Implementasi Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Akreditasi Sekolah di SMA Negeri 9 Bone.
Reski Agustina Aris/02.16.3017 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Fungsi Manajemen Dalam
Meningkatkan Akreditasi Sekolah di SMA Negeri 9 Bone.”. hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini yakniuntuk mengetahui tentangimplementasi fungsi manajemen,akreditasi
sekolah dan kontribusi implementasi fungsi manajemen dalam meningkatkan
akreditasi sekolah di SMA Negeri 9 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitative research) dan pendekatan penelitan ialah pendekatan
manajemen, sosiologis. data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan, Selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta
yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, implementasi fungsi manajemen
di SMA Negeri 9 Bone yaitu dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan
pengawasan, dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa implementasi fungsi manajemen di
SMA Negeri 9 Bone telah berjalan dengan baik dalam melaksanakan tufoksinya karna
kepala sekolahdan guru senantiasa bersinergi sertatelah berusaha menjalankanimplementasi
fungsi manajemen dengan sebaik mungkin Kedua, Ada beberapa implikasi terhadap pihak
yang berkompoten demi peningkatan akrediasi sekolah yaitu mengoptimalkan perencanaan
serta fungsi manajerial lainnya dan hendaknya pimpinan memberikan evaluasi yang
berkesinambungan tentang kualitas sekolah, adapun faktor pendukung dalam peningkatan
pencapaian akreditasi sekolah di SMA Negeri 9 Bone adalah semangat dari kepala sekolah
dan guru, kedisiplinan, kelengkapan sarana dan prasarana, serta ketegasan guru terhadap
peserta didik. Ketiga, Kontribusi Implementasi Fungsi Manajemen dalam
meningkatkan Akreditasi Sekolah di SMA Negeri 9 Bone dilihat dari usaha kepala
sekolah dalam mengarahkan dan menggerakkan para bawahannya untuk melaksanakan
tugasnya sesuaidengan bidangnya masing-masing.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa kepala sekolah dan guru telah berkontribusi
dalam meningkatkan akreditasi sekolah di SMA Negeri 9 Bone, peningkatan akreditasi
sekolah sangat penting untuk dilakukan karena akreditasi sekolah bertujuan untuk
memperoleh gambaran kinerja sekolah yang dapat digunakan sebagai alat pembinaan,
pengembangan, dan peningkatan mutu serta menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah
dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan. Akreditasi sekolah dilaksanakan melalui di
mensiperencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,dan pengawasan.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka peneliti dapat
mengambil kesimpulan bahwa:
1. Implementasi fungsi manajemen yang ada di SMA Negeri 9 Bone itu telah di
laksanakan dengan baik hal itu dapat di lihat berdasarkan perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang baik pula. Dengan langkah-
langkah seperti menyiapkan kegiatan untuk dilakukan, membagi kegiatan-kegiatan
besar menjadi kegiatan-kegiatan kecil, menggerakkan dan mengarahkan staf, serta
menentukan sistem laporan.
2. Akreditasi sekolah di SMA Negeri 9 Bone telah di laksanakan dengan baik pula
hal itu dapat di lihat berdasarkan standar isi yang telah memuat kerangka dasar,
struktur kurikulum, dan KTSP. Standar proses, melakukan berbagai cara untuk
mencapai standar kompetensi lulusan. Standar kompetensi bekerjasama dalam
mencapai tujuan yang mengenai pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Standar pendidik dan tenaga kependidikan, menentukan kualifikasi akademik,
kompetensi sebagai agen pembelajaran. Standar sarana dan prasarana
mengadakan sarana seperti perabot, peralatan pendidikan. Prasarananya yang
berupa lahan, ruang kelas, ruang pendidik. Standar pengelolaan melakukan
berbagai upaya mengenai kemandirian, kemitraan, dan keterbukaan.
3. Kontribusi implementasi fungsi Manajeme dalam meningkatkan Kualitas
Akreditasi Sekolah di SMA Negeri 9 Bone , Berdasarkan hasil penelitian, bahwa
kepala sekolah dan guru telah berkontribusi dalam meningkatkan akreditasi sekolah
di SMA Negeri 9 hal itu dapat di lihat dari impelementasi fungsi manajemen yang di
jalanakkan secara baik seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan
pengawasan, dan komponen-komponen yang harus dievaluasi dalam akreditasi
seperti standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan
tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar
pembiayaan dan standar penilaian.
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan
penelitian ini adalah:
1. Guru sebagai pendidik dan semua pihak lembaga pendidikan di Sekolah
haruslah menyadari seberapa besar peran dan tanggung jawab dalam
mengembang amanah dan memerankannya sesuai dengan posisinya serta
selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan baik secara teoritis maupun
secara praktis terutama dalam hal Fungsi Manajemen .
2. Kepala sekolah sebaiknya mampu mengarahkan dan menggerakkan
bawahannya, karena dengan arahan dari kepala sekolah sangat membantu
dalam pencapaian tujuan pendidikan.
3. Kepala sekolah sebaiknya lebih sering memantau dan memonitoring tentang
fungsi manajemen agar proses peningkatan akreditasi sekolah dapat berjalan
dengan baik. Disamping itu, hendaknya selalu membimbing guru dalam
melaksanakan tugasnya.
