Implementasi Aplikasi Whatsapp Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Di MI Syamsu Rasyidi Majang Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone
Rika Damayanti/02..17..5131 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Implementasi Aplikasi WhatsApp dalam
Pembelajaran Matematika Kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang, Kec. Tanete
Riattang Barat Kab. Bone”. Ada dua sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu
implementasi aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran matematika dan faktor-faktor
yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman pembelajaran matematika siswa
kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang dengan menggunakan aplikasi WhatsApp
ditinjau dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan
conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) implementasi aplikasi WhatsApp
dalam pembelajaran matematika kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang Kec. Tanete
Riattang Barat Kab. Bone dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap perencanaan di
laksanakan dengan membuat akun WhatsApp, menggunakan kurikulum darurat sesuai
dengan anjuran pemerintah di masa pandemi COVID-19 dan membuat RPP daring.
Tahap pelaksanaan dilakukan dengan guru membuka kelas dengan menyapa peserta
didik, memberikan motivasi, absensi, membagikan materi dalam bentuk foto, video
dan file melalui grup WhatsApp yang disertai dengan penjelasan baik berupa pesan
teks atau pesan suara, guru melakukan video call untuk memberikan penjelasan ulang
bagi peserta didik yang belum paham, guru menutup kelas dengan meminta peserta
didik untuk mengulangi materi yang telah diberikan. Tahap evaluasi dilaksanakan
dengan guru memberikan tugas atau ulangan kepada peserta didik, merekap hasil
pekerjaan peserta didik, membagikan lembar penilaian diri kepada peserta didik dan
melakukan penilaian aspek psikomotorik dengan memberikan tugas membuat suatu
karya yang berkaitan dengan matematika. 2) faktor-faktor yang dapat meningkatkan
kemampuan pemahaman pembelajaran matematika siswa kelas IV di MI Syamsu
Rasyidi Majang dengan menggunakan aplikasi WhatsApp terdiri dari tujuh faktor
yaitu keterampilan guru dalam mengajar, kemampuan guru dalam melakukan dan
memanfaatkan hasil penilaian, inovasi dan kreativitas guru dalam mengajar, guru
melakukan refleksi, melibatkan siswa dalam kehidupan sehari-hari, memberikan
motivasi dan peran orang tua.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penggunaan aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran matematika di MI
Syamsu Rasyidi Majang terdiri dari tiga komponen, yakni perencanaan
(menggunakan kurikulum darurat, membuat RPP, mendownload aplikasi
WhatsApp, membuat akun WhatsApp dan membuat grup), tahap pelaksanaan
(membuka kelas, membagikan materi dan menutup kelas) dan tahap evaluasi
(memberikan tugas atau ulangan dan melakukan penilaian).
2. Faktor-faktor peningkatan kemampuan pemahaman pembelajaran matematika
siswa di MI Syamsu Rasyidi Majang terdiri dari tujuh aspek, yakni
keterampilan guru dalam mengajar, kemampuan guru dalam melakukan dan
memanfaatkan hasil penilaian, guru melakukan refleksi, melibatkan siswa
dalam kehidupan sehari-hari, memberikan motivasi dan peran orang tua.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru, agar tetap selalu membimbing dan memberi motivasi kepada
peserta didik, serta membuat video pembelajaran semenarik mungkin agar
peserta didik lebih tertarik dan aktif dalam mengikuti pembelajaran daring
menggunakan aplikasi WhatsApp.
2. Bagi orang tua, agar selalu mengawasi, mendampingi dan memberikan
perhatian kepada anaknya untuk tetap semangat dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran daring (dalam jaringan) melalui aplikasi WhatsApp.
3. Bagi peserta didik, agar tetap semangat dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 menggunakan aplikasi
WhatsApp.
Pembelajaran Matematika Kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang, Kec. Tanete
Riattang Barat Kab. Bone”. Ada dua sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu
implementasi aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran matematika dan faktor-faktor
yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman pembelajaran matematika siswa
kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang dengan menggunakan aplikasi WhatsApp
ditinjau dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan
conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) implementasi aplikasi WhatsApp
dalam pembelajaran matematika kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang Kec. Tanete
Riattang Barat Kab. Bone dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap perencanaan di
laksanakan dengan membuat akun WhatsApp, menggunakan kurikulum darurat sesuai
dengan anjuran pemerintah di masa pandemi COVID-19 dan membuat RPP daring.
Tahap pelaksanaan dilakukan dengan guru membuka kelas dengan menyapa peserta
didik, memberikan motivasi, absensi, membagikan materi dalam bentuk foto, video
dan file melalui grup WhatsApp yang disertai dengan penjelasan baik berupa pesan
teks atau pesan suara, guru melakukan video call untuk memberikan penjelasan ulang
bagi peserta didik yang belum paham, guru menutup kelas dengan meminta peserta
didik untuk mengulangi materi yang telah diberikan. Tahap evaluasi dilaksanakan
dengan guru memberikan tugas atau ulangan kepada peserta didik, merekap hasil
pekerjaan peserta didik, membagikan lembar penilaian diri kepada peserta didik dan
melakukan penilaian aspek psikomotorik dengan memberikan tugas membuat suatu
karya yang berkaitan dengan matematika. 2) faktor-faktor yang dapat meningkatkan
kemampuan pemahaman pembelajaran matematika siswa kelas IV di MI Syamsu
Rasyidi Majang dengan menggunakan aplikasi WhatsApp terdiri dari tujuh faktor
yaitu keterampilan guru dalam mengajar, kemampuan guru dalam melakukan dan
memanfaatkan hasil penilaian, inovasi dan kreativitas guru dalam mengajar, guru
melakukan refleksi, melibatkan siswa dalam kehidupan sehari-hari, memberikan
motivasi dan peran orang tua.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penggunaan aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran matematika di MI
Syamsu Rasyidi Majang terdiri dari tiga komponen, yakni perencanaan
(menggunakan kurikulum darurat, membuat RPP, mendownload aplikasi
WhatsApp, membuat akun WhatsApp dan membuat grup), tahap pelaksanaan
(membuka kelas, membagikan materi dan menutup kelas) dan tahap evaluasi
(memberikan tugas atau ulangan dan melakukan penilaian).
2. Faktor-faktor peningkatan kemampuan pemahaman pembelajaran matematika
siswa di MI Syamsu Rasyidi Majang terdiri dari tujuh aspek, yakni
keterampilan guru dalam mengajar, kemampuan guru dalam melakukan dan
memanfaatkan hasil penilaian, guru melakukan refleksi, melibatkan siswa
dalam kehidupan sehari-hari, memberikan motivasi dan peran orang tua.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru, agar tetap selalu membimbing dan memberi motivasi kepada
peserta didik, serta membuat video pembelajaran semenarik mungkin agar
peserta didik lebih tertarik dan aktif dalam mengikuti pembelajaran daring
menggunakan aplikasi WhatsApp.
2. Bagi orang tua, agar selalu mengawasi, mendampingi dan memberikan
perhatian kepada anaknya untuk tetap semangat dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran daring (dalam jaringan) melalui aplikasi WhatsApp.
3. Bagi peserta didik, agar tetap semangat dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 menggunakan aplikasi
WhatsApp.
Ketersediaan
| STAR20210237 | 237/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
237/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
