Penggunaan Strategi Modelling dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpidato siswa Kelas V MIN 2 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas bagaimana mengetahui kemampuan berpidato siswa
kelas V Min 2 Bone, bagaimana mengetahui penggunaan strategi modelling dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia serta bagaimana mengetahui faktor penghambat dan
pendukung dalam Meningkatkan Kemampuan Berpidato Menggunakan Strategi
Modelling.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data primer dalam
penelitian ini diperoleh langsung dari sumber asli. Adapun sumber data primernya
diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan wawancara,
informan terdiri atas siswa (5 orang) dan wali kelas V MIN 2 BONE.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kemampuan berpidato siswa
dapat dipahami bahwa peserta didik sudah mampu berpidato dengan melakukan
persiapan, menguasai isi pidato yang akan di sampaikan. 2) Penggunaan strategi
modelling dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ada beberapa tahap mulai dari
praktek yang dapat meningkatkan kemampuan berpidato peserta didik, kemudian
tahap demonstrasi yang dapat memberikan trik atau contoh urutan dalam berpidato,
serta tahap skenario dimana peserta didik mampu berbicara dan mengeluarkan
pendapatnya. 3) Penggunaan strategi modelling dalam pembelajaran bahasa indonesia
pada siswa kelas V MIN 2 Bone dapat meningkatkan kemampuan berpidato, hal ini
terlihat pada siswa yang berpidato memiliki ketepatan ucapan, pemilihan kata dan
penggunaan kalimat yang tepat, materi mudah di pahami, dan menguasai topik
pidato yang akan disampaikan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditarik kesimpulan bahwa:
1. kemampuan berpidato siswa dapat dipahami bahwa peserta didik
sudah mampu berpidato dengan melakukan persiapan, menguasai isi
pidato yang akan di sampaikan.
2. Penggunaan strategi modelling dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
ada beberapa tahap mulai dari praktek yang dapat meningkatkan
kemampuan berpidato peserta didik dengan memberi kesempatan
kepada peserta didik agar dapat meniru model/media yang di berikan
oleh guru, kemudian tahap demonstrasi yang dapat memberikan trik
atau contoh urutan dalam berpidato mulai dari salam pembuka hingga
salam penutup agar tertata dengan baik, serta tahap skenario dimana
peserta didik mampu berbicara dan mengeluarkan pendapatnya setelah
melihat contoh yang diberikan guru.
3. upaya guru untuk meningkatkan kemampuan berpidato menggunakan
strategi modelling dalam pembelajaran bahasa indonesia yaitu
memiliki ketepatan ucapan, pemilihan kata, serta penggunaan kalimat
yang tepat dan mudah di pahami, menguasai topik pidato, serta
penggunaan strateg modelling siswa mampu penguasaan kelas karena
dalam memulai pidato guru harus menarik perhatian peserta didik
untuk fokus, guru menyampaikan tema apa yang akan dipelajari,
menggunakan media yang menarik sehingga menarik perhatian peserta
didik. Strategi modelling dapat melatih peserta didik agar mampu
berbicara dan mengeluarkan pendapatnya dan dapat termotivasi setelah
melihat guru memberikan contoh.
B. Implikasi
Sehubungan dengan hasil penelitian, maka penulis mengajukan implikasi
sebgai berikut:
1. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan kemampuan berpidato siswa
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menggunakan strategi
modelling.
2. Upaya untuk meningkatkan kemampuan berpidato menggunakan strategi
modelling dalam pembelajaran bahasa indonesia ada beberapa tahap mulai
dari praktek yang dapat meningkatkan kemampuan berpidato peserta didik
dengan memberi kesempatan kepada peserta didik agar dapat meniru
model/media yang di berikan oleh guru
3. Penelitian ini dapat digunakan oleh peneliti selanjutnya sebagai landasan
untuk penelitian berikutnya dengan objek atau metode penelitian yang
berbeda. Peneliti selanjutnya dapat menjadikan penelitian berikutnya lebih
baik lagi.
Ketersediaan
STAR20220389389/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

389/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top