Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Peserta Didik Melalui Metode Reading Guide Di Kelas V Mi Nurul Hidayah Panyula Kab. Bone
Alifka Musdar/ 02.17.5080 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Menumbuhkan Semangat Nasionalisme
Peserta Didik melalui Metode Reading Guide di Kelas V MI Nurul Hidayah Panyula
Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sinergi paham dan rasa
kebangsaan dalam menumbuhkan semangat nasionalisme peserta didik, serta
pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam menumbuhkan semangat
nasionalisme peserta didik melalui metode reading guide di kelas V MI Nurul
Hidayah Panyula Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi dan sosiologis.
Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menumbuhkan semangat nasionalisme
peserta didik melalui metode reading guide di kelas V MI Nurul Hidayah Panyula
Kabupaten Bone, pertama sinergi paham dan rasa kebangsaan menumbuhkan
semangat nasionalisme peserta didik. Paham yang dimaksud adalah pemahaman
mengenai budaya lokal dan rasa kebangsaan yang dimaksud adalah bangga dan loyal
melestarikan budaya lokal. Adapun metode yang diterapkan dalam menumbuhkan
semangat nasionalisme adalah metode reading guide. Metode ini diterapkan dengan
tiga tahap meliputi tahap prabaca, tahap membaca dan pascabaca. Kedua pendukung
dan penghambat penerapan metode reading guide, 1) pendukung penerapan metode
reading guide meliputi peserta didik lebih aktif ketika pembelajaran berlangsung dan
dapat memotivasi peserta didik untuk gemar membaca; 2) penghambat penerapan
metode reading guide meliputi peserta didik yang kurang memiliki minat baca akan
terkendala dalam proses pembelajaran sebab dalam penerapannya peserta didik
dituntut untuk membaca.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah dilakukan
yaitu:
a. Sinergi paham dan rasa kebangsaan menumbuhkan semangat nasionalisme
peserta didik melalui metode reading guide
di kelas V MI Nurul Hidayah
Panyula Kabupaten Bone sudah dilaksanakan dengan melestarikan kebudayaan
lokal. Adapun metode yang digunakan adalah metode reading guide yang
dalam penerapannya meliputi tahap prabaca, membaca dan pascabaca.
b. Pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan semangat nasionalisme
peserta didik melalui metode reading guide adalah peserta didik yang memiliki
minat baca akan aktif dalam proses pembelajaran akan tetapi peserta didik yang
kurang memiliki minat baca akan terkendala dalam proses pembelajaran.
B. Implikasi
a. Pendidik atau guru diharapkan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme
peserta didik dengan berbagai cara atau metode baik dari kegiatan intra maupun
ekstrakurikuler.
b. Peserta didik diharapkan memiliki minat baca yang tinggi sebab salah satu
aspek dalam keterampilan berbahasa adalah membaca. Dengan memiliki minat
baca diharapkan dapat menuntun peserta didik gemar membaca dari berbagai
media, contohnya membaca buku sejarah dengan itu diharapkan dapat
menumbuhkansemangat nasionalisme.
Peserta Didik melalui Metode Reading Guide di Kelas V MI Nurul Hidayah Panyula
Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sinergi paham dan rasa
kebangsaan dalam menumbuhkan semangat nasionalisme peserta didik, serta
pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam menumbuhkan semangat
nasionalisme peserta didik melalui metode reading guide di kelas V MI Nurul
Hidayah Panyula Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi dan sosiologis.
Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menumbuhkan semangat nasionalisme
peserta didik melalui metode reading guide di kelas V MI Nurul Hidayah Panyula
Kabupaten Bone, pertama sinergi paham dan rasa kebangsaan menumbuhkan
semangat nasionalisme peserta didik. Paham yang dimaksud adalah pemahaman
mengenai budaya lokal dan rasa kebangsaan yang dimaksud adalah bangga dan loyal
melestarikan budaya lokal. Adapun metode yang diterapkan dalam menumbuhkan
semangat nasionalisme adalah metode reading guide. Metode ini diterapkan dengan
tiga tahap meliputi tahap prabaca, tahap membaca dan pascabaca. Kedua pendukung
dan penghambat penerapan metode reading guide, 1) pendukung penerapan metode
reading guide meliputi peserta didik lebih aktif ketika pembelajaran berlangsung dan
dapat memotivasi peserta didik untuk gemar membaca; 2) penghambat penerapan
metode reading guide meliputi peserta didik yang kurang memiliki minat baca akan
terkendala dalam proses pembelajaran sebab dalam penerapannya peserta didik
dituntut untuk membaca.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah dilakukan
yaitu:
a. Sinergi paham dan rasa kebangsaan menumbuhkan semangat nasionalisme
peserta didik melalui metode reading guide
di kelas V MI Nurul Hidayah
Panyula Kabupaten Bone sudah dilaksanakan dengan melestarikan kebudayaan
lokal. Adapun metode yang digunakan adalah metode reading guide yang
dalam penerapannya meliputi tahap prabaca, membaca dan pascabaca.
b. Pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan semangat nasionalisme
peserta didik melalui metode reading guide adalah peserta didik yang memiliki
minat baca akan aktif dalam proses pembelajaran akan tetapi peserta didik yang
kurang memiliki minat baca akan terkendala dalam proses pembelajaran.
B. Implikasi
a. Pendidik atau guru diharapkan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme
peserta didik dengan berbagai cara atau metode baik dari kegiatan intra maupun
ekstrakurikuler.
b. Peserta didik diharapkan memiliki minat baca yang tinggi sebab salah satu
aspek dalam keterampilan berbahasa adalah membaca. Dengan memiliki minat
baca diharapkan dapat menuntun peserta didik gemar membaca dari berbagai
media, contohnya membaca buku sejarah dengan itu diharapkan dapat
menumbuhkansemangat nasionalisme.
Ketersediaan
| STAR20220123 | 123/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
123/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
