Urgensi Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di SDIT Rabbani Yayasan Ibnu Qayyim Kab. Bone
Ade Agustina/02.14.1002 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Urgensi Kreativitas guru dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran PAI di SDIT Rabbani Yayasan Ibnu Qayyim Kab. Bone”. Hal
ini dikaji dalam skripsi ini bagaimana bentuk-bentuk kreativitas guru dalam
meningkatkan pembelajaran PAI dan Bagaimana urgensi kreativitas guru dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah serta Bagaimana faktor
pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran PAI di Sekolah.
Untuk memudahkan pemecahn masalah tersebut di atas, penulis menggunakan
metode Field Research yang besifat lapangan yakni mengumpulkan data dengan
datang secara langsung kelokasi penelitian dan metode Library Research yakni
mengumpulkan data dari berbagai mcam literature, dan buku yang berkaitan dengan
judul skripsi. Bertujuan untuk memperoleh data primer dan data skunder yang
diperoleh melalui teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Bentuk kerativitas guru disekolah
dasar SD IT Rabbani yang diterapkan ialah dengan penggunaan media audio visual
seperti memperlihatkan gambar dan video, variasi mengajar agar siswa tidak mudah
jenuh dan bosan serta bentuk kreativitas dalam kedisiplinan dalam proses
pembelajaran. Dengan diterapkannya tersebut, guru berusaha untuk membuat siswa
paham dan tertarik dengan pelajaran PAI dengan bentuk kreativitas yang ada. Dan
siswa pun lebih mudah memahami dan menangkap pembelajaran tersebut.Urgrnsi
kreativitas guru dalam pembelajarab PAI di SD IT Rabbani dapat melahirkan sesuatu
yang baru baik berupa gagasan ide, karya nyata, mendapatkan suasana pembelajaran
yang berbeda dengan memberikan metode gambar yang berbeda dari pelajaran lain,
praktek dengan menggunakan media atau alat yang tersedia, degan contoh-contoh
yang mudah dipahami, dan pembacaan buku kisah dalam pembelajaran PAI.
Sehingga kreativitas guru sangatlah penting dan sangat diperlukan untuk lebih
memahamkan siswa dalam pelajaran agar siswa tidak jenuh dan bosan dalam
menerima materi. Faktor pendukung kreativitas guru ialah faktor lingkungan serta
didikan orang tua sehingga anak memiliki kreativitas yang baik sedangkan faktor
penghambat kreativitas guru ialah faktor perbedaan potensi yang dimiliki siswa
dalam memahami pelajaran serta jam pelajaran yang dirasa kurang cukup untuk
menjelaskan dan mempraktekkan materi PAI di kelas. Dan Fasilitas Sekolah juga
mempengaruhi kreativitas guru dalam proses pembelajaran yang ada merupakan
faktor penting upaya guru memaksimalkan programnya, fasilitas yang kurang
lengkap akan menjadi kendala yang berarti bagi seorang guru dalam beraktivitas, juga
jumlah peserta didik didalam kelas yang banyak, dan keterbatasan alat penunjang
mata pelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan di kelas
IV, V dan VI. Penulis uraikan dalam bab III mengenai Urgensi kreativitas guru
dalam meningkatkn kualitas pembelajaran PAI di SDIT Rabbani Yayasan Ibnu
qayyim dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Bentuk kerativitas guru disekolah dasar SD IT Rabbani yang diterapkan ialah
dengan penggunaan media audio visual untuk memperlihatkan gambar dan
video. Dan siswa pun lebih mudah memahami dan menangkap pembelajaran
tersebut.
2. Urgrnsi kreativitas guru dalam pembelajara PAI di SD IT Rabbani dapat
melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan ide, karya nyata,
mendapatkan suasana pembelajaran yang berbeda dengan memberikan
metode gambar yang berbeda dari pelajaran lain, praktek dengan
menggunakan media atau alat yang tersedia, degan contoh-contoh yang
mudah dipahami, dan pembacaan buku kisah dalam pembelajaran PAI.
