Strategi Guru Dalam Menciptakan Suasana Kelas Yang Kondusif Dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Di SMA Negeri 12 Bone
Andi Saskia Erasakma/ 02.17.1088 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang strategi guru dalam menciptakan suasana kelas yang
kondusif untuk meningkatkan minat belajar PAI siswa di SMA Negeri 12 Bone.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam
menciptakan suasana kelas yang kondusif, peningkatan minat belajar PAI siswa serta
faktor pendukung dan penghambat dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif
dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa. Untuk memperoleh data dari masalah
tersebut penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan kuesioner dan
wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif.
Selanjutnya dalam menganalisis data, penulis melalui tiga tahap kegiatan, yaitu
mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan pertama strategi guru di sekolah SMA Negeri 12
Bone dapat di pahami bahwa salah satu strategi yang di gunakan oleh seorang guru
yaitu membantu peserta didik dalam meningkatakan pemahaman dan di tambah
dengan memotivasi kemudian menarik perhatian peserta didik serta mengektifkan
proses pembelajaran.kedua Terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh guru
dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif dan mengembangkan minat belajar
siswa yang diantaranya yaitu. Adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil,yaitu
memiliki kesiapan untuk mengikuti pembelajaran dengan membawa peralatan seperti
alat menulis dan buku paket dan peralatanl lainya. Adanya Dorongan dan Kebutuhan
dalam Belajar dengan memberikan semangat kepada siswa ketika proses
pembelajaran sehingga memiliki harapan dan cita-cita masa depan sehingga peserta
didik memiliki peningkatan dalam proses pembelajaran dengan cara memberikan
adanya penghargaan atau hadiah dalam belajar.ketiga kendala dalam menciptakan
suasana kelas yang kondusif dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa yaitu
kurangnya kemampuan membaca AL Qur‟an siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan data hasil penelitian dan hasil analisis tentang “Strategi Guru
dalam Menciptakan Suasana Kelas yang Kondusif dalam Meningkatkan Minat
Belajar PAI Siswa di SMA Negeri 12 Bone”, maka dapat diambil simpulan bahwa:
1. Terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh guru dalam menciptakan suasana
kelas yang kondusif yang diantaranya yaitu 1). Mempersiapkan perangkat
pembelajaran yang akan digunakan seperti RPP, media pembelajaran, buku paket,
dan penguasaan materi, 2). Memperhatikan kesiapan siswa untuk memulai
pembelajaran, 3). Menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan metode
ceramah, 4). Menyampaikan tujuan pembelajaran, 5). Menyampaikan materi
dengan beberapa analogi yang memudahkan siswa untuk memahami materi 6).
Menjaga siswa agar tetap fokus dengan pembelajaran dengan memberikan
warming up, ice breaking, game, maupun review materi.
2. Strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa
yang diantaranya ada beberapa bagian yaitu:1). Meningkatkan kualitas mengajar
guru, menggunakan media yang telah dipersiapkan, dan menggunakan metode
pembelajaran yang efektif; 2). Mampu menganalisis faktor pendukung dan
penghambat peningkatan minat belajar siswa serta memberikan solusi terhadap
faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya minat belajar siswa; 3). Menfokuskan
pada students center yakni siswa aktif dalam pembelajaran seperti bertanya,
51
52
memberi tanggapan, dll; 4). Selalu memberikan motivasi kepada siswa untuk giat
dalam belajar.
3. Faktor-faktor-faktor yang mendukung proses pembelajaran yaitu siswa
bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran; siswa mendengarkan arahan
dan larangan dari gurunya; tersedianya sumber belajar yang seperti buku pelajaran,
program audio pembelajaran, dan lain-lain; tersedianya sarana dan prasarana yang
mendukung; dan jadwal belajar PAI. Sedangkan faktor yang menghambat kegiatan
pembelajaran yang didapati selama proses pembelajaran PAI yaitu terdapat
beberapa siswa yang masih kurang dalam membaca Al-Qur‟an selain itu terdapat
juga beberapa siswa yang memiliki daya serap yang kurang dalam proses
pembelajaran PAI.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan dari peneliti, tanpa mengurangi rasa hormat peneliti
terhadap semua pihak, dengan segala kerendahan hati peneliti sampaikan beberapa
saran yang sekiranya bermanfaat untuk semua pihak yang berkaitan dengan masalah
yang disusun dalam skripsi “Strategi Guru dalam Menciptakan Suasana Kelas yang
Kondusif dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa di SMA Negeri 12 Bone”
sebagai berikut:
1. Bagi Guru
Peneliti berharap semoga hasil penelitian yang berkaitan dengan beberapa
strategi pembelajaran PAI dalam meningkatkan kondisi kelas yang kondusif dan
juga minat belajar siswa dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk kontribusi
kepada dunia pendidikan khususnya kepada guru PAI dalam menginkatkan proses
pembelajaran yang berkualitas.
2. Bagi Siswa
Harapan peneliti kepada siswa yakni semoga bisa memberikan satu bentuk
gambaran terkait dengan usaha pendidik atau guru dalam memotivasi mereka
dalam belajar sehingga bisa memberikan kesadaran untuk menggerakkan diri
untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran.
