Pengaruh Multimedia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Inpres 12/79 Tassipi Kecamatan Amali Kabupaten Bone Di Masa Pandemi

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Pengaruh Multimedia Untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa SD Inpres 12/79 Tassipi Kecamatan Amali Kabupaten Bone
Di Masa Pandemi. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu penggunaan
multimedia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SD Inpres 12/79 Tassipi
Kecamatan Amali Kabupaten Bone Di Masa Pandemi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui tingkat
motivasi belajar siswa kelas IV SD Inpres 12/79 Tassipi di masa pandemi sebelum
dan sesudah di ajar menggunakan multimedia (2) Bagaimana efektivitas multimedia
di tinjau dari motivasi belajar siswa di SD Inpres 12/79 Tassipi di masa pandemi.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data
dengan metode observasi dan koesioner yaitu suatu metode yang digunakan dengan
menyebar beberapa pertanyaan yang sesuai indikator variabel dan mengadakan
pengamatan terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu
penelitian kuantitatif (statistik) yaitu mengolah data dengan bertolak dari teori-teori
untuk mendapatkan kejelasan pada masalah, baik data yang terdapat di lapangan
maupun yang terdapat pada kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) Penggunaaan multimedia pada materi
pembelajaran daring di SD Inpres 12/79 Tassipi Kecamatan Amali Kabupaten Bone
meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai hasil tes
yang telah dilakukan dimana nilai rata-rata siswa yang didapatkan pada saat tes awal
atau pretest yaitu 84,25 dan nilai tes akhir atau posttest setelah diberikan perlakuan
menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran yaituhasil nilai rata-rata siswa yang
didapatkan 96,15. hasil uji-t menggunakan SPSS for windows versi 23 pada nilai
pretest dan posttest motivasi belajar siswa, dapat diketahui nilai probabilitas
(signifikansi ) 2-tailed adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi
belajar siswa lebih baik setelah menerapkan multimedia.Oleh karena itu, multimedia
efektif di gunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi ini.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis tentang efektivitas
pembelajaran menggunakan multimedia untuk meningkatkan motivasi belajar
kelas IV di SD Inpres 12/79 Tassipi Kabupaten Bone,maka penulis dapat
menyimpulkan:
1. Konstribusi multimedia interaktif dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa di SD Inpres 12/79 Tassipi Kecamatan Amali Kabupaten
Bone. Hal ini dapat dilihat dari nilai Kuesioner yang ada,dimana skor
rata-rata siswa yang didapatkan pada saat tes awal atau pretest yaitu
84.25. Kemudian diberikan perlakuan menggunakan multimedia
dalam pembelajaran dan untuk mengukur motivasi belajar siswa dalam
proses pembelajaran maka selanjutnya diberikan tes akhir atau posttest
dimana hasil skor rata-rata siswa yang didapatkan yaitu 96,15. Hal ini
menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa lebih baik setelah
menggunakan multimedia.
2. Penggunaaan Multimedia memberikan penagaruh terhadap tingkat
motivasi siswa di SD Inpres 12/79 Tassipi Kecamatan Amali
Kabupaten Bone dengan.Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t
menggunakan SPSS for windows versi 23 pada nilai pretest dan
posttest motivasi belajar siswa, dapat diketahui nilai probabilitas
(signifikansi ) 2-tailed adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan
bahwa motivasi belajar siswa lebih baik setelah menerapkan
multimedia.Oleh karena itu, multimedia efektif di gunakan untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi ini.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi Sekolah
Multimedia interaktif sebaiknya lebih sering digunakan dalam
pembelajaran di kelas khususnya pada pembelajaran daring. Media
pembelajaran ini dapat menjadi alternative yang tepat sebagai upaya untuk
menyajikan materi pembelajaran yang bervariasi sehingga pembelajaran
dapat terlaksana dengan baik. Dengan bervariasinya pembelajaran maka
akan meningkatkan motivasi belajar siswa.
2. Bagi Guru
Guru diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang bervariatif
pada pembelajaran lainya. Guru sebaiknya menggunakan multimedia dalam
proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran daring karena dapat
membuat siswa tertarik untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran
serta motivasi siswa dapat meningkat.
3. Bagi Siswa
Bagi siswa diharapkan dapat secara mandiri dalam belajar,mampu
mempelajari materi tanpa harus terlalu bergantung kepada orang tua. Serta
lebih berani dalam mengungkapkan pendapatnya atau bertanya untuk
mencari tahu materi yang bersangkutan.
4. Bagi Peneliti Lain
Bagi peneliti lain diharapkaan dapat dikembangkan untuk penelitian
selanjutnya agar dapat terus memperbaiki kualitas pembelajaran yang ada,
mengingat banyaknya permasalahan yang mungkin terjadi dalam kegitatan
pendidikan
Ketersediaan
STAR20210340340/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

340/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

multimedia

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top