Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Media Interaktif Berbasis Information, Communication and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone
Imelda Putri/ 02.17.5085 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang peningkatan hasil belajar melalui penggunaan
media interaktif berbasis Information, Communication and Technology (ICT) pada
SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Tujuan dari
peneliti ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa, penggunaan media interaktif
berbasis Information, Communication and Technology (ICT) serta peningkatan hasil
belajar melalui penggunaan media interaktif berbasis Information, Communication
and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan pedagogik dan sosiologis. Data primer dalam penelitian
ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan wawancara
langsung dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar siswa di SD Inpres 3/77
Watang Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone dikategorikan dalam tiga aspek
yakni ranah kongnitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Dari ranah kongnitif guru
membimbing siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi. Pada ranah
apektif guru menetapkan tingkah laku dan kepribadian anak didik. Sedangkan pada
ranah psikomotorguru mengembangkan keterampilan (skill) siswa mengembangkan
kemampuan siswa bertindak menyelesaikan tugas. 2) Penggunaan media interaktif
berbasis Information, Communication and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77
Watang Labotto Kabupaten Bone telah diterapakan melalui pelaksanaan
pembelajaran daring. Melalui metode daring ini materi disampaikan secara langsung
oleh guru melalui group whatsapp. Aplikasi daring juga membuka ruang diskusi bagi
peserta didik yang ingin bertanya di waktu yang sama. Untuk kategori kelas 4,5, dan
6 pembelajaran dilaksanakan dengan sistem diskusi terarah melalui aplikasi daring
yang sudah dibuat oleh guru kelas. Peserta didik mendiskusikan materi secara online
dengan memposting komentar di group whatsapp. 3) Peningkatan hasil belajar
melalui penggunaan media interaktif berbasis Information, Communication and
Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone dilakukan dengan beberapa tahapan dari proses pembelajaran yakni
kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
A. Simpulan
Untuk menjawab rumusan masalah dan setelah penulis mengadakan analisis
tentang Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Media Interaktif Berbasis
Information, Communication and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang
Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, maka disimpulkan sebagai berikut:
1. Hasil belajar siswa di SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone dikategorikan dalam tiga aspek yakni ranah kongnitif, ranah
afektif dan ranah psikomotor. Dari ranah kongnitif guru membimbing siswa
untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi, menjamin terjadinya
pemecahan masalah dan solusi untuk mengatasi kesenjangan hasil belajar
yang dihadapi oleh siswa dan memastikan bahwa pada akhir program
pembelajaran siswa perlu memiliki kompetensi, pengetahuan, keterampilan,
serta sikap yang diperlukan. Pada ranah apektif guru menetapkan tingkah laku
dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan sesuai tuntutan dan
perubahan zaman. Sedangkan pada ranah psikomotorguru mengembangkan
keterampilan (skill) siswamengembangkan kemampuan siswa bertindak
menyelesaikan tugas.
2. Penggunaan media interaktif berbasis Information, Communication and
Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kabupaten Bone
telah diterapakan melalui pelaksanaan pembelajaran daring. Melalui metode
daring ini materi disampaikan secara langsung oleh guru melalui group
whatsapp. Aplikasi daring juga membuka ruang diskusi bagi peserta didik
yang ingin bertanya di waktu yang sama. Untuk kategori kelas 4,5, dan 6
pembelajaran dilaksanakan dengan sistem diskusi terarah melalui aplikasi
daring yang sudah dibuat oleh guru kelas. Peserta didik mendiskusikan materi
secara online dengan memposting komentar di group whatsapp.
3. Peningkatan hasil belajar melalui penggunaan media interaktif berbasis
Information, Communication and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77
Watang Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone dilakukan dengan
beberapa tahapan dari proses pembelajaran yakni kegiatan pembukaan,
kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam kegiatan pembukaan dilakukan
dengan menyiapkan media yang dibutuhkan yaitu laptop, LCD proyektor,
spiker, dan CD pembelajan sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Pada
Kegiatan inti dilakukan dengan menjelaskan materi kepada siswa terlebih
dahulu. Setelah itu pemilihan metode yang tepat untuk pelaksanaan
pembelajaran. Selain metode harus menyiapkan media pembelajaran yang
sesuai dengan materi yang akan diajarkan kepada siswa yakni dengan
menggunakan media ICT. Sedangkan pada kegiatan penutup guru melakukan
dan mengulas kembali secara singkat materi yang baru disampaikan,
melakukan tanya jawab untuk menguatkan daya ingat dan pemahaman siswa
dan pada akhir kegiatan guru memberikan tugas untuk dikerjakan.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan dapat diimplikasikan beberapa masukan dalam
penelitian ini yakni:
1. Meningkatkan kerjasama antara pihak guru di SD Inpres 3/77 Watang Labotto
Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone dalam proses belajar mengajar di kelas,
sehingga penggunaan alat bantu komputer multimedia ini tidak hanya
diterapkan dalam pembelajaran, akan tetapi dapat digunakan pada mata
pelajaran yang lain. Yang menjadikan suasana pembelajaran lebih menarik,
efektif, lebih interaktif dan siswa termotivasi.
