Kendala dan solusi strategi pemasaran rumah makan ladina pada masa
pandemi Covid-19 yaitu dengan Pemberlakuan Pembatasan Skala Besar
(PSBB), rumah makan Ladina mengalami pelemahan yang terlihat dari
penurunan daya beli dan permintaan. Kemudia kendala selanjutnya adalah
penurunan penjualan, Dampak pandemi COVID-19 sangat dirasakan oleh
pelaku usaha yang ada di rumah makan Ladina. Dengan adanya pandemi
COVID-19 di rumah makan Ladina ini, mengalami penurunan penjualan
karena kekurangan pendapatan atau pemasukan karena adanya batasan keluar
rumah dan karantina wilayah sehingga membuat banyak konsumen semakin
cermat dan hemat dalam melakukan pembelian dan terbatasnya modal
menjadi kendala karena keuangan rumah makan ladina pun juga terganggu
karena menurunnya pendapatan dan menyebabkan keseimbangan usaha
terganggu. Solusi yang diambil oleh rumah makan Ladina yaitu memberikan
kualitas layanan yang maksimal pasti juga memiliki pelanggan yang merasa
lebih puas. Kepuasan pelanggan tersebut dipandang sebagai yang dapat
memengaruhi niat dan perilaku pembelian kembali yang pada akhirnya,
mengarah pada pendapatan dan laba Rumah Makan Ladina di masa depan.
B. Saran
1. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa untuk
mempertahankan kelangsungan usaha kecil (UMKM) pemanfaatan internet
dan media sosial merupakan strategi yang sangat tepat di tengah pandemi
COVID-19 ini. Namun demikian penggunaan teknologi juga membutuhkan
biaya yang tidak sedikit serta sumber daya manusia yang memiliki
kemampuan di bidang teknologi informasi.
2. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan metode penelitian lain
agar hasil yang diperoleh lebih signifikan.
Rumah Makan Ladina Di Masa Pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuanUntuk
mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan Rumah Makan Ladina ditengah
pandemi COVID-19serta mengetahuikendala dan solusi strategi pemasaran Rumah
Makan Ladina pada masa pandemi COVID-19.Untuk memperoleh jawaban terhadap
ketiga permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan
dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis data deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa rumah makan Ladina di
masa pandemi COVID-19 ini selalu mempertahankan kualitas produk, selain itu
menawarkan berbagai macam produk dan dapat meningkatkan penghasilan agar tidak
mengalami penurunan omset yang terlalu jauh. Selain itu yang tentunya rumah makan
Ladina melakukan promosi untuk memasarkan atau mempromosikan produk yang
ada di rumah makan Ladina ini. Apalagi semenjak masa pandemi COVID-19 ini
rumah makan Ladina malah mengutamakan media promosi ini. Media promosi yang
rumah makan Ladina gunakan saat ini yaitu instagram dan whatsapp tetapi lebih
dominan ke Instagram. Rumah makan Ladina sangat mengutamakan media promosi
dan media yang rumah makan Ladina gunakan yaitu media Instagram. Dengan
adanya pandemi COVID-19 ini terlihat konsumen sekarang lebih banyak berbelanja
melalui online terutama pada anak muda saat ini. Maka dari itu rumah makan Ladina
sekarang lebih fokus berjualan dan promosikan produknya di media sosial.Dalam
upaya meningkatkan penjualan dan bertahan di era pandemi COVID-19 di Rumah
Makan Ladina perlu melakukan berbagai strategi pemasaran yang memadai. Dengan
adanya strategi yang tepat maka tujuan yang telah ditetapkan perusahaan dapat
tercapai. Setelah melakukan pengamatan di Rumah Makan Ladina strategi bauran
pemasaran yang digunakan terdiri dari empat variabel yaitu produk, harga, promosi
dan tempat. Strategi pemasaran biasanya dikenal dengan bauran pemasaran atau
disebut juga dengan marketing mix yang terdiri dari Product (produk), Promotion
(promosi), Price (harga), dan Place (tempat distribusi), yang pada hakekatnya strategi
ini digunakan untuk meningkatkan volume penjualan. Namun dalam pemasaran jasa
atau services marketing, masih ada 4P yang lain yaitu Process, People, Physical
Evidence dan Productivity & Quality.
A. Simpulan
1) Strategi strategi pemasaran yang diterapkan rumah makan Ladina ditengah
pandemi COVID-19 dalam upaya meningkatkan penjualan dan bertahan di era
pandemi COVID-19 di Rumah Makan Ladina perlu melakukan berbagai
strategi pemasaran yang memadai. Dengan adanya strategi yang tepat maka
tujuan yang telah ditetapkan perusahaan dapat tercapai. Setelah melakukan
pengamatan di Rumah Makan Ladina strategi bauran pemasaran yang
digunakan terdiri dari empat variabel yaitu produk, harga, promosi dan
tempat. Strategi pemasaran biasanya dikenal dengan bauran pemasaran atau
disebut juga dengan marketing mix yang terdiri dari Product (produk),
Promotion (promosi), Price (harga), dan Place (tempat distribusi), yang pada
hakekatnya strategi ini digunakan untuk meningkatkan volume penjualan.
Namun dalam pemasaran jasa atau services marketing, masih ada 4P yang lain
yaitu Process, People, Physical Evidence dan Productivity & Quality.
2) Kendala dan solusi strategi pemasaran rumah makan ladina pada masa
pandemi Covid-19 yaitu dengan Pemberlakuan Pembatasan Skala Besar
(PSBB), rumah makan Ladina mengalami pelemahan yang terlihat dari
penurunan daya beli dan permintaan. Kemudia kendala selanjutnya adalah
penurunan penjualan, Dampak pandemi COVID-19 sangat dirasakan oleh
pelaku usaha yang ada di rumah makan Ladina. Dengan adanya pandemi
COVID-19 di rumah makan Ladina ini, mengalami penurunan penjualan
karena kekurangan pendapatan atau pemasukan karena adanya batasan keluar
rumah dan karantina wilayah sehingga membuat banyak konsumen semakin
cermat dan hemat dalam melakukan pembelian dan terbatasnya modal
menjadi kendala karena keuangan rumah makan ladina pun juga terganggu
karena menurunnya pendapatan dan menyebabkan keseimbangan usaha
terganggu. Solusi yang diambil oleh rumah makan Ladina yaitu memberikan
kualitas layanan yang maksimal pasti juga memiliki pelanggan yang merasa
lebih puas. Kepuasan pelanggan tersebut dipandang sebagai yang dapat
memengaruhi niat dan perilaku pembelian kembali yang pada akhirnya,
mengarah pada pendapatan dan laba Rumah Makan Ladina di masa depan.
B. Saran
1. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa untuk
mempertahankan kelangsungan usaha kecil (UMKM) pemanfaatan internet
dan media sosial merupakan strategi yang sangat tepat di tengah pandemi
COVID-19 ini. Namun demikian penggunaan teknologi juga membutuhkan
biaya yang tidak sedikit serta sumber daya manusia yang memiliki
kemampuan di bidang teknologi informasi.
2. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan metode penelitian lain
agar hasil yang diperoleh lebih signifikan.
Ketersediaan
| SFEBI20220193 | 193/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
193/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