Sehingga kreativitas guru sangatlah penting dan sangat diperlukan untuk
lebih memahamkan siswa dalam pelajaran agar siswa tidak jenuh dan bosan
dalam menerima materi. Dan siswa akn merasa senang dalam dlam belajar
dan tidak muncul dengan adnya rasa jenuh dalam diri siswa hal tersebut juga
dipengaruhi oleh metode yang tepat dan efektif serta penggunaan media
pembelajaran seperti buku maupun audio visual.
3. Faktor pendukung kreativitas guru ialah faktor lingkungan serta didikan orang
tua sehingga anak memiliki kreativitas yang baik sedangkan faktor
penghambat kreativitas guru ialah faktor perbedaan potensi yang dimiliki
siswa dalam memahami pelajaran serta jam pelajaran yang dirasa kurang
cukup untuk menjelaskan dan mempraktekkan materi PAI di kelas. Dan
Fasilitas Sekolah juga mempengaruhi kreativitas guru dalam proses
pembelajaran yang ada merupakan faktor penting upaya guru memaksimalkan
programnya, fasilitas yang kurang lengkap akan menjadi kendala yang berarti
bagi seorang guru dalam beraktivitas, juga jumlah peserta didik didalam kelas
yang banyak, dan keterbatasan alat penunjang mata pelajaran.
B. Saran
1. Guru
Guru diharapkan lebih kreativitas lagi dalam proses pembelajaran PAI, selalu
mengasah dan mengembangkan diri menjadi guru yang profesional dan kreatif.
Guru pendidikan agama Islam hendaknya berusaha untuk selalu membangkitkan
minat siswa dalam belajar antara lain dengan meningkatkan kreativitasnya dalam
mengajar dan meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam.
2. Siswa
Setiap siswa diharapkan lebih giat lagi belajar PAI sebagai dasar bekal
kehidupan di dunia maupun akhirat dan hendaknya berupaya untuk selalu
meningkatkan belajarnya dan membangkitkan semangat dalam belajar, sehingga
dapat meraih prestasi yang sebaik-baiknya.
kualitas pembelajaran PAI di SDIT Rabbani Yayasan Ibnu Qayyim Kab. Bone”. Hal
ini dikaji dalam skripsi ini bagaimana bentuk-bentuk kreativitas guru dalam
meningkatkan pembelajaran PAI dan Bagaimana urgensi kreativitas guru dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah serta Bagaimana faktor
pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran PAI di Sekolah.
Untuk memudahkan pemecahn masalah tersebut di atas, penulis menggunakan
metode Field Research yang besifat lapangan yakni mengumpulkan data dengan
datang secara langsung kelokasi penelitian dan metode Library Research yakni
mengumpulkan data dari berbagai mcam literature, dan buku yang berkaitan dengan
judul skripsi. Bertujuan untuk memperoleh data primer dan data skunder yang
diperoleh melalui teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Bentuk kerativitas guru disekolah
dasar SD IT Rabbani yang diterapkan ialah dengan penggunaan media audio visual
seperti memperlihatkan gambar dan video, variasi mengajar agar siswa tidak mudah
jenuh dan bosan serta bentuk kreativitas dalam kedisiplinan dalam proses
pembelajaran. Dengan diterapkannya tersebut, guru berusaha untuk membuat siswa
paham dan tertarik dengan pelajaran PAI dengan bentuk kreativitas yang ada. Dan
siswa pun lebih mudah memahami dan menangkap pembelajaran tersebut.Urgrnsi
kreativitas guru dalam pembelajarab PAI di SD IT Rabbani dapat melahirkan sesuatu
yang baru baik berupa gagasan ide, karya nyata, mendapatkan suasana pembelajaran
yang berbeda dengan memberikan metode gambar yang berbeda dari pelajaran lain,
praktek dengan menggunakan media atau alat yang tersedia, degan contoh-contoh
yang mudah dipahami, dan pembacaan buku kisah dalam pembelajaran PAI.
