Urgensi Penerapan Strategi Ekspositori Guru untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Barebbo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
Hesti Mildanasari S/02. 16. 1138 - Personal Name
Skripsi membahas mengenai “Urgensi Penerapan Strategi Ekspositori Guru
untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Barebbo
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini
yakni bagaimana Penerapan Strategi Ekspositori Guru PAI dalam Meningkatkan
Pemahaman Siswa? dan Apa Kelebihan dan Kekurangan Strategi Ekspositori Guru
PAI? Serta Bagaimana Dampak Penerapan Strategi Ekspositori Guru PAI dalam
Meningkatkan Pemahaman Siswa?
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis penelitian
kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Melakukan pendekatan paedagogis, teologi normatif dan psikologis
dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga
tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa urgensi penerapan strategi ekspositori
guru untuk meningkatkan pemahaman pendidikan agama Islam di SMPN 1 Barebbo
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dapat diuraikan berdasarkan dimensi Pertama,
penerapan strategi ekspositori guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan
Pemahaman Siswa di SMPN 1 Barebbo langkah yang dipersipkan oleh guru yaitu
menguasi materi secara penuh dan menggunakan bahasa komunikatif serta guru
bertindak sebagai orang yang mampu menggugah, menginspirasi dan membangkitkan
emosi siswa dengan menggunakan intonasi yang jelas dan tepat. Kedua, kendala
penerapan strategi ekspositori yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam di
SMPN 1 Barebbo yaitu guru dapat mengontrol, mengelola dan mengetahui sejauh
mana kemampuan siswa dalam memahami pelajaran yang telah disampaikan, dalam
pembelajaran ekspositori siswa tidak dituntut untuk bertutur ulang terhadap materi
yang telah disampaikan karena model pembelajaran ini hanya guru berperang penuh
dalam proses pembelajaran. Ketiga, penggunaan strategi ekspositori yang dilakukan
oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Barebbo memberikan dampak yang
sangat baik untuk siswa maupun guru. Dalam proses pembelajaran pendidikan agama
Islam siswa diajarkan tentang syariat Islam serta diajarkan tentang tingkah laku yang
baik. Ilmu yang didapatkan oleh siswa dalam proses pendidikan apabila diaplikasikan
dalam kehidupan sehari-hari akan memberikan manfaat untuk dirinya sendiri maupun
orang lain.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan strategi ekspositori guru Pendidikan Agama Islam dalam
Meningkatkan Pemahaman Siswa di SMPN 1 Barebbo langkah yang
dipersipkan oleh guru yaitu dituntut untuk menguasi materi secara penuh dalam
menggunakan strategi ekspositori dan guru bertindak sebagai orang yang
mampu menggugah, menginspirasi dan membangkitkan emosi siswa dengan
menggunakan intonasi yang jelas dan tepat. Guru di SMPN 1 Barebbo sudah
menggunakan bahasa yang komunikatif dalam menyampaikan materi pelajaran
serta dalam mengukur tingkat pemahaman siswa guru melakukan evaluasi
untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa.
2. Strategi pembelajaran ekspositori memiliki kendala penerapan strategi
ekspositori guru PAI yaitu kendala ekspositori yang diterapkan oleh guru
Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Barebbo, guru dapat mengontrol urutan
dan keluasan materi pelajaran yang telah disampaikan serta guru akan
mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami pelajaran yang telah
disampaikan, dengan penggunaan pembelajaran ekspositori guru dituntut untuk
mampu mengelola kelas dengan baik, karena apabila guru mampu mengelola
kelas dengan jumlah siswa yang banyak maka akan tercipta suasana kelas yang
kondusif. Kelemahan dalam pembelajaran ekspositori siswa tidak dituntut
untuk bertutur ulang terhadap materi yang telah disampaikan karena model
pembelajaran ini hanya guru berperang penuh dalam proses pembelajaran.
3. Penggunaan strategi ekspositori yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama
Islam di SMPN 1 Barebbo memberikan dampak yang baik karena siswa
dibiasakan berdoa sebelum belajar untuk meningkatkan keimanan dan
ketakwaanya, serta dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam siswa
diajarkan cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar serta diajarkan
tentang tingkah laku yang baik agar memberikan manfaat untuk dirinya sendiri
maupun orang lain karena ilmu yang didapatkan oleh siswa dalam proses
pendidikan apabila diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari akan
memberikan manfaat untuk masyarakat.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang urgensi penerapan strategi ekspositori
guru untuk meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Barebbo
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, maka saran yang akan peneliti sampaikan
yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru Pendidikan Agama Islam tetap mengembangan
strategi pembelajaran ekspositori untuk menumbuhkan motivasi dan minat
belajar siswa
2. Diharapkan kepada siswa dengan mempelajari Pendidikan Agama Islam materi
yang didapatkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
didalam dunia pendidikan formal, nonformal maupun pendidikan informal.
untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Barebbo
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini
yakni bagaimana Penerapan Strategi Ekspositori Guru PAI dalam Meningkatkan
Pemahaman Siswa? dan Apa Kelebihan dan Kekurangan Strategi Ekspositori Guru
PAI? Serta Bagaimana Dampak Penerapan Strategi Ekspositori Guru PAI dalam
Meningkatkan Pemahaman Siswa?
