Penerapan Prinsip Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STAIN Watampone
Harlinda/02.143.049 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Penerapan Prinsip Pengembangan
Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Prodi Manajemen Pendidikan
Islam (MPI) IAIN Bone. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana
penerapan prinsip pengembangan kurikulum di prodi Manajemen Pendidikan Islam
(MPI) IAIN Bone, bagaimana cara meningkatkan kualitas lulusan di Manajemen
Pendidikan Islam (MPI) IAIN Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Prinsip Pengembangan
Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Prodi Manajemen Pendidikan
Islam (MPI) STAIN Watampone dapat di uraikan berdasarkan dimensi Pertama,
penerapan prinsip pengembangan kurikulum di prodi Manajemen Pendidikan Islam
(MPI) sudah terlaksana dengan baik misalnya dosen diberikan kesempatan dalam
mengembangkan program pengajaran, dalam pencapaian kurikulum dilakukan
dengan cara mengaplikasikan pengembangan bidang study dan mengatur
perencanaan SKS, perencanaan mata kuliah dan perencanaan tujuan yang akan
dicapai secara berstruktur. Kedua kualitas lulusan di prodi Manajemen Pendidikan
Islam (MPI) STAIN Watampone sudah baik, meskipun dalam penyerapan dunia
kerja kualitas lulusannya sudah ada yang terserap dan adapula yang tidak terserap
dalam dunia kerja, walaupun banyak kendala-kendala yang dihadapi dalam
meningkatkan kualias lulusan baik yang berasal dari Sumber Daya Manusia (SDM)
atau tenaga pendidik yang masih kurang rasio perbandingan mahasiswa dengan dosen
belum rasional dan fasilitas yang ada masih kurang memadai.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan prinsip pengembangan kurikulum di prodi Manajemen Pendidikan
Islam (MPI) STAIN Watampone sudah terlaksana dengan baik dengan
menggunakan prinsip relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, efisiensi dan
efektivitas dalam mengembangkan kurikulum pengajaran.
2. Kualitas lulusan di prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STAIN
Watampone dalam penyerapan dunia kerja sudah baik, meskipun ada yang
terserap dan adapula yang tidak terserap dalam dunia pekerjaan.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang penerapan prinsip pengembangan
kurikulum dalam meningkatkan kualitas lulusan prodi Manajemen Pendidikan
Islam STAIN Watampone, maka saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu
sebagai berikut:
1. Hendaknya unsur pimpinan senantiasa meningkatan Sumber Daya Manusia
(SDM) tenaga pendidik sehingga perbandingan mahasiswa dengan dosen lebih
rasional.
2. Hendaknya unsur pimpinan menyediakan fasilitas yang belum memadai agar
dapat meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik .
Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Prodi Manajemen Pendidikan
Islam (MPI) IAIN Bone. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana
penerapan prinsip pengembangan kurikulum di prodi Manajemen Pendidikan Islam
(MPI) IAIN Bone, bagaimana cara meningkatkan kualitas lulusan di Manajemen
Pendidikan Islam (MPI) IAIN Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Prinsip Pengembangan
Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Prodi Manajemen Pendidikan
Islam (MPI) STAIN Watampone dapat di uraikan berdasarkan dimensi Pertama,
penerapan prinsip pengembangan kurikulum di prodi Manajemen Pendidikan Islam
(MPI) sudah terlaksana dengan baik misalnya dosen diberikan kesempatan dalam
mengembangkan program pengajaran, dalam pencapaian kurikulum dilakukan
dengan cara mengaplikasikan pengembangan bidang study dan mengatur
perencanaan SKS, perencanaan mata kuliah dan perencanaan tujuan yang akan
dicapai secara berstruktur. Kedua kualitas lulusan di prodi Manajemen Pendidikan
Islam (MPI) STAIN Watampone sudah baik, meskipun dalam penyerapan dunia
kerja kualitas lulusannya sudah ada yang terserap dan adapula yang tidak terserap
dalam dunia kerja, walaupun banyak kendala-kendala yang dihadapi dalam
meningkatkan kualias lulusan baik yang berasal dari Sumber Daya Manusia (SDM)
atau tenaga pendidik yang masih kurang rasio perbandingan mahasiswa dengan dosen
belum rasional dan fasilitas yang ada masih kurang memadai.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan prinsip pengembangan kurikulum di prodi Manajemen Pendidikan
Islam (MPI) STAIN Watampone sudah terlaksana dengan baik dengan
menggunakan prinsip relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, efisiensi dan
efektivitas dalam mengembangkan kurikulum pengajaran.
2. Kualitas lulusan di prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STAIN
Watampone dalam penyerapan dunia kerja sudah baik, meskipun ada yang
terserap dan adapula yang tidak terserap dalam dunia pekerjaan.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang penerapan prinsip pengembangan
kurikulum dalam meningkatkan kualitas lulusan prodi Manajemen Pendidikan
Islam STAIN Watampone, maka saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu
sebagai berikut:
1. Hendaknya unsur pimpinan senantiasa meningkatan Sumber Daya Manusia
(SDM) tenaga pendidik sehingga perbandingan mahasiswa dengan dosen lebih
rasional.
2. Hendaknya unsur pimpinan menyediakan fasilitas yang belum memadai agar
dapat meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik .
Ketersediaan
| STAR20180321 | 321/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
321/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
