Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kesadaran Berbusana Muslimah Pada Siswi di SMA Negeri 19 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam
Dalam Pembinaan Kesadaran Berbusana Muslimah Pada Siswi di SMA Negeri 19
Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni Bagaimana kesadaran
berbusana muslimah pada siswi di SMA Negeri 19 Bone ? dan bagaimana upayah
guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan kesadaran berbusana muslimah pada
siswi di SMA Negeri 19 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis penelitian
kualitatif (qualitatif research). Dari pendekatan pedagogis dan psikologis dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu
tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian pada siswa SMA Negeri 19 Bone sudah mengenakan busana
yang sopan, menutup aurat, tidak ketat dan tidak tipis, ini menunjukkan bahwa siswa
telah menggunakan akal budinya agar tidak mendapat teguran ataupun sanksi moral.
Kemudian upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan kesadaran
berbusana muslimah pada siswi yaitu melalui kebijakan kepala sekolah serta guru-
guru di SMA Negeri 19 Bone, dengan menambah wawasan keagamaan yaitu
ekstrakulikuler Rohis, shalat dhuha berjamaah secara rutin, dan pengajian secara
rutin. Dengan membiasakan tata aturan berbusana muslimah bagi siswa di SMA
Negeri 19 Bone, dan membiasakan setiap penerimaan siswa baru memberikan
seragam yang bisa dijadikan seragam yang menutup aurat bagi siswa muslimah.
Selain itu pihak guru Pendidikan Agama Islam memberikan anjuran untuk
menggunakan busana muslimah saat mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam
dan juga dengan teladan guru yang mampu mempengaruhi cara berbusana siswa.
Namun meskipun ada aturan dan kebijakan sekolah maupun guru Agama Islam,
siswa belum mampu menerapkan secara konsisten dalam menggunakan busana
muslimah. Hal ini dipengaruhi faktor internal (kesadaran dari siswa sendiri ) dan
faktor eksternal ( lingkungan keluarga maupun masyarakat).
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Kesadaran berbusana muslimah bagi siswi di SMA Negeri 19 Bone sangat
dianjurkan. Semua siswi menggunakan jilbab. Kesadaran berbusana muslimah
telah diterapkan oleh hampir semua siswi muslimah di SMA Negeri 19 Bone.
Siswi merealisasikan kesadaran berbusana muslimah tersebut dengan
menggunakan busana yang sesuai dengan tata aturan berbusana Islami. Yaitu
dengan menggunakan busana yang menutup aurat mereka dan juga
menggunakan busana yang tidak ketat. Hal ini karena adanya kesadaran akan
rasa aman dan patuhnya siswi terhadap budaya yang ada di sekolah SMA
Negeri 19 Bone.
2. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan kesadaran berbusana
muslimah pada siswi di SMA Negeri 19 Bone adalah adanya kebijakan dari
sekolah sebagai salah satu cara memberikan pengetahuan dan pembinaan
pada siswi sehingga mampu menambah wawasan dan perbaikan bagi siswi
itu sendiri. Pembinaan dari pihak sekolah yaitu meliputi adanya peraturan-
peraturan yang dilakukan oleh sekolah yaitu menggunakan jilbab pakaian
yang baik ketika berada di lingkungan sekolah. Adapun pembinaan
kepribadian siswi meliputi ekstrakulilkuler wajib (pengajian rutin). Dengan
adanya pembinaan dan kebijakan di SMA Negeri 19 Bone setidaknya
memberikan hasil yang sangat baik. Karena ada beberapa siswi yang secara
konsisten menggunakan busana muslimah dalam kehidupan sehari- hari.
Kemudian adanya kegiatan keagamaan sebagai sarana untuk menambah
hasanah ke-islaman siwi di SMA Negeri 19 Bone mengadakan kegiatan
keagamaan yaitu yaitu ekstrakulikuler studi mengenal Islam lebih efektif
yang diwajibkan semua siwsi. Materi yang disampaikan meliputi
pembelajaran keislaman yaitu (BTQ, Akhlak, fiqih) dengan aturan untuk
mewajibkan berbusana muslimah bagi siswa di SMA Negeri 19 Bone.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam pembinaan
kesadaran berbusana muslimah pada siswi yang sesuai dengan syariat Islam
2. Diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam hendaknya tetap memantau
siswi untuk mebiasakan diri berbusana karena dengan adanya busana muslimah
akan memperbaiki sikap dan perilaku siswi.
3. Diharapkan kepada siswi agar dengan diterapkannya berbusana muslimah
maka akan semakin memperbaiki sikap dan perilaku baik di lingkungan
sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
4. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal,maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
STAR2020005454/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

54/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top