Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi di MI Syamsu Rasyidi Majang
Eka Sri Syarmah/02.17.5012 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Penerapan Metode Demonstrasi Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi di MI Syamsu Rasyidi
Majang”. Ada dua sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu bagaimana
penerapan metode demonstrasi di MI Syamsu Rasyidi Majang dan bagaimana
tingkat motivasi siswa dalam penerapan metode demonstrasi yang diterapkan di
kelas III MI Syamsu Rasyidi Majang.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, teknik
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan conclusion
drawing/verification.
Hasil penelitian merumuskan, pembelajaran menggunakan metode
demonstrasi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Syamsu Rasyidi Majang bahwa pada
guru kelas III telah mengajarkan pembelajaran dengan menggunakan metode
demonstrasi dan sudah sesuai dengan tahapan-tahapan dalam metode demonstrasi,
Namun dalam penggunaan media pembelajaran masih menggunakan bahan yang
mudah rusak seperti kertas dan karton tetapi media pembelajaran yang digunakan
memang menarik karena penuh dengan gambar yang berwarna yang biasanya
peserta didik menyukai gambar yang berwarna. Tingkat motivasi peserta didik
terutama kelas III di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Syamsu Rasyidi Majang sudah
baik Karena selalu hadir di sekolah serta selalu mengikuti proses pembelajaran
yang dilakukan oleh guru tetapi ada beberapa peseta didik merasa kurang
semangat dalam belajar yaitu ketika materi yang diajarkan oleh gurunya kadang
susah untuk dipahami dan terkadang memang materi diajarkan memang susah
walaupun media yang digunakan guru ketika mengajar sudah baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Pembelajaran menggunakan metode demonstrasi di MI Syamsu Rasyidi
Majang khususnya pada guru kelas III telah mengajarkan pembelajaran dengan
menggunakan metode demonstrasi dan sudah sesuai dengan tahapan-tahapan
dalam metode demonstrasi, Namun dalam penggunaan media pembelajaran
masih menggunakan bahan yang mudah rusak seperti kertas dan karton tetapi
media pembelajaran yang digunakan memang menarik karena penuh dengan
gambar yang berwarna yang biasanya peserta didik menyukai gambar yang
berwarna.
2. Tingkat motivasi peserta didik terutama kelas III di MI Syamsu Rasyidi
Majang sudah baik Karena selalu hadir di sekolah serta selalu mengikuti proses
pembelajaran yang dilakukan oleh guru tetapi ada beberapa peseta didik
merasa kurang semangat dalam belajar yaitu ketika materi yang ajarkan oleh
gurunya kadang susah untuk dipahami dan terkadang memang materi diajarkan
memang susah walaupun media yang digunakan guru ketika mengajar sudah
baik.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan tersebut, maka penulis akan memberikan saran
sebagai bentuk implikasi penelitian, kepada:
1. Pendidik atau guru diharapkan dapat menggunakan metode demonstrasi
ketika materi yang diajarkan memang baik untuk menggunakan metode
demonstrasi dan Pendidik diharapkan dapat menggunakan media
pembelajaran dengan menggunakan bahan dasar baik, tahan lama dan susah
untuk rusak agar media tersebut dapat dipajang serta dapat dipakai kembali
dikemudian hari.
2. Peserta didik diharapkan selalu mengikuti proses belajar mengajar di
sekolah serta selalu memberitahukan kesulitan mereka ketika belajar kepada
guru dan peserta didik diharapkan percaya diri untuk memberitahukan
kepada guru mereka bahwa materi yang diajarkan susah untuk dipahami
agar sekiranya dapat diperjelas.
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi di MI Syamsu Rasyidi
Majang”. Ada dua sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu bagaimana
penerapan metode demonstrasi di MI Syamsu Rasyidi Majang dan bagaimana
tingkat motivasi siswa dalam penerapan metode demonstrasi yang diterapkan di
kelas III MI Syamsu Rasyidi Majang.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, teknik
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan conclusion
drawing/verification.
Hasil penelitian merumuskan, pembelajaran menggunakan metode
demonstrasi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Syamsu Rasyidi Majang bahwa pada
guru kelas III telah mengajarkan pembelajaran dengan menggunakan metode
demonstrasi dan sudah sesuai dengan tahapan-tahapan dalam metode demonstrasi,
Namun dalam penggunaan media pembelajaran masih menggunakan bahan yang
mudah rusak seperti kertas dan karton tetapi media pembelajaran yang digunakan
memang menarik karena penuh dengan gambar yang berwarna yang biasanya
peserta didik menyukai gambar yang berwarna. Tingkat motivasi peserta didik
terutama kelas III di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Syamsu Rasyidi Majang sudah
baik Karena selalu hadir di sekolah serta selalu mengikuti proses pembelajaran
yang dilakukan oleh guru tetapi ada beberapa peseta didik merasa kurang
semangat dalam belajar yaitu ketika materi yang diajarkan oleh gurunya kadang
susah untuk dipahami dan terkadang memang materi diajarkan memang susah
walaupun media yang digunakan guru ketika mengajar sudah baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Pembelajaran menggunakan metode demonstrasi di MI Syamsu Rasyidi
Majang khususnya pada guru kelas III telah mengajarkan pembelajaran dengan
menggunakan metode demonstrasi dan sudah sesuai dengan tahapan-tahapan
dalam metode demonstrasi, Namun dalam penggunaan media pembelajaran
masih menggunakan bahan yang mudah rusak seperti kertas dan karton tetapi
media pembelajaran yang digunakan memang menarik karena penuh dengan
gambar yang berwarna yang biasanya peserta didik menyukai gambar yang
berwarna.
2. Tingkat motivasi peserta didik terutama kelas III di MI Syamsu Rasyidi
Majang sudah baik Karena selalu hadir di sekolah serta selalu mengikuti proses
pembelajaran yang dilakukan oleh guru tetapi ada beberapa peseta didik
merasa kurang semangat dalam belajar yaitu ketika materi yang ajarkan oleh
gurunya kadang susah untuk dipahami dan terkadang memang materi diajarkan
memang susah walaupun media yang digunakan guru ketika mengajar sudah
baik.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan tersebut, maka penulis akan memberikan saran
sebagai bentuk implikasi penelitian, kepada:
1. Pendidik atau guru diharapkan dapat menggunakan metode demonstrasi
ketika materi yang diajarkan memang baik untuk menggunakan metode
demonstrasi dan Pendidik diharapkan dapat menggunakan media
pembelajaran dengan menggunakan bahan dasar baik, tahan lama dan susah
untuk rusak agar media tersebut dapat dipajang serta dapat dipakai kembali
dikemudian hari.
2. Peserta didik diharapkan selalu mengikuti proses belajar mengajar di
sekolah serta selalu memberitahukan kesulitan mereka ketika belajar kepada
guru dan peserta didik diharapkan percaya diri untuk memberitahukan
kepada guru mereka bahwa materi yang diajarkan susah untuk dipahami
agar sekiranya dapat diperjelas.
Ketersediaan
| STAR20220382 | 382/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
382/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
