Pengaruh Media Film Animasi terhadap Motivasi BelajarIPA pada Siswa Kelas V di MI Nurul Hidayah Panyula Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film animasi terhadap
motivasi belajar IPA pada siswa kelas V di MI Nurul Hidayah Panyula Kecamatan
Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif (eksperimen) dengan
menggunakan desain One Group Pre-Test dan Post-Test. Populasi dalam penelitian
ini yaitu seluruh siswa kelas V di MI Nurul Hidayah Panyula Kab. Bone. Sampel dari
penelitian ini yakni seluruh siswa kelas V MI Nurul Hidayah Panyula Kab. Bone.
Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Instrumen penelitian
menggunakan panduan observasi, lembar angket dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan penulis yaitu analisis Uji t untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukka bahwa terdapat pengaruh media film animasi terhadap
motivasi belajar IPA pada siswa kelas V di MI Nurul Hidayah Panyula Kecamatan
Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji t
menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel dengan taraf
signifikansi 0.05 atau 5%. Jadi, H 1 diterima. Artinya terdapat pengaruh media film
animasi terhadap motivasi belajar IPA siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah diuraikan dalam bab III
mengenai Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa
Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Hidayah Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur
Kab. Bone dapat disimpulkan sebagai berikut:
Motivasi belajar siswa setelah menggunakan media film animasi pada
pembelajaran IPA dapat diketahui berdasarkan hasil angket dianalisis dengan
menggunakan rating scale dan hasilnya masuk dalam kategori “setuju” dan
dilakukan analisis uji t, terlihat bahwat t hitung > t tabel yaitu 29.9145 > 1.75305. Hal
ini berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan
media film animasi terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V MI Nurul
Hidayah Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat lansung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini dan telah
terbuktinya media film animasi terhadap motivasi belajar IPA siswa, maka penulis
sarankan hal-hal sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar agar menjadikan
media film animasi sebagai suatu alternatif untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa.
2. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti dengan
menggunakan bentuk media lainnya, sehingga terdapat variasi dalam
penambahan wawasan tentang motivasi belajar siswa.
Ketersediaan
STAR20220271271/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

271/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top