2. Hendaknya guru selalu menggunakan strategi mengajar dengan bervariasi.
Kemampuan dan ketrampilan guru dalam mengembangkan pembelajaran
perlu terus ditingkatkan
3. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dengan keterbatasan pengetahuan
penulis jelas masih banyak kekeliruan dan kekurangan dalam penulisan dan
penyusunan skripsi ini. Oleh karena itu kritik dan saran yang bermanfaat dan
yang membangun semangat, penulis harapkan demi kesempurnaan skripsi ini
media interaktif berbasis Information, Communication and Technology (ICT) pada
SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Tujuan dari
peneliti ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa, penggunaan media interaktif
berbasis Information, Communication and Technology (ICT) serta peningkatan hasil
belajar melalui penggunaan media interaktif berbasis Information, Communication
and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan pedagogik dan sosiologis. Data primer dalam penelitian
ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan wawancara
langsung dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar siswa di SD Inpres 3/77
Watang Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone dikategorikan dalam tiga aspek
yakni ranah kongnitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Dari ranah kongnitif guru
membimbing siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi. Pada ranah
apektif guru menetapkan tingkah laku dan kepribadian anak didik. Sedangkan pada
ranah psikomotorguru mengembangkan keterampilan (skill) siswa mengembangkan
kemampuan siswa bertindak menyelesaikan tugas. 2) Penggunaan media interaktif
berbasis Information, Communication and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77
Watang Labotto Kabupaten Bone telah diterapakan melalui pelaksanaan
pembelajaran daring. Melalui metode daring ini materi disampaikan secara langsung
oleh guru melalui group whatsapp. Aplikasi daring juga membuka ruang diskusi bagi
peserta didik yang ingin bertanya di waktu yang sama. Untuk kategori kelas 4,5, dan
6 pembelajaran dilaksanakan dengan sistem diskusi terarah melalui aplikasi daring
yang sudah dibuat oleh guru kelas. Peserta didik mendiskusikan materi secara online
dengan memposting komentar di group whatsapp. 3) Peningkatan hasil belajar
melalui penggunaan media interaktif berbasis Information, Communication and
Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone dilakukan dengan beberapa tahapan dari proses pembelajaran yakni
kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
A. Simpulan
Untuk menjawab rumusan masalah dan setelah penulis mengadakan analisis
tentang Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Media Interaktif Berbasis
Information, Communication and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang
Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, maka disimpulkan sebagai berikut:
1. Hasil belajar siswa di SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone dikategorikan dalam tiga aspek yakni ranah kongnitif, ranah
afektif dan ranah psikomotor. Dari ranah kongnitif guru membimbing siswa
untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi, menjamin terjadinya
pemecahan masalah dan solusi untuk mengatasi kesenjangan hasil belajar
yang dihadapi oleh siswa dan memastikan bahwa pada akhir program
pembelajaran siswa perlu memiliki kompetensi, pengetahuan, keterampilan,
serta sikap yang diperlukan. Pada ranah apektif guru menetapkan tingkah laku
dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan sesuai tuntutan dan
perubahan zaman. Sedangkan pada ranah psikomotorguru mengembangkan
keterampilan (skill) siswamengembangkan kemampuan siswa bertindak
menyelesaikan tugas.
2. Penggunaan media interaktif berbasis Information, Communication and
Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kabupaten Bone
telah diterapakan melalui pelaksanaan pembelajaran daring. Melalui metode
daring ini materi disampaikan secara langsung oleh guru melalui group
whatsapp. Aplikasi daring juga membuka ruang diskusi bagi peserta didik
yang ingin bertanya di waktu yang sama. Untuk kategori kelas 4,5, dan 6
pembelajaran dilaksanakan dengan sistem diskusi terarah melalui aplikasi
daring yang sudah dibuat oleh guru kelas. Peserta didik mendiskusikan materi
secara online dengan memposting komentar di group whatsapp.
3. Peningkatan hasil belajar melalui penggunaan media interaktif berbasis
Information, Communication and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77
Watang Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone dilakukan dengan
beberapa tahapan dari proses pembelajaran yakni kegiatan pembukaan,
kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam kegiatan pembukaan dilakukan
dengan menyiapkan media yang dibutuhkan yaitu laptop, LCD proyektor,
spiker, dan CD pembelajan sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Pada
Kegiatan inti dilakukan dengan menjelaskan materi kepada siswa terlebih
dahulu. Setelah itu pemilihan metode yang tepat untuk pelaksanaan
pembelajaran. Selain metode harus menyiapkan media pembelajaran yang
sesuai dengan materi yang akan diajarkan kepada siswa yakni dengan
menggunakan media ICT. Sedangkan pada kegiatan penutup guru melakukan
dan mengulas kembali secara singkat materi yang baru disampaikan,
melakukan tanya jawab untuk menguatkan daya ingat dan pemahaman siswa
dan pada akhir kegiatan guru memberikan tugas untuk dikerjakan.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan dapat diimplikasikan beberapa masukan dalam
penelitian ini yakni:
1. Meningkatkan kerjasama antara pihak guru di SD Inpres 3/77 Watang Labotto
Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone dalam proses belajar mengajar di kelas,
sehingga penggunaan alat bantu komputer multimedia ini tidak hanya
diterapkan dalam pembelajaran, akan tetapi dapat digunakan pada mata
pelajaran yang lain. Yang menjadikan suasana pembelajaran lebih menarik,
efektif, lebih interaktif dan siswa termotivasi.
2. Hendaknya guru selalu menggunakan strategi mengajar dengan bervariasi.
Kemampuan dan ketrampilan guru dalam mengembangkan pembelajaran
perlu terus ditingkatkan
3. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dengan keterbatasan pengetahuan
penulis jelas masih banyak kekeliruan dan kekurangan dalam penulisan dan
penyusunan skripsi ini. Oleh karena itu kritik dan saran yang bermanfaat dan
yang membangun semangat, penulis harapkan demi kesempurnaan skripsi ini
Ketersediaan
| STAR20210312 | 312/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
312/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
