Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Selama Masa Pandemi di MIN 8 Bone
Widya Arda Kusuma/02.17.5052 - Personal Name
Pembelajaran daring yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pembelajaran
yang dilakukan dalam jaringan dan pembelajaran yang dilaksanakan dengan
menggunakan aplikasi sedangkan minat belajar dalam penelitian ini adalah keinginan
yang lebih tulus dari hati untuk melakukan aktivitas belajar dalam suatu mata
pelajaran. Jadi skripsi ini membahas tentang pengaruh pembelajaran daring terhadap
minat belajar siswa di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa selama masa
pandemi di MIN 8 Bone.
Adapun metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan populasi
dalam penelitian ini yaitu melibatkan seluruh siswa MIN 8 Bone, dan sampel
sebanyak 30 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dan berupa
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik
deskriptif dan infrensial teknik analisis statistik product moment.
Hasil dari perhitungan regresi sederhana diperoleh nilai R tabel pada N 30 ialah
0,291 dengan taraf kepercayaan 5%, jika harga koefisien korelasi sebesar 0,41897
berarti harga R hitung lebih besar dari pada harga R tabel (0,41897 > 0,291), sehingga Ho
ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara
pembelajaran daring terhadap minat belajar. Persamaan regresi antara pembelajaran
daring terhadap minat belajar siswa Y‟= 11,97931 + 0,52576, hal ini membuktikan
bahwa terdapat persamaan regresi antara pembelajaran daring terhadap minat belajar
siswa yang bersifat positif. Selanjutnya pada tabel ANOVA nilai F hitung
pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa = 5.961461 dengan tingkat
signifikansi sebesar 0,021F tabel dengan nilai 5,96>4,30. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran daring terhadap
minat belajar siswa selama masa pandemi di MIN 8 Bone. Berdasarkan persamaan
regresi antara pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa Y‟= 11,97931 +
0,52576, hal ini membuktikan bahwa terdapat persamaan regresi antara pembelajaran
daring terhadap minat belajar siswa. Selanjutnya pada tabel ANOVA nilai F hitung
pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa = 5.961461 dengan tingkat
signifikansi sebesar 0,021
yang dilakukan dalam jaringan dan pembelajaran yang dilaksanakan dengan
menggunakan aplikasi sedangkan minat belajar dalam penelitian ini adalah keinginan
yang lebih tulus dari hati untuk melakukan aktivitas belajar dalam suatu mata
pelajaran. Jadi skripsi ini membahas tentang pengaruh pembelajaran daring terhadap
minat belajar siswa di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa selama masa
pandemi di MIN 8 Bone.
Adapun metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan populasi
dalam penelitian ini yaitu melibatkan seluruh siswa MIN 8 Bone, dan sampel
sebanyak 30 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dan berupa
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik
deskriptif dan infrensial teknik analisis statistik product moment.
Hasil dari perhitungan regresi sederhana diperoleh nilai R tabel pada N 30 ialah
0,291 dengan taraf kepercayaan 5%, jika harga koefisien korelasi sebesar 0,41897
berarti harga R hitung lebih besar dari pada harga R tabel (0,41897 > 0,291), sehingga Ho
ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara
pembelajaran daring terhadap minat belajar. Persamaan regresi antara pembelajaran
daring terhadap minat belajar siswa Y‟= 11,97931 + 0,52576, hal ini membuktikan
bahwa terdapat persamaan regresi antara pembelajaran daring terhadap minat belajar
siswa yang bersifat positif. Selanjutnya pada tabel ANOVA nilai F hitung
pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa = 5.961461 dengan tingkat
signifikansi sebesar 0,021F tabel dengan nilai 5,96>4,30. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran daring terhadap
minat belajar siswa selama masa pandemi di MIN 8 Bone. Berdasarkan persamaan
regresi antara pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa Y‟= 11,97931 +
0,52576, hal ini membuktikan bahwa terdapat persamaan regresi antara pembelajaran
daring terhadap minat belajar siswa. Selanjutnya pada tabel ANOVA nilai F hitung
pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa = 5.961461 dengan tingkat
signifikansi sebesar 0,021
Ketersediaan
| STAR20220374 | 374/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
374/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
