Implementasi Penilaian Autentik dalam Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Terhadap Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kelas IV MI Al-Kadaria Congko)

No image available for this title
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Penilaian
Autentik dalam Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Terhadap Minat Belajar Siswa
di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kelas IV MI Al-Kadaria Congko)
Metode penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan).
Data yang di peroleh dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar siswa pada masa
pandemi Covid-19 Di MI Al-Kadaria Congko dapat dilihat dari cara guru membuat
proses pembelajaran tetap aktif meskipun pada masa pandemi Covid-19, penilaian
autentik tentunya dapat dilakukan dengan cara melihat antusias siswa dalam proses
pembelajaran dan pemberian tugas. Pemberian tugas-tugas dapat memudahkan guru
untuk mengenali minat belajar dalam mata pelajaran Al-Qur’an hadist. 2) Faktor
pendukung proses penilaian autentik di MI Al-Kadaria Congko pada mata pelajaran
Al-Qur’an Hadist yaitu keaktifan guru dalam memanage suasana kelas menjadi
kondusif dan keantusiasan siswa mengikuti proses pembelajaran. Adapun faktor
penghambatnya adalah koneksi jaringan yang terkadang tidak stabil dan kesulitan
siswa dalam memahami materi secara virtual.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan,
sebagai berikut:
1. Penerapan penilaian autentik pada pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Al-
Kadaria Congko sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Berdasarkan
penejelasan-penjelasan yang dikemukakan oleh narasumber dapat disimpulkan
untuk penilaian sikap guru sendiri yang melakukan observasi terhadap siswa,
untuk penilaian pengetahuannya guru memberikan tugas-tugas tambahan atau
tes tertulis kepada siswa sebagai nilai harian serta penilaian keterampilan
dengan menggunakan proyek. Penerapan penilaian autentik untuk hasil belajar
siswa tetap baik seperti biasanya meski di masa pandemi covid-19.
2. Faktor pendukung penilaian autentik dalam proses pembelajaran di masa
pandemi ini adalah fitur-fitur gadget yang semakin bertambah dan canggih,
dengan adanya berbagai aplikasi yang mendukung proses pembelajaran
pandemi ini tetap mampu diatasi oleh para tenaga pendidik selain itu
kemampuan guru yang mampu menjadikan suasana kelas menjadi kondusif dan
tetap aktif. Adapun yang menjadi faktor penghambat yaitu koneksi jaringan
yang kurang stabil, namun bukanlah masalah yang serius dalam proses
pembelajaran dan penilaian autentik yang dilakukan guru terlebih lagi jika
aplikasi yang digunakan adalah aplikasi chatting whatsapp.
B. Implikasi
Adapun implikasi yang terkait dengan penilaian autentik pembelajaran Al-
Qur’an Hadist sebagai berikut:
1. Demi melancarkan penerapan penilaian autentik guru diharapkan untuk
menggunakan metode belajar yang tidak monoton agar siswa MI Al-Kadaria
Congko tetap antusias dalam proses pembelajaran mata pelajaran Al-Quran
Hadist dan dapat memahami materi yang diajarkan dengan mudah begitu pula
dengan penilaian autentik akan berjalan dengan lancar.
2. Baik faktor pendukung maupun penghambat semua tetap harus diperhatikan
tetapi faktor penghambat membutuhkan perhatian lebih akan hal itu. Dengan
menerapkan metode yang berbeda-beda dalam proses pembelajaran merupakan
salah satu solusi untuk kendala yang dihadapi oleh guru maupun siswa di MI
Al-Kadaria Congko.
Ketersediaan
STAR20230140140/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

140/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top