Pengaruh Media Film Animasi terhadap Motivasi BelajarIPA pada Siswa Kelas V di MI Nurul Hidayah Panyula Kab. Bone
Ardiatul Aslam/ 02.17.5075 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film animasi terhadap
motivasi belajar IPA pada siswa kelas V di MI Nurul Hidayah Panyula Kecamatan
Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif (eksperimen) dengan
menggunakan desain One Group Pre-Test dan Post-Test. Populasi dalam penelitian
ini yaitu seluruh siswa kelas V di MI Nurul Hidayah Panyula Kab. Bone. Sampel dari
penelitian ini yakni seluruh siswa kelas V MI Nurul Hidayah Panyula Kab. Bone.
Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Instrumen penelitian
menggunakan panduan observasi, lembar angket dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan penulis yaitu analisis Uji t untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukka bahwa terdapat pengaruh media film animasi terhadap
motivasi belajar IPA pada siswa kelas V di MI Nurul Hidayah Panyula Kecamatan
Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji t
menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel dengan taraf
signifikansi 0.05 atau 5%. Jadi, H 1 diterima. Artinya terdapat pengaruh media film
animasi terhadap motivasi belajar IPA siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah diuraikan dalam bab III
mengenai Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa
Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Hidayah Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur
Kab. Bone dapat disimpulkan sebagai berikut:
Motivasi belajar siswa setelah menggunakan media film animasi pada
pembelajaran IPA dapat diketahui berdasarkan hasil angket dianalisis dengan
menggunakan rating scale dan hasilnya masuk dalam kategori “setuju” dan
dilakukan analisis uji t, terlihat bahwat t hitung > t tabel yaitu 29.9145 > 1.75305. Hal
ini berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan
media film animasi terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V MI Nurul
Hidayah Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat lansung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini dan telah
terbuktinya media film animasi terhadap motivasi belajar IPA siswa, maka penulis
sarankan hal-hal sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar agar menjadikan
media film animasi sebagai suatu alternatif untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa.
2. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti dengan
menggunakan bentuk media lainnya, sehingga terdapat variasi dalam
penambahan wawasan tentang motivasi belajar siswa.
motivasi belajar IPA pada siswa kelas V di MI Nurul Hidayah Panyula Kecamatan
Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif (eksperimen) dengan
menggunakan desain One Group Pre-Test dan Post-Test. Populasi dalam penelitian
ini yaitu seluruh siswa kelas V di MI Nurul Hidayah Panyula Kab. Bone. Sampel dari
penelitian ini yakni seluruh siswa kelas V MI Nurul Hidayah Panyula Kab. Bone.
Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Instrumen penelitian
menggunakan panduan observasi, lembar angket dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan penulis yaitu analisis Uji t untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukka bahwa terdapat pengaruh media film animasi terhadap
motivasi belajar IPA pada siswa kelas V di MI Nurul Hidayah Panyula Kecamatan
Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji t
menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel dengan taraf
signifikansi 0.05 atau 5%. Jadi, H 1 diterima. Artinya terdapat pengaruh media film
animasi terhadap motivasi belajar IPA siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah diuraikan dalam bab III
mengenai Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa
Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Hidayah Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur
Kab. Bone dapat disimpulkan sebagai berikut:
Motivasi belajar siswa setelah menggunakan media film animasi pada
pembelajaran IPA dapat diketahui berdasarkan hasil angket dianalisis dengan
menggunakan rating scale dan hasilnya masuk dalam kategori “setuju” dan
dilakukan analisis uji t, terlihat bahwat t hitung > t tabel yaitu 29.9145 > 1.75305. Hal
ini berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan
media film animasi terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V MI Nurul
Hidayah Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat lansung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini dan telah
terbuktinya media film animasi terhadap motivasi belajar IPA siswa, maka penulis
sarankan hal-hal sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar agar menjadikan
media film animasi sebagai suatu alternatif untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa.
2. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti dengan
menggunakan bentuk media lainnya, sehingga terdapat variasi dalam
penambahan wawasan tentang motivasi belajar siswa.
Ketersediaan
| STAR20220271 | 271/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
271/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