3. Bagi Peneliti Selanjutnya
Penulis berharap karya tulis ini bisa menjadi bahan referensi bagi para
peneliti di kemudian hari terkait dengan strategi pembelajaran PAI dalam
meningkatkan kondisi kelas yang kondusif dan juga minat belajar siswa.
kondusif untuk meningkatkan minat belajar PAI siswa di SMA Negeri 12 Bone.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam
menciptakan suasana kelas yang kondusif, peningkatan minat belajar PAI siswa serta
faktor pendukung dan penghambat dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif
dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa. Untuk memperoleh data dari masalah
tersebut penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan kuesioner dan
wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif.
Selanjutnya dalam menganalisis data, penulis melalui tiga tahap kegiatan, yaitu
mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan pertama strategi guru di sekolah SMA Negeri 12
Bone dapat di pahami bahwa salah satu strategi yang di gunakan oleh seorang guru
yaitu membantu peserta didik dalam meningkatakan pemahaman dan di tambah
dengan memotivasi kemudian menarik perhatian peserta didik serta mengektifkan
proses pembelajaran.kedua Terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh guru
dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif dan mengembangkan minat belajar
siswa yang diantaranya yaitu. Adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil,yaitu
memiliki kesiapan untuk mengikuti pembelajaran dengan membawa peralatan seperti
alat menulis dan buku paket dan peralatanl lainya. Adanya Dorongan dan Kebutuhan
dalam Belajar dengan memberikan semangat kepada siswa ketika proses
pembelajaran sehingga memiliki harapan dan cita-cita masa depan sehingga peserta
didik memiliki peningkatan dalam proses pembelajaran dengan cara memberikan
adanya penghargaan atau hadiah dalam belajar.ketiga kendala dalam menciptakan
suasana kelas yang kondusif dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa yaitu
kurangnya kemampuan membaca AL Qur‟an siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan data hasil penelitian dan hasil analisis tentang “Strategi Guru
dalam Menciptakan Suasana Kelas yang Kondusif dalam Meningkatkan Minat
Belajar PAI Siswa di SMA Negeri 12 Bone”, maka dapat diambil simpulan bahwa:
1. Terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh guru dalam menciptakan suasana
kelas yang kondusif yang diantaranya yaitu 1). Mempersiapkan perangkat
pembelajaran yang akan digunakan seperti RPP, media pembelajaran, buku paket,
dan penguasaan materi, 2). Memperhatikan kesiapan siswa untuk memulai
pembelajaran, 3). Menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan metode
ceramah, 4). Menyampaikan tujuan pembelajaran, 5). Menyampaikan materi
dengan beberapa analogi yang memudahkan siswa untuk memahami materi 6).
Menjaga siswa agar tetap fokus dengan pembelajaran dengan memberikan
warming up, ice breaking, game, maupun review materi.
2. Strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa
yang diantaranya ada beberapa bagian yaitu:1). Meningkatkan kualitas mengajar
guru, menggunakan media yang telah dipersiapkan, dan menggunakan metode
pembelajaran yang efektif; 2). Mampu menganalisis faktor pendukung dan
penghambat peningkatan minat belajar siswa serta memberikan solusi terhadap
faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya minat belajar siswa; 3). Menfokuskan
pada students center yakni siswa aktif dalam pembelajaran seperti bertanya,
51
52
memberi tanggapan, dll; 4). Selalu memberikan motivasi kepada siswa untuk giat
dalam belajar.
3. Faktor-faktor-faktor yang mendukung proses pembelajaran yaitu siswa
bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran; siswa mendengarkan arahan
dan larangan dari gurunya; tersedianya sumber belajar yang seperti buku pelajaran,
program audio pembelajaran, dan lain-lain; tersedianya sarana dan prasarana yang
mendukung; dan jadwal belajar PAI. Sedangkan faktor yang menghambat kegiatan
pembelajaran yang didapati selama proses pembelajaran PAI yaitu terdapat
beberapa siswa yang masih kurang dalam membaca Al-Qur‟an selain itu terdapat
juga beberapa siswa yang memiliki daya serap yang kurang dalam proses
pembelajaran PAI.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan dari peneliti, tanpa mengurangi rasa hormat peneliti
terhadap semua pihak, dengan segala kerendahan hati peneliti sampaikan beberapa
saran yang sekiranya bermanfaat untuk semua pihak yang berkaitan dengan masalah
yang disusun dalam skripsi “Strategi Guru dalam Menciptakan Suasana Kelas yang
Kondusif dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa di SMA Negeri 12 Bone”
sebagai berikut:
1. Bagi Guru
Peneliti berharap semoga hasil penelitian yang berkaitan dengan beberapa
strategi pembelajaran PAI dalam meningkatkan kondisi kelas yang kondusif dan
juga minat belajar siswa dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk kontribusi
kepada dunia pendidikan khususnya kepada guru PAI dalam menginkatkan proses
pembelajaran yang berkualitas.
2. Bagi Siswa
Harapan peneliti kepada siswa yakni semoga bisa memberikan satu bentuk
gambaran terkait dengan usaha pendidik atau guru dalam memotivasi mereka
dalam belajar sehingga bisa memberikan kesadaran untuk menggerakkan diri
untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran.
3. Bagi Peneliti Selanjutnya
Penulis berharap karya tulis ini bisa menjadi bahan referensi bagi para
peneliti di kemudian hari terkait dengan strategi pembelajaran PAI dalam
meningkatkan kondisi kelas yang kondusif dan juga minat belajar siswa.
Ketersediaan
| STAR20220256 | 256/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
256/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tabiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