Sehingga kreativitas guru sangatlah penting dan sangat diperlukan untuk lebih
memahamkan siswa dalam pelajaran agar siswa tidak jenuh dan bosan dalam
menerima materi. Faktor pendukung kreativitas guru ialah faktor lingkungan serta
didikan orang tua sehingga anak memiliki kreativitas yang baik sedangkan faktor
penghambat kreativitas guru ialah faktor perbedaan potensi yang dimiliki siswa
dalam memahami pelajaran serta jam pelajaran yang dirasa kurang cukup untuk
menjelaskan dan mempraktekkan materi PAI di kelas. Dan Fasilitas Sekolah juga
mempengaruhi kreativitas guru dalam proses pembelajaran yang ada merupakan
faktor penting upaya guru memaksimalkan programnya, fasilitas yang kurang
lengkap akan menjadi kendala yang berarti bagi seorang guru dalam beraktivitas, juga
jumlah peserta didik didalam kelas yang banyak, dan keterbatasan alat penunjang
mata pelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan di kelas
IV, V dan VI. Penulis uraikan dalam bab III mengenai Urgensi kreativitas guru
dalam meningkatkn kualitas pembelajaran PAI di SDIT Rabbani Yayasan Ibnu
qayyim dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Bentuk kerativitas guru disekolah dasar SD IT Rabbani yang diterapkan ialah
dengan penggunaan media audio visual untuk memperlihatkan gambar dan
video. Dan siswa pun lebih mudah memahami dan menangkap pembelajaran
tersebut.
2. Urgrnsi kreativitas guru dalam pembelajara PAI di SD IT Rabbani dapat
melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan ide, karya nyata,
mendapatkan suasana pembelajaran yang berbeda dengan memberikan
metode gambar yang berbeda dari pelajaran lain, praktek dengan
menggunakan media atau alat yang tersedia, degan contoh-contoh yang
mudah dipahami, dan pembacaan buku kisah dalam pembelajaran PAI.
Sehingga kreativitas guru sangatlah penting dan sangat diperlukan untuk
lebih memahamkan siswa dalam pelajaran agar siswa tidak jenuh dan bosan
dalam menerima materi. Dan siswa akn merasa senang dalam dlam belajar
dan tidak muncul dengan adnya rasa jenuh dalam diri siswa hal tersebut juga
dipengaruhi oleh metode yang tepat dan efektif serta penggunaan media
pembelajaran seperti buku maupun audio visual.
3. Faktor pendukung kreativitas guru ialah faktor lingkungan serta didikan orang
tua sehingga anak memiliki kreativitas yang baik sedangkan faktor
penghambat kreativitas guru ialah faktor perbedaan potensi yang dimiliki
siswa dalam memahami pelajaran serta jam pelajaran yang dirasa kurang
cukup untuk menjelaskan dan mempraktekkan materi PAI di kelas. Dan
Fasilitas Sekolah juga mempengaruhi kreativitas guru dalam proses
pembelajaran yang ada merupakan faktor penting upaya guru memaksimalkan
programnya, fasilitas yang kurang lengkap akan menjadi kendala yang berarti
bagi seorang guru dalam beraktivitas, juga jumlah peserta didik didalam kelas
yang banyak, dan keterbatasan alat penunjang mata pelajaran.
B. Saran
1. Guru
Guru diharapkan lebih kreativitas lagi dalam proses pembelajaran PAI, selalu
mengasah dan mengembangkan diri menjadi guru yang profesional dan kreatif.
Guru pendidikan agama Islam hendaknya berusaha untuk selalu membangkitkan
minat siswa dalam belajar antara lain dengan meningkatkan kreativitasnya dalam
mengajar dan meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam.
2. Siswa
Setiap siswa diharapkan lebih giat lagi belajar PAI sebagai dasar bekal
kehidupan di dunia maupun akhirat dan hendaknya berupaya untuk selalu
meningkatkan belajarnya dan membangkitkan semangat dalam belajar, sehingga
dapat meraih prestasi yang sebaik-baiknya.
Ketersediaan
| STAR20190254 | 254/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
254/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
