Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Di Mi Nurul Imam Bulu
Khusnul Khatimah/02.17.5034 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Upaya Guru dan Orang Tua Dalam Meningkatkan
Minat Belajar Siswa di MI Nurul Imam Bulu. Tujuan penulisan skirpsi ini untuk
mengetahui peran guru dan orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa
dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa selama pembelajaran
daring di MI nurul imam Bulu.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk
mengkaji atau meneliti suatu objek pada latar alamiah tanpa ada manipulasi dan
pengujian hipotesis didalamnya. Adapun teknik yang digunakan antara lain;
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengelolaan data yang
digunakan adalah secara kualitatif yang memuat data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dan orang tua dalam
meningkatkan minat belajar siswa selama pembelajaran daring di MI nurul imam
bulu yaitu; guru berperan sebagai edukator, manager, supervisor, inovator, dan
motivator. Peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VI MI
Nurul Imam Bulu ada empat, yakni orang tua berperan sebagai guru dirumah,
fasilitator, motivator, dan
pengarah
atau
director.
Faktor-faktor
yang
mempengaruhi minat belajar siswa kelas VI MI Nurul Imam Bulu ada dua, yakni
faktor pendukung yang terdiri dari perhatian orang tua, ketersediaan teknologi,
dan media pembelajaran; dan faktor penghambat yang terdiri dari kesulitan
belajar, media pembelajaran kurang bervariasi, keterbatasan teknologi, dan
penyalahgunaan teknologi
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, maka diperoleh
kesimpulan sebagai berikut:
1. Peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VI MI Nurul
Imam Bulu ada lima, yakni guru berperan sebagai edukator, sebagai
manager, sebagai supervisor, sebagai inovator, dan sebagai motivator. Peran
orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VI MI Nurul Imam
Bulu ada empat, yakni orang tua berperan sebagai guru dirumah, sebagai
fasilitator, sebagai motivator, dan sebagai pengarah atau director.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VI MI Nurul
Imam Bulu ada dua, yakni faktor pendukung yang terdiri dari perhatian
orang tua, ketersediaan teknologi, dan media pembelajaran; dan faktor
penghambat yang terdiri dari kesulitan belajar, media pembelajaran kurang
bervariasi, keterbatasan teknologi, dan penyalahgunaan teknologi.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, dan kesimpulan diatas maka
ada beberapa saran yang akan penulis sampaikan, yaitu:
5. Saran untuk guru
a) Guru diharapkan mampu memberikan sifat yang baik dan patut untuk di
contoh oleh siswa dan mampu membentuk kepribdian siswa.
b) Guru diharapkan mampu memberikan pengawasan dan bimbingan kepada
siswa.
c) Guru diharapkan mampu memahami permasalah yang dihadapi dan
memberikan solusi terhdap permasalahan siswa.
d) Guru mampu memberikan motivasi kepada siswa.
6. Saran untuk orang tua
a) Orang tua diharapkan mampu menjadi guru di rumah
b) Orang tua diharapkan mampu menyediakan sarana dan prasarana bagi
anaknya
c) Orang tua diharapkan mampu memberikan semangat dan dukungan kepada
anaknya.
7. Saran untuk siswa
Siswa diharapkan mampu dan tetap semagat dalam melakukan proses
belajar selama pembelajara daring berlangsung dan hendaknya fokus dan
berkonsentrasi didalam proses belajar mengajar.
Minat Belajar Siswa di MI Nurul Imam Bulu. Tujuan penulisan skirpsi ini untuk
mengetahui peran guru dan orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa
dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa selama pembelajaran
daring di MI nurul imam Bulu.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk
mengkaji atau meneliti suatu objek pada latar alamiah tanpa ada manipulasi dan
pengujian hipotesis didalamnya. Adapun teknik yang digunakan antara lain;
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengelolaan data yang
digunakan adalah secara kualitatif yang memuat data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dan orang tua dalam
meningkatkan minat belajar siswa selama pembelajaran daring di MI nurul imam
bulu yaitu; guru berperan sebagai edukator, manager, supervisor, inovator, dan
motivator. Peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VI MI
Nurul Imam Bulu ada empat, yakni orang tua berperan sebagai guru dirumah,
fasilitator, motivator, dan
pengarah
atau
director.
Faktor-faktor
yang
mempengaruhi minat belajar siswa kelas VI MI Nurul Imam Bulu ada dua, yakni
faktor pendukung yang terdiri dari perhatian orang tua, ketersediaan teknologi,
dan media pembelajaran; dan faktor penghambat yang terdiri dari kesulitan
belajar, media pembelajaran kurang bervariasi, keterbatasan teknologi, dan
penyalahgunaan teknologi
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, maka diperoleh
kesimpulan sebagai berikut:
1. Peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VI MI Nurul
Imam Bulu ada lima, yakni guru berperan sebagai edukator, sebagai
manager, sebagai supervisor, sebagai inovator, dan sebagai motivator. Peran
orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VI MI Nurul Imam
Bulu ada empat, yakni orang tua berperan sebagai guru dirumah, sebagai
fasilitator, sebagai motivator, dan sebagai pengarah atau director.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VI MI Nurul
Imam Bulu ada dua, yakni faktor pendukung yang terdiri dari perhatian
orang tua, ketersediaan teknologi, dan media pembelajaran; dan faktor
penghambat yang terdiri dari kesulitan belajar, media pembelajaran kurang
bervariasi, keterbatasan teknologi, dan penyalahgunaan teknologi.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, dan kesimpulan diatas maka
ada beberapa saran yang akan penulis sampaikan, yaitu:
5. Saran untuk guru
a) Guru diharapkan mampu memberikan sifat yang baik dan patut untuk di
contoh oleh siswa dan mampu membentuk kepribdian siswa.
b) Guru diharapkan mampu memberikan pengawasan dan bimbingan kepada
siswa.
c) Guru diharapkan mampu memahami permasalah yang dihadapi dan
memberikan solusi terhdap permasalahan siswa.
d) Guru mampu memberikan motivasi kepada siswa.
6. Saran untuk orang tua
a) Orang tua diharapkan mampu menjadi guru di rumah
b) Orang tua diharapkan mampu menyediakan sarana dan prasarana bagi
anaknya
c) Orang tua diharapkan mampu memberikan semangat dan dukungan kepada
anaknya.
7. Saran untuk siswa
Siswa diharapkan mampu dan tetap semagat dalam melakukan proses
belajar selama pembelajara daring berlangsung dan hendaknya fokus dan
berkonsentrasi didalam proses belajar mengajar.
Ketersediaan
| STAR20220083 | 83/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
83/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