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis penelitian
kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Melakukan pendekatan paedagogis, teologi normatif dan psikologis
dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga
tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa urgensi penerapan strategi ekspositori
guru untuk meningkatkan pemahaman pendidikan agama Islam di SMPN 1 Barebbo
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dapat diuraikan berdasarkan dimensi Pertama,
penerapan strategi ekspositori guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan
Pemahaman Siswa di SMPN 1 Barebbo langkah yang dipersipkan oleh guru yaitu
menguasi materi secara penuh dan menggunakan bahasa komunikatif serta guru
bertindak sebagai orang yang mampu menggugah, menginspirasi dan membangkitkan
emosi siswa dengan menggunakan intonasi yang jelas dan tepat. Kedua, kendala
penerapan strategi ekspositori yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam di
SMPN 1 Barebbo yaitu guru dapat mengontrol, mengelola dan mengetahui sejauh
mana kemampuan siswa dalam memahami pelajaran yang telah disampaikan, dalam
pembelajaran ekspositori siswa tidak dituntut untuk bertutur ulang terhadap materi
yang telah disampaikan karena model pembelajaran ini hanya guru berperang penuh
dalam proses pembelajaran. Ketiga, penggunaan strategi ekspositori yang dilakukan
oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Barebbo memberikan dampak yang
sangat baik untuk siswa maupun guru. Dalam proses pembelajaran pendidikan agama
Islam siswa diajarkan tentang syariat Islam serta diajarkan tentang tingkah laku yang
baik. Ilmu yang didapatkan oleh siswa dalam proses pendidikan apabila diaplikasikan
dalam kehidupan sehari-hari akan memberikan manfaat untuk dirinya sendiri maupun
orang lain.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan strategi ekspositori guru Pendidikan Agama Islam dalam
Meningkatkan Pemahaman Siswa di SMPN 1 Barebbo langkah yang
dipersipkan oleh guru yaitu dituntut untuk menguasi materi secara penuh dalam
menggunakan strategi ekspositori dan guru bertindak sebagai orang yang
mampu menggugah, menginspirasi dan membangkitkan emosi siswa dengan
menggunakan intonasi yang jelas dan tepat. Guru di SMPN 1 Barebbo sudah
menggunakan bahasa yang komunikatif dalam menyampaikan materi pelajaran
serta dalam mengukur tingkat pemahaman siswa guru melakukan evaluasi
untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa.
2. Strategi pembelajaran ekspositori memiliki kendala penerapan strategi
ekspositori guru PAI yaitu kendala ekspositori yang diterapkan oleh guru
Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Barebbo, guru dapat mengontrol urutan
dan keluasan materi pelajaran yang telah disampaikan serta guru akan
mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami pelajaran yang telah
disampaikan, dengan penggunaan pembelajaran ekspositori guru dituntut untuk
mampu mengelola kelas dengan baik, karena apabila guru mampu mengelola
kelas dengan jumlah siswa yang banyak maka akan tercipta suasana kelas yang
kondusif. Kelemahan dalam pembelajaran ekspositori siswa tidak dituntut
untuk bertutur ulang terhadap materi yang telah disampaikan karena model
pembelajaran ini hanya guru berperang penuh dalam proses pembelajaran.
3. Penggunaan strategi ekspositori yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama
Islam di SMPN 1 Barebbo memberikan dampak yang baik karena siswa
dibiasakan berdoa sebelum belajar untuk meningkatkan keimanan dan
ketakwaanya, serta dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam siswa
diajarkan cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar serta diajarkan
tentang tingkah laku yang baik agar memberikan manfaat untuk dirinya sendiri
maupun orang lain karena ilmu yang didapatkan oleh siswa dalam proses
pendidikan apabila diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari akan
memberikan manfaat untuk masyarakat.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang urgensi penerapan strategi ekspositori
guru untuk meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Barebbo
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, maka saran yang akan peneliti sampaikan
yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru Pendidikan Agama Islam tetap mengembangan
strategi pembelajaran ekspositori untuk menumbuhkan motivasi dan minat
belajar siswa
2. Diharapkan kepada siswa dengan mempelajari Pendidikan Agama Islam materi
yang didapatkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
didalam dunia pendidikan formal, nonformal maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20200055 | 55/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
55/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
