Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah(MI) Syamsu Rasyidi Majang, Kec. Tanete Riattang Barat Kab.Bone
Dwi Elsa Melia/02.17.5109 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Peran Orang tua dalam meningkatkan
konsentrasi belajar anak selama Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Syamsu Rasyidi Majang”. Ada dua sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu
Peran Orang tua dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak selama pembelajaran
daring pada kelas II MI Syamsu Rasyidi Majang dan Hambatan yang dialami Orang
tua dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak selama pembelajaran daring pada
kelas II MI Syamsu Rasyidi Majang.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi.Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan
conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Peran Orang tua dalam
meningkatkan konsentrasi belajar anak selama pembelajaran daring pada kelas II MI
Syamsu Rasyidi Majang yakni ada empat yaitu menyediakan fasilitas belajar anak
(alat tulis, HP, dan kouta internet), mengawasi kegiatan pembelajaran dan mengatur
waktu belajar anak, member bantuan selama proses belajar dirumah khususnya dalam
menyelesaikan PR, dan memberi pertolongan saat anak mengalami kesulitan belajar.
2) Hambatan yang dialami Orang tua dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak
selama pembelajaran daring pada kelas II MI Syamsu Rasyidi Majang yakni terkait
akses jaringan kurang mendukung, persoalan waktu, pemahaman orang tua terkait
materi yang terbatas, dan keterbatasan kouta internet
A. SIMPULAN
Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Peran Orang tua dalam pengawasan belajar anak selama pembelajaran daring
pada kelas 2 MI Syamsu Rasyidi Majang, yakni menyediakan fasilitas belajar,
mengawasi,danbantuan proses belajar.
2. Hambatan yang dialami Orang tua dalam meningkatkan konsentrasi belajar
anak selama pembelajaran daring pada kelas 2 MI Syamsu Rasyidi Majang,
yakni Akses jaringan kurang mendukung, persoalan waktu, kurang memahami
materi dan keterbatasan kouta internet.
3. Peran Orang tua dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak selama
pembelajaran daring pada kelas 2 MI Syamsu Rasyidi Majang, yakni
menyediakan fasilitas belajar, mengawasi dan mengatur waktu belajar anak,
bantuan proses belajar, dan menolong kesulitan belajar anak.
B. IMPLIKASI
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru, agar tetap selalu membimbing dan memberi motivasi kepada
peserta didik, serta membuat video pembelajaran semenarik mungkin agar
peserta didik lebih tertarik dan aktif dalam mengikuti pembelajaran daring.
2. Bagi orang tua, agar selalu mengawasi, mendampingi dan memberikan
perhatian kepada anaknya untuk tetap semangat dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran daring (dalam jaringan).
konsentrasi belajar anak selama Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Syamsu Rasyidi Majang”. Ada dua sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu
Peran Orang tua dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak selama pembelajaran
daring pada kelas II MI Syamsu Rasyidi Majang dan Hambatan yang dialami Orang
tua dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak selama pembelajaran daring pada
kelas II MI Syamsu Rasyidi Majang.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi.Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan
conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Peran Orang tua dalam
meningkatkan konsentrasi belajar anak selama pembelajaran daring pada kelas II MI
Syamsu Rasyidi Majang yakni ada empat yaitu menyediakan fasilitas belajar anak
(alat tulis, HP, dan kouta internet), mengawasi kegiatan pembelajaran dan mengatur
waktu belajar anak, member bantuan selama proses belajar dirumah khususnya dalam
menyelesaikan PR, dan memberi pertolongan saat anak mengalami kesulitan belajar.
2) Hambatan yang dialami Orang tua dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak
selama pembelajaran daring pada kelas II MI Syamsu Rasyidi Majang yakni terkait
akses jaringan kurang mendukung, persoalan waktu, pemahaman orang tua terkait
materi yang terbatas, dan keterbatasan kouta internet
A. SIMPULAN
Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Peran Orang tua dalam pengawasan belajar anak selama pembelajaran daring
pada kelas 2 MI Syamsu Rasyidi Majang, yakni menyediakan fasilitas belajar,
mengawasi,danbantuan proses belajar.
2. Hambatan yang dialami Orang tua dalam meningkatkan konsentrasi belajar
anak selama pembelajaran daring pada kelas 2 MI Syamsu Rasyidi Majang,
yakni Akses jaringan kurang mendukung, persoalan waktu, kurang memahami
materi dan keterbatasan kouta internet.
3. Peran Orang tua dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak selama
pembelajaran daring pada kelas 2 MI Syamsu Rasyidi Majang, yakni
menyediakan fasilitas belajar, mengawasi dan mengatur waktu belajar anak,
bantuan proses belajar, dan menolong kesulitan belajar anak.
B. IMPLIKASI
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru, agar tetap selalu membimbing dan memberi motivasi kepada
peserta didik, serta membuat video pembelajaran semenarik mungkin agar
peserta didik lebih tertarik dan aktif dalam mengikuti pembelajaran daring.
2. Bagi orang tua, agar selalu mengawasi, mendampingi dan memberikan
perhatian kepada anaknya untuk tetap semangat dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran daring (dalam jaringan).
Ketersediaan
| STAR20210396 | 396/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
396/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