Meningkatkan Akreditasi Sekolah di SMA Negeri 9 Bone.”. hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini yakniuntuk mengetahui tentangimplementasi fungsi manajemen,akreditasi
sekolah dan kontribusi implementasi fungsi manajemen dalam meningkatkan
akreditasi sekolah di SMA Negeri 9 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitative research) dan pendekatan penelitan ialah pendekatan
manajemen, sosiologis. data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan, Selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta
yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, implementasi fungsi manajemen
di SMA Negeri 9 Bone yaitu dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan
pengawasan, dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa implementasi fungsi manajemen di
SMA Negeri 9 Bone telah berjalan dengan baik dalam melaksanakan tufoksinya karna
kepala sekolahdan guru senantiasa bersinergi sertatelah berusaha menjalankanimplementasi
fungsi manajemen dengan sebaik mungkin Kedua, Ada beberapa implikasi terhadap pihak
yang berkompoten demi peningkatan akrediasi sekolah yaitu mengoptimalkan perencanaan
serta fungsi manajerial lainnya dan hendaknya pimpinan memberikan evaluasi yang
berkesinambungan tentang kualitas sekolah, adapun faktor pendukung dalam peningkatan
pencapaian akreditasi sekolah di SMA Negeri 9 Bone adalah semangat dari kepala sekolah
dan guru, kedisiplinan, kelengkapan sarana dan prasarana, serta ketegasan guru terhadap
peserta didik. Ketiga, Kontribusi Implementasi Fungsi Manajemen dalam
meningkatkan Akreditasi Sekolah di SMA Negeri 9 Bone dilihat dari usaha kepala
sekolah dalam mengarahkan dan menggerakkan para bawahannya untuk melaksanakan
tugasnya sesuaidengan bidangnya masing-masing.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa kepala sekolah dan guru telah berkontribusi
dalam meningkatkan akreditasi sekolah di SMA Negeri 9 Bone, peningkatan akreditasi
sekolah sangat penting untuk dilakukan karena akreditasi sekolah bertujuan untuk
memperoleh gambaran kinerja sekolah yang dapat digunakan sebagai alat pembinaan,
pengembangan, dan peningkatan mutu serta menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah
dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan. Akreditasi sekolah dilaksanakan melalui di
mensiperencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,dan pengawasan.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka peneliti dapat
mengambil kesimpulan bahwa:
1. Implementasi fungsi manajemen yang ada di SMA Negeri 9 Bone itu telah di
laksanakan dengan baik hal itu dapat di lihat berdasarkan perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang baik pula. Dengan langkah-
langkah seperti menyiapkan kegiatan untuk dilakukan, membagi kegiatan-kegiatan
besar menjadi kegiatan-kegiatan kecil, menggerakkan dan mengarahkan staf, serta
menentukan sistem laporan.
2. Akreditasi sekolah di SMA Negeri 9 Bone telah di laksanakan dengan baik pula
hal itu dapat di lihat berdasarkan standar isi yang telah memuat kerangka dasar,
struktur kurikulum, dan KTSP. Standar proses, melakukan berbagai cara untuk
mencapai standar kompetensi lulusan. Standar kompetensi bekerjasama dalam
mencapai tujuan yang mengenai pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Standar pendidik dan tenaga kependidikan, menentukan kualifikasi akademik,
kompetensi sebagai agen pembelajaran. Standar sarana dan prasarana
mengadakan sarana seperti perabot, peralatan pendidikan. Prasarananya yang
berupa lahan, ruang kelas, ruang pendidik. Standar pengelolaan melakukan
berbagai upaya mengenai kemandirian, kemitraan, dan keterbukaan.
3. Kontribusi implementasi fungsi Manajeme dalam meningkatkan Kualitas
Akreditasi Sekolah di SMA Negeri 9 Bone , Berdasarkan hasil penelitian, bahwa
kepala sekolah dan guru telah berkontribusi dalam meningkatkan akreditasi sekolah
di SMA Negeri 9 hal itu dapat di lihat dari impelementasi fungsi manajemen yang di
jalanakkan secara baik seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan
pengawasan, dan komponen-komponen yang harus dievaluasi dalam akreditasi
seperti standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan
tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar
pembiayaan dan standar penilaian.
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan
penelitian ini adalah:
1. Guru sebagai pendidik dan semua pihak lembaga pendidikan di Sekolah
haruslah menyadari seberapa besar peran dan tanggung jawab dalam
mengembang amanah dan memerankannya sesuai dengan posisinya serta
selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan baik secara teoritis maupun
secara praktis terutama dalam hal Fungsi Manajemen .
2. Kepala sekolah sebaiknya mampu mengarahkan dan menggerakkan
bawahannya, karena dengan arahan dari kepala sekolah sangat membantu
dalam pencapaian tujuan pendidikan.
3. Kepala sekolah sebaiknya lebih sering memantau dan memonitoring tentang
fungsi manajemen agar proses peningkatan akreditasi sekolah dapat berjalan
dengan baik. Disamping itu, hendaknya selalu membimbing guru dalam
melaksanakan tugasnya.
Ketersediaan
| STAR20200053 | 53/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
53/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
