Implementasi Penilaian Autentik dalam Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Terhadap Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kelas IV MI Al-Kadaria Congko)
Aisya Rahim/02.17.5122 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Penilaian
Autentik dalam Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Terhadap Minat Belajar Siswa
di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kelas IV MI Al-Kadaria Congko)
Metode penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan).
Data yang di peroleh dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar siswa pada masa
pandemi Covid-19 Di MI Al-Kadaria Congko dapat dilihat dari cara guru membuat
proses pembelajaran tetap aktif meskipun pada masa pandemi Covid-19, penilaian
autentik tentunya dapat dilakukan dengan cara melihat antusias siswa dalam proses
pembelajaran dan pemberian tugas. Pemberian tugas-tugas dapat memudahkan guru
untuk mengenali minat belajar dalam mata pelajaran Al-Qur’an hadist. 2) Faktor
pendukung proses penilaian autentik di MI Al-Kadaria Congko pada mata pelajaran
Al-Qur’an Hadist yaitu keaktifan guru dalam memanage suasana kelas menjadi
kondusif dan keantusiasan siswa mengikuti proses pembelajaran. Adapun faktor
penghambatnya adalah koneksi jaringan yang terkadang tidak stabil dan kesulitan
siswa dalam memahami materi secara virtual.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan,
sebagai berikut:
1. Penerapan penilaian autentik pada pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Al-
Kadaria Congko sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Berdasarkan
penejelasan-penjelasan yang dikemukakan oleh narasumber dapat disimpulkan
untuk penilaian sikap guru sendiri yang melakukan observasi terhadap siswa,
untuk penilaian pengetahuannya guru memberikan tugas-tugas tambahan atau
tes tertulis kepada siswa sebagai nilai harian serta penilaian keterampilan
dengan menggunakan proyek. Penerapan penilaian autentik untuk hasil belajar
siswa tetap baik seperti biasanya meski di masa pandemi covid-19.
2. Faktor pendukung penilaian autentik dalam proses pembelajaran di masa
pandemi ini adalah fitur-fitur gadget yang semakin bertambah dan canggih,
dengan adanya berbagai aplikasi yang mendukung proses pembelajaran
pandemi ini tetap mampu diatasi oleh para tenaga pendidik selain itu
kemampuan guru yang mampu menjadikan suasana kelas menjadi kondusif dan
tetap aktif. Adapun yang menjadi faktor penghambat yaitu koneksi jaringan
yang kurang stabil, namun bukanlah masalah yang serius dalam proses
pembelajaran dan penilaian autentik yang dilakukan guru terlebih lagi jika
aplikasi yang digunakan adalah aplikasi chatting whatsapp.
B. Implikasi
Adapun implikasi yang terkait dengan penilaian autentik pembelajaran Al-
Qur’an Hadist sebagai berikut:
1. Demi melancarkan penerapan penilaian autentik guru diharapkan untuk
menggunakan metode belajar yang tidak monoton agar siswa MI Al-Kadaria
Congko tetap antusias dalam proses pembelajaran mata pelajaran Al-Quran
Hadist dan dapat memahami materi yang diajarkan dengan mudah begitu pula
dengan penilaian autentik akan berjalan dengan lancar.
2. Baik faktor pendukung maupun penghambat semua tetap harus diperhatikan
tetapi faktor penghambat membutuhkan perhatian lebih akan hal itu. Dengan
menerapkan metode yang berbeda-beda dalam proses pembelajaran merupakan
salah satu solusi untuk kendala yang dihadapi oleh guru maupun siswa di MI
Al-Kadaria Congko.
Autentik dalam Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Terhadap Minat Belajar Siswa
di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kelas IV MI Al-Kadaria Congko)
Metode penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan).
Data yang di peroleh dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar siswa pada masa
pandemi Covid-19 Di MI Al-Kadaria Congko dapat dilihat dari cara guru membuat
proses pembelajaran tetap aktif meskipun pada masa pandemi Covid-19, penilaian
autentik tentunya dapat dilakukan dengan cara melihat antusias siswa dalam proses
pembelajaran dan pemberian tugas. Pemberian tugas-tugas dapat memudahkan guru
untuk mengenali minat belajar dalam mata pelajaran Al-Qur’an hadist. 2) Faktor
pendukung proses penilaian autentik di MI Al-Kadaria Congko pada mata pelajaran
Al-Qur’an Hadist yaitu keaktifan guru dalam memanage suasana kelas menjadi
kondusif dan keantusiasan siswa mengikuti proses pembelajaran. Adapun faktor
penghambatnya adalah koneksi jaringan yang terkadang tidak stabil dan kesulitan
siswa dalam memahami materi secara virtual.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan,
sebagai berikut:
1. Penerapan penilaian autentik pada pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Al-
Kadaria Congko sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Berdasarkan
penejelasan-penjelasan yang dikemukakan oleh narasumber dapat disimpulkan
untuk penilaian sikap guru sendiri yang melakukan observasi terhadap siswa,
untuk penilaian pengetahuannya guru memberikan tugas-tugas tambahan atau
tes tertulis kepada siswa sebagai nilai harian serta penilaian keterampilan
dengan menggunakan proyek. Penerapan penilaian autentik untuk hasil belajar
siswa tetap baik seperti biasanya meski di masa pandemi covid-19.
2. Faktor pendukung penilaian autentik dalam proses pembelajaran di masa
pandemi ini adalah fitur-fitur gadget yang semakin bertambah dan canggih,
dengan adanya berbagai aplikasi yang mendukung proses pembelajaran
pandemi ini tetap mampu diatasi oleh para tenaga pendidik selain itu
kemampuan guru yang mampu menjadikan suasana kelas menjadi kondusif dan
tetap aktif. Adapun yang menjadi faktor penghambat yaitu koneksi jaringan
yang kurang stabil, namun bukanlah masalah yang serius dalam proses
pembelajaran dan penilaian autentik yang dilakukan guru terlebih lagi jika
aplikasi yang digunakan adalah aplikasi chatting whatsapp.
B. Implikasi
Adapun implikasi yang terkait dengan penilaian autentik pembelajaran Al-
Qur’an Hadist sebagai berikut:
1. Demi melancarkan penerapan penilaian autentik guru diharapkan untuk
menggunakan metode belajar yang tidak monoton agar siswa MI Al-Kadaria
Congko tetap antusias dalam proses pembelajaran mata pelajaran Al-Quran
Hadist dan dapat memahami materi yang diajarkan dengan mudah begitu pula
dengan penilaian autentik akan berjalan dengan lancar.
2. Baik faktor pendukung maupun penghambat semua tetap harus diperhatikan
tetapi faktor penghambat membutuhkan perhatian lebih akan hal itu. Dengan
menerapkan metode yang berbeda-beda dalam proses pembelajaran merupakan
salah satu solusi untuk kendala yang dihadapi oleh guru maupun siswa di MI
Al-Kadaria Congko.
Ketersediaan
| STAR20230140 | 140/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
140/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
