Implementasi Aplikasi Whatsapp Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Di MI Syamsu Rasyidi Majang Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang “Implementasi Aplikasi WhatsApp dalam
Pembelajaran Matematika Kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang, Kec. Tanete
Riattang Barat Kab. Bone”. Ada dua sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu
implementasi aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran matematika dan faktor-faktor
yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman pembelajaran matematika siswa
kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang dengan menggunakan aplikasi WhatsApp
ditinjau dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan
conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) implementasi aplikasi WhatsApp
dalam pembelajaran matematika kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang Kec. Tanete
Riattang Barat Kab. Bone dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap perencanaan di
laksanakan dengan membuat akun WhatsApp, menggunakan kurikulum darurat sesuai
dengan anjuran pemerintah di masa pandemi COVID-19 dan membuat RPP daring.
Tahap pelaksanaan dilakukan dengan guru membuka kelas dengan menyapa peserta
didik, memberikan motivasi, absensi, membagikan materi dalam bentuk foto, video
dan file melalui grup WhatsApp yang disertai dengan penjelasan baik berupa pesan
teks atau pesan suara, guru melakukan video call untuk memberikan penjelasan ulang
bagi peserta didik yang belum paham, guru menutup kelas dengan meminta peserta
didik untuk mengulangi materi yang telah diberikan. Tahap evaluasi dilaksanakan
dengan guru memberikan tugas atau ulangan kepada peserta didik, merekap hasil
pekerjaan peserta didik, membagikan lembar penilaian diri kepada peserta didik dan
melakukan penilaian aspek psikomotorik dengan memberikan tugas membuat suatu
karya yang berkaitan dengan matematika. 2) faktor-faktor yang dapat meningkatkan
kemampuan pemahaman pembelajaran matematika siswa kelas IV di MI Syamsu
Rasyidi Majang dengan menggunakan aplikasi WhatsApp terdiri dari tujuh faktor
yaitu keterampilan guru dalam mengajar, kemampuan guru dalam melakukan dan
memanfaatkan hasil penilaian, inovasi dan kreativitas guru dalam mengajar, guru
melakukan refleksi, melibatkan siswa dalam kehidupan sehari-hari, memberikan
motivasi dan peran orang tua.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penggunaan aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran matematika di MI
Syamsu Rasyidi Majang terdiri dari tiga komponen, yakni perencanaan
(menggunakan kurikulum darurat, membuat RPP, mendownload aplikasi
WhatsApp, membuat akun WhatsApp dan membuat grup), tahap pelaksanaan
(membuka kelas, membagikan materi dan menutup kelas) dan tahap evaluasi
(memberikan tugas atau ulangan dan melakukan penilaian).
2. Faktor-faktor peningkatan kemampuan pemahaman pembelajaran matematika
siswa di MI Syamsu Rasyidi Majang terdiri dari tujuh aspek, yakni
keterampilan guru dalam mengajar, kemampuan guru dalam melakukan dan
memanfaatkan hasil penilaian, guru melakukan refleksi, melibatkan siswa
dalam kehidupan sehari-hari, memberikan motivasi dan peran orang tua.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru, agar tetap selalu membimbing dan memberi motivasi kepada
peserta didik, serta membuat video pembelajaran semenarik mungkin agar
peserta didik lebih tertarik dan aktif dalam mengikuti pembelajaran daring
menggunakan aplikasi WhatsApp.
2. Bagi orang tua, agar selalu mengawasi, mendampingi dan memberikan
perhatian kepada anaknya untuk tetap semangat dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran daring (dalam jaringan) melalui aplikasi WhatsApp.
3. Bagi peserta didik, agar tetap semangat dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 menggunakan aplikasi
WhatsApp.
Ketersediaan
STAR20210237237/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

237/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top