Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas III Tema 4
Darmayanti/02.17.5008 - Personal Name
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat pada
buku siswa kelas III tema 4. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi
kepustakaan (libraryy research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif.
Adapun teknik pengumpulan data yaitu membaca, mencatat dan menelaah hasil
temuan yang terdapat dalam buku siswa kelas III tema 4. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) dengan menganalis nilai-
nilai karakter yang terdapat dalam buku siswa kelas III tema 4. Berdasarkan analisis
yang telah dilakukan pada buku siswa kelas III tema 4 kewajiban dan hakku,
ditemukan nilai karakter sebanyak 68 nilai yang terdiri dari nilai religius sebanyak 2,
nilai toleransi sebanyak 3, nilai disiplin 4, nilai kerja keras sebanyak 1, nilai kreatif
sebanyak 3, nilai mandiri sebanyak 1, nilai demokrasi sebanyak 9, nilai cinta tanah air
4, nilai menghargai prestasi 1, nilai bersahabat/komunikatif sebanyak 10, nilai cinta
damai sebanyak 1, nilai gemar membaca sebanyak 2, nilai peduli lingkungan
sebanyak 7, nilai peduli lingkungan sosial 4, nilai tanggung jawab sebanyak 16.
A. Simpulan
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada buku siswa kelas III tema 4
kewajiban dan hakku, ditemukan nilai karakter sebanyak 68 nilai yang terdiri dari
nilai religius sebanyak 2, nilai toleransi sebanyak 3, nilai disiplin 4, nilai kerja keras
sebanyak 1, nilai kreatif sebanyak 3, nilai mandiri sebanyak 1, nilai demokrasi
sebanyak 9, nilai cinta tanah air 4, nilai menghargai prestasi 1, nilai
bersahabat/komunikatif sebanyak 10, nilai cinta damai sebanyak 1, nilai gemar
membaca sebanyak 2, nilai peduli lingkungan sebanyak 7, nilai peduli lingkungan
sosial 4, nilai tanggung jawab sebanyak 16.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini peneliti
akan uraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut :
1. Bagi peneliti, diharapkan peneliti dapat memilih sumber belajar yang sesuai
dengan siswa, khususnya sumber belajar yang dapat menanamkan nilai-nilai
karakter dalam diri siswa.
2. Bagi guru, hendaknya guru perlu membaca secara lengkap setiap akan
menggunakan buku siswa, khususnya pada bagian nilai-nilai karakter yang akan
dikembangkan, agar kegiatan yang diberikan kepada siswa benar-benar
mengembangkan nilai-nilai karakter sesuai dengan fokus karakter yang akan
dikembangkan.
3. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengintegrasikan nilai-nilai karakter
pada tema-tema yang lain, sehingga nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan
dapat teridentifikasi secara jelas.
buku siswa kelas III tema 4. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi
kepustakaan (libraryy research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif.
Adapun teknik pengumpulan data yaitu membaca, mencatat dan menelaah hasil
temuan yang terdapat dalam buku siswa kelas III tema 4. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) dengan menganalis nilai-
nilai karakter yang terdapat dalam buku siswa kelas III tema 4. Berdasarkan analisis
yang telah dilakukan pada buku siswa kelas III tema 4 kewajiban dan hakku,
ditemukan nilai karakter sebanyak 68 nilai yang terdiri dari nilai religius sebanyak 2,
nilai toleransi sebanyak 3, nilai disiplin 4, nilai kerja keras sebanyak 1, nilai kreatif
sebanyak 3, nilai mandiri sebanyak 1, nilai demokrasi sebanyak 9, nilai cinta tanah air
4, nilai menghargai prestasi 1, nilai bersahabat/komunikatif sebanyak 10, nilai cinta
damai sebanyak 1, nilai gemar membaca sebanyak 2, nilai peduli lingkungan
sebanyak 7, nilai peduli lingkungan sosial 4, nilai tanggung jawab sebanyak 16.
A. Simpulan
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada buku siswa kelas III tema 4
kewajiban dan hakku, ditemukan nilai karakter sebanyak 68 nilai yang terdiri dari
nilai religius sebanyak 2, nilai toleransi sebanyak 3, nilai disiplin 4, nilai kerja keras
sebanyak 1, nilai kreatif sebanyak 3, nilai mandiri sebanyak 1, nilai demokrasi
sebanyak 9, nilai cinta tanah air 4, nilai menghargai prestasi 1, nilai
bersahabat/komunikatif sebanyak 10, nilai cinta damai sebanyak 1, nilai gemar
membaca sebanyak 2, nilai peduli lingkungan sebanyak 7, nilai peduli lingkungan
sosial 4, nilai tanggung jawab sebanyak 16.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini peneliti
akan uraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut :
1. Bagi peneliti, diharapkan peneliti dapat memilih sumber belajar yang sesuai
dengan siswa, khususnya sumber belajar yang dapat menanamkan nilai-nilai
karakter dalam diri siswa.
2. Bagi guru, hendaknya guru perlu membaca secara lengkap setiap akan
menggunakan buku siswa, khususnya pada bagian nilai-nilai karakter yang akan
dikembangkan, agar kegiatan yang diberikan kepada siswa benar-benar
mengembangkan nilai-nilai karakter sesuai dengan fokus karakter yang akan
dikembangkan.
3. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengintegrasikan nilai-nilai karakter
pada tema-tema yang lain, sehingga nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan
dapat teridentifikasi secara jelas.
Ketersediaan
| STAR20210101 | 101/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
101/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
