Penggunaan Media Stik Hitung Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas I di MI Amir Al-Jannah Tippulue.
A. Mutma Indah Sari/02.17.5006 - Personal Name
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Penggunaan
Media Berhitung Siswa Kelas 1 di MI Amir Al-Jannah Tippulue? 2) Bagaimana
Kemampuan Berhitung Siswa Kelas 1 di MI Amir Al-Jannah Tippulue? 3)
Bagaimana Pengaruh Media Stik Hitung Dalam Meningkatkan Kemampuan
Berhitung Siswa di MI Amir Al-Jannah Tippulue?
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan
populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I dan menjadi sampel yaitu seluruh
siswa kelas I dengan jumlah 32 siswa dan guru wali kelas. Instrumen penelitian
menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif, analisis product moment, dan
teknik analisis persamaan regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif,
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel penggunaan media stik hitung (X)
adalah 36, angka 36 berada pada 36-38 dengan kategori baik. Nilai rata-rata untuk
variabel kemampuan berhitung (Y) adalah 29,60606061, angka 29,60606061 berada
pada 27-29 dengan kategori cukup baik. sedangkan hasil perhitungan untuk mencari
pengaruh penggunaan media stik hitung dalam meningkatkan kemampuan berhitung
siswa diperoleh nilai rxy = 0,26. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan
media stik hitung dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa terdapat korelasi
yang positif. Hasil uji signifikansi menunjukkan hasil ttabel2,03. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang positif dan signifikan antara penggunaan media stik hitung terhadap
kemampuan berhitung siswa. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian
ini telah signifikan, atau terdapat pengaruh yang positif antara penggunaan
media stik hitung dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa di kelas 1
MI Amir Al-Jannah Tippulue Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini,
maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat
bermanfaat bagi sekolah MI Amir Al-Jannah Tippulue, maupun mahasiswa
lain yang berkaitan dengan penggunaan media stik hitung dalam
meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Adapun saran-saran yang dapat
diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Pembelajaran yang diselingi dengan permainan sebaiknya diterapkan
dalam semua mata pelajaran di sekolah dan disesuaikan dengan usia anak,
karena selain anak dapat mengembangkan kemampuan belajarnya anak
juga akan merasa senang bila bermain sambil belajar untuk kedepannya
diharapkan kepada semua pihak-pihak yang terkait di MI Amir Al-Jannah
Tippulue hendaknya senantiasa meningkatkan kemampuan berhitung
siswa dengan menggunakan media yang dapat digunakan, agar siswa
tersebut dapat berkembang dalam hal perhitungan karena kita ketahui
bahwa perhitungan sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.
2. Penerapan model belajar dengan media stik hitung dapat digunakan dalam
Kegiatan Belajar mengajar dan juga dapat digunakan sebagai salah satu
upaya untuk meningkatkan belajar siswa kelas I di MI Amir Al-Jannah
Tippulue. Maka dapat dikemukakan saran bahwa bagi guru harus dapat
menyakinkan, membimbing, dan mengembangkan keterampilan
matematika siswa supaya siswa tersebut dapat terampil dan gemar
berhitung. Dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadi salah
satu acuan dalam penelitian berikutnya.
Media Berhitung Siswa Kelas 1 di MI Amir Al-Jannah Tippulue? 2) Bagaimana
Kemampuan Berhitung Siswa Kelas 1 di MI Amir Al-Jannah Tippulue? 3)
Bagaimana Pengaruh Media Stik Hitung Dalam Meningkatkan Kemampuan
Berhitung Siswa di MI Amir Al-Jannah Tippulue?
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan
populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I dan menjadi sampel yaitu seluruh
siswa kelas I dengan jumlah 32 siswa dan guru wali kelas. Instrumen penelitian
menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif, analisis product moment, dan
teknik analisis persamaan regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif,
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel penggunaan media stik hitung (X)
adalah 36, angka 36 berada pada 36-38 dengan kategori baik. Nilai rata-rata untuk
variabel kemampuan berhitung (Y) adalah 29,60606061, angka 29,60606061 berada
pada 27-29 dengan kategori cukup baik. sedangkan hasil perhitungan untuk mencari
pengaruh penggunaan media stik hitung dalam meningkatkan kemampuan berhitung
siswa diperoleh nilai rxy = 0,26. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan
media stik hitung dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa terdapat korelasi
yang positif. Hasil uji signifikansi menunjukkan hasil ttabel2,03. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang positif dan signifikan antara penggunaan media stik hitung terhadap
kemampuan berhitung siswa. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian
ini telah signifikan, atau terdapat pengaruh yang positif antara penggunaan
media stik hitung dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa di kelas 1
MI Amir Al-Jannah Tippulue Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini,
maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat
bermanfaat bagi sekolah MI Amir Al-Jannah Tippulue, maupun mahasiswa
lain yang berkaitan dengan penggunaan media stik hitung dalam
meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Adapun saran-saran yang dapat
diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Pembelajaran yang diselingi dengan permainan sebaiknya diterapkan
dalam semua mata pelajaran di sekolah dan disesuaikan dengan usia anak,
karena selain anak dapat mengembangkan kemampuan belajarnya anak
juga akan merasa senang bila bermain sambil belajar untuk kedepannya
diharapkan kepada semua pihak-pihak yang terkait di MI Amir Al-Jannah
Tippulue hendaknya senantiasa meningkatkan kemampuan berhitung
siswa dengan menggunakan media yang dapat digunakan, agar siswa
tersebut dapat berkembang dalam hal perhitungan karena kita ketahui
bahwa perhitungan sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.
2. Penerapan model belajar dengan media stik hitung dapat digunakan dalam
Kegiatan Belajar mengajar dan juga dapat digunakan sebagai salah satu
upaya untuk meningkatkan belajar siswa kelas I di MI Amir Al-Jannah
Tippulue. Maka dapat dikemukakan saran bahwa bagi guru harus dapat
menyakinkan, membimbing, dan mengembangkan keterampilan
matematika siswa supaya siswa tersebut dapat terampil dan gemar
berhitung. Dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadi salah
satu acuan dalam penelitian berikutnya.
Ketersediaan
| STAR20210145 | 145/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
145/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